-->

iklan banner

Konstruksi Dan Materi Tangga

Dalam menciptakan tangga, tentunya tidak pernah terlepas dari konstruksi materi yang digunakan. Desian tangga semenjak awal harus sudah memikirkan materi tangga yang akan digunakan. Berikut akan dibahas mengenai konstruksi tangga dan material tangga.

Kontruksi Tangga

Konstruksi tangga harus berpengaruh dan stabil, alasannya ialah sebagai jalan penghubung ke lantai tingkat. Menurut peraturan pembebanan Indonesia untuk gedung, 1983, bahwa beban ditangga lebih besar dari beban pada pelat lantai. Berikut ialah perhitungan beban untuk tangga :
  • Untuk bangunan rumah tinggal = 250 kg/ m2
  • Untuk umum dan akomodasi publik = 300 kg/ m2

Konstruksi tangga sanggup menjadi satu dengan rangka bangunannya, kalau terjadi ada penurunan sanggup menyebabkan sudut kemiringan tangga berubah, Jika konstruksi tangga tersendiri yang terpisah dengan struktural rangka bangunan, dibuatkan pondasi tersendiri rangka tangga tidak melekat pada dinding diberi sela ± 5 cm. Bidang momen yang terjadi pada ibu tangga.

Bahan atau Maetrial Tangga

Menurut materi yang dipakai dalam pembuatannya, tangga terbagi menjadi beberapa jenis yaitu :

Tangga kayu

 tentunya tidak pernah terlepas dari konstruksi materi yang dipakai Konstruksi dan Bahan Tangga
Tangga kayu

Tangga yang dibentuk memakai materi kayu mempunyai beberapa keunggulan diantaranya gampang dikerjakan, harga cukup murah, bentuk materi alami menambah kesegaran suasana ruang. Namun juga mempunyai kelemahan menyerupai rawan terhadap kelembaban dan rayap.

Tangga beton bertulang

 tentunya tidak pernah terlepas dari konstruksi materi yang dipakai Konstruksi dan Bahan Tangga
Tangga Beton

Tangga yang dibentuk dengan konstruksi beton bertulang mempunyai keunggulan diantaranya konstruksinya berpengaruh dan awet, tidak cepat rusak, sanggup berumur panjang, materi tahan api. Dapat dipasang di bangunan umum atau bangunan tingkat rendah atau hingga dengan 4 (empat) lantai. Namun tangga dari beton bertulang cenderung berat dan bentuknya kurang elastis.

Tangga baja

 tentunya tidak pernah terlepas dari konstruksi materi yang dipakai Konstruksi dan Bahan Tangga
Tangga baja

Tangga yang dibentuk dari baja mempunyai keunggulan diantaranya kuat, ringan, lentur dan gampang dibentuk bentuk yang estetis. Pengerjaannya lebih sulit sehingga memerlukan tenaga hebat baja. Tangga baja yang tidak terdesain dengan baik akan kurang harmonis ditempatkan pada ruang dalam alasannya ialah bentuknya kurang estetis.

Biasanya dipasang sebagai tangga pribadi atau tangga darurat dengan bentuk lingkar. Untuk dipakai dalam interior, terutama rumah minimalis harus didesain dengan rapi, biasanya dipadukan dengan material kaca.

Tangga dari kerikil (pasangan batu)

 tentunya tidak pernah terlepas dari konstruksi materi yang dipakai Konstruksi dan Bahan Tangga
Tangga batu

Merupakan pasangan bata pada halaman rumah, umumnya pendek, tidak terlindung, tidak terlalu memerlukan perhitungan konstruksi. Tangga ini strukturnya tidak melayang namun pribadi bertumpu di tanah.


Demikianlah mengenai konstruksi dan materi tangga, biar bermanfaat, terima kasih.

Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Konstruksi Dan Materi Tangga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel