-->

iklan banner

Cara Menanam Durian Dari Biji Supaya Cepat Berbuah

Durian merupakan salah satu jenis buah yang sangat lezat. Dengan rasa yang khas bisa menarik banyak orang untuk menyukainya. Durian merupakan buah yang sanggup tumbuh pada ketinggian di bawah 800 meter di atas permukaan maritim dengan pH tanah sekitar 5 hingga 7. Cara menanam durian ini sanggup dilakukan secara beragam, namun menanam durian dari biji banyak dipilih alasannya caranya yang gampang dan sanggup dilakukan siapa saja baik yang sudah mempunyai pohon durian sebelumnya ataupun belum. Pada artikel sebelumnya, sudah dijelaskan perihal cara menanam dan budidaya buah durian montong. Dalam artikel kali ini, kami akan menunjukkan cara penanaman durian secara umum. Artinya, cara penanaman di bawah sanggup dilakukan memakai bibit atau jenis durian apa saja. Baiklah, untuk Anda yang tertarik untuk menanam sendiri buah durian ini, silahkan simak uraiannya berikut ini.


Pembibitan Budidaya Durian Dari Biji


Langkah pertama yang harus Anda tempuh untuk sanggup membudidayakan durian ialah dengan melaksanakan pembibitan terlebih dahulu. Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan dalam proses pembibitan ini, antara lain:


Memilih Bibit Unggulan


Bibit unggulan bisa dikenali dari bentuk bijinya yang masih utuh dan tidak kisut. Selain itu pilih biji yang berasal dari buah durian indukan yang sehat biar bibit yang dihasilkan juga sehat.


Menyiapkan Benih Durian


Pertama-tama bersihkan dulu biji durian dari sisa-sisa daging durian yang masih menempel. Setelah dibersihkan keringkan dulu biji durian dengan cara di angin-anginkan saja. Setelah itu biji ini tidak sanggup eksklusif digunakan, biar biji sanggup menghasilkan benih pohon durian unggulan, Anda perlu menyimpannya sekitar 2 ahad di daerah yang kering. Setelah itu barulah biji sanggup ditanam dalam daerah persemaian.


 merupakan salah satu jenis buah yang sangat enak Cara Menanam Durian dari Biji Agar Cepat Berbuah
Biji durian yang dipakai bukan biji durian yang segar, namun biji durian yang telah dikeringkan terlebih dahulu. Pilih jenis buah durian yang akan Anda tanam. Biasanya beda jenis, beda juga bentuk dan ukuran bijinya.

Menyemai Biji Durian


Gunakan media tanam berupa tanah dan pasir dengan perbandingan 1:1. Siram media tanam kemudian tanam biji dengan posisi miring sehingga calon akar sanggup eksklusif menuju tanah, timbun hingga sedikit bagiannya masih terlihat dari permukaan. Jika daerah persemaian besar, Anda sanggup menyemai beberapa biji dengan jarak sekitar 2 hingga 3 cm. Tutup bab atas dengan plastik biar terlindung dari sinar matahari secara langsung. Biji ini akan tumbuh menjadi bibit sesudah 3 minggu, dan bibit ini gres siap dipakai ketika daunnya sudah mencapai 3 buah.


 merupakan salah satu jenis buah yang sangat enak Cara Menanam Durian dari Biji Agar Cepat Berbuah
Biji durian sanggup disemai di pot ataupun wadah polybag. Ukuran wadah penyemaian tidak perlu terlalu besar.

 merupakan salah satu jenis buah yang sangat enak Cara Menanam Durian dari Biji Agar Cepat Berbuah
Beberapa hari kemudian, biji durian yang telah disemai akan berkecambah, tumbuh menunjukkan tunas-tunasnya.

Proses Penanaman Bibit Durian


Media tanam untuk durian haruslah dibersihkan terlebih dahulu sebelum ditanami bibit durian. Buatlah bedengan sebagai terusan air ketika hujan datang, sehingga air hujan tidak menggenang. Anda juga sanggup menyemprotkan Basamid sebagai upaya menghindarkan tanah dari jamur yang mungkin akan menyerang pohon durian. Setelah itu tentukan jarak penanaman antar bibit, yakni antara 10-12 m. Buatlah lubang untuk memindah bibit, sesudah bibit dimasukkan, tutuplah dengan jerami yang kering. Siram bibit tersebut dengan air secukupnya.


 merupakan salah satu jenis buah yang sangat enak Cara Menanam Durian dari Biji Agar Cepat Berbuah
Penanaman bibit dilakukan pada tanah yang telah dibentuk bedengan. Bedengan ini berfungsi sebagai terusan air ketika hujan datang, sehingga air hujan tidak menggenang.

 


Perawatan Pohon Durian


Penyiraman


Buatlah pedoman drainase untuk jalannya air. Untuk bibit yang gres ditanam, siramlah satu kali dalam sehari, sementara bibit yang sudah lebih dari satu bulan sanggup disiram 2-3 kali dalam seminggu.


 merupakan salah satu jenis buah yang sangat enak Cara Menanam Durian dari Biji Agar Cepat Berbuah
Penyiraman intenst dilakukan pada bibit yang gres ditanam. Siram secukupnya, tidak berlebihan. Dan jangan hingga menciptakan air tergenang.

Penjarangan


Penjarangan dilakukan guna memperoleh hasil buah durian dengan rasa yang nikmat dan mencegah biar pohon durian tidak mati alasannya jumlah bunga yang dibuahi sangat banyak. Penjarangan dilakukan dengan cara menyemprotkan Auxin A guna mematikan bunga yang belum terbuahi, sementara bunga yang telah terbuahi tetap sanggup menjelma buah.


Pemangkasan


Pemangkasan dilakukan pada akar guna menghambat terjadinya pertumbuhan bibit vegetative yang tidak diharapkan. Pemangkasan ini harus dilakukan ketika masa awal pohon berbunga biar hasil panen durian semakin maksimal.


Menyiangi dan Memupuk


Lakukan penyiangan terhadap tanaman-tanaman liar di sekitar pohon biar tidak mengganggu tumbuh kembang pohon durian. Selain itu, berikan pupuk kompos, pupuk hijau dan pupuk buatan lainnya. Anda juga sanggup menambahkan pupuk lainnya menyerupai NPK 200 gr untuk setiap pohonnya sesudah 3 bulan masa penanaman durian. Lakukan juga pemupukan rutin dengan NPK ini setiap 4 bulan sekali.


Pengendalian Hama


Ketika pohon durian diserang hama menyerupai lebah mini, Anda sanggup memakai Hostathion 40 EC sebagai pengendalinya. Sementara untuk hama lain, sudah ada pestisida dan insektisida masing-masing untuk mengendalikannya.


Masa Panen Buah Durian


 merupakan salah satu jenis buah yang sangat enak Cara Menanam Durian dari Biji Agar Cepat Berbuah
Buah durian yang siap dipanen bisanya akan mengeluarkan aroma khas durian yang menyengat. Sebaiknya bungkus buah durian yang hampir matang dengan karung atau plastik biar ketika benar-benar matang, buahnya tidak jatuh ke tanah.

Setelah buah durian dirawat secara maksimal, maka tak pelak jikalau Anda akan memanen durian dengan kualitas unggulan, baik dari rasa maupun ukurannya. Pohon durian sendiri biasanya gres akan berbunga pada usia 8 tahun. Durian tidak berbuah setiap saat, hanya pada animo kemarau saja. Buah durian yang matang tentunya menghasilkan bau menyengat dan terjadi perubahan warna kulitnya. Secara normal, buah durian yang matang akan eksklusif jatuh ke tanah. Hanya saja jikalau buah jatuh ke tanah akan menjadikan buah rusak dan nilai jualnya sanggup berkurang, maka dari itu para petani durian sering mengikat durian dengan tali dan plastik satu bulan sebelum para durian matang. Dengan demikian, buah tidak akan jatuh dan tertahan oleh tali.


Demikianlah tata cara budidaya durian eksklusif memakai bijinya. Jika Anda tertarik eksklusif saja mencobanya biar pohon durian Anda sanggup cepat berbuah dan Anda sanggup mencicipi kenikmatan dari rasa dan balasannya yang sanggup dijual.


Lihat aneka tumbuhan durian yang kami jual disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menanam Durian Dari Biji Supaya Cepat Berbuah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel