-->

iklan banner

Cara Mengetahui Makna Warna Tajwid Di Aplikasi Alquran Indonesia

Baru gres ini aplikasi Quran Indonesia menghadirkan fitur tajwid berwarna di dalamnya. Maksudnya, aturan tajwid yang ada ditandai dengan warna-warna yang berbeda. Hal ini tentu sangat membantu bagi yang ingin berguru atau memperbaiki bacaan alqurannya. 
Ketika gres melihat tampilan ayat-ayat alquran, kita mungkin akan merasa resah mengenai ayat-ayat alquran yang berwarna-warni. Mungkin pertanyaan yang pertama kali muncul adalah, 'Warna merah untuk aturan tajwid apa? Lalu yang hijau untuk apa?'. 
Untuk mengatasi hal tersebut kita harus mengetahui settingan atau pengaturan defaultnya mengenai tajwid di dalam aplikasi Quran Indonesia. Barulah kita dapat mengerti makna dan tujuan warna warni pada ayat Quran tersebut. Tetapi kalau kalian hafal atau mengerti mengenai aturan tajwid tentunya akan berbeda. Mungkin tanpa melihat settingan warnanya, sudah mengerti.
Jadi, untuk mengetahui masing masing warna dari aturan tajwid di dalam aplikasi Quran Indonesia ialah sebagai berikut:
Buka aplikasi Quran Indonesia >>> Klik pengaturan. 
Pilih tajwid berwarna.
Baru gres ini aplikasi Quran Indonesia menghadirkan fitur tajwid berwarna di dalamnya Cara Mengetahui Makna Warna Tajwid Di Aplikasi Quran Indonesia
Secara default, semua aturan tajwid diaktifkan. Jika tidak ingin menampilkan tajwid ini, kalian dapat menonaktifkannya dengan mengklik tanda ON/OFF di samping nama salah satu aturan tajwid.
Beberapa aturan tajwid yang tersedia antara lain: Gunnah, Idgham Bigunnah, Idgham Bilagunnah, Iqlab, Ikhfa', Ikhfa' Syafawi, dan Qalqalah yang disertai dengan keterangan singkat di bawahnya. 
Baru gres ini aplikasi Quran Indonesia menghadirkan fitur tajwid berwarna di dalamnya Cara Mengetahui Makna Warna Tajwid Di Aplikasi Quran Indonesia
Beberapa aturan tajwid

Pada bab tersebut, sudah sangat terang aturan hukum tajwid beserta warnanya. Sehingga kita hanya perlu menghafal dan menyesuaikan warna aturan tajwid yang ada di dalam pengaturan aplikasi tersebut. Seperti yang terlihat pada gambar di atas, warna hijau untuk Qalqalah, warna Merah untuk Ikhfa' dan warna merah muda untuk Ikhfa' Syafawi dan lainnya. 
Sekian dan biar bermanfaat.
Sumber http://catatansaafitri.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengetahui Makna Warna Tajwid Di Aplikasi Alquran Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel