-->

iklan banner

√ Tugas Rumah Tangga Keluarga Ekonomi

Peran Rumah Tangga Keluarga - Rumah Tangga (konsumen) yakni kelompok orang yang terikat dalam hubungan kekeluargaan. Karena terdiri atas orang-orang, Rumah Tangga (keluarga) merupakan sebuah unit pelaku ekonomi. Rumah tangga memegang peranan penting dalam perekonomian masyarakat. Mengapa? Karena rumah tangga berperan sebagai berikut.


1. Konsumen
Sebagai konsumen, rumah tangga membeli dan mengonsumsi barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan. Perusahaan mendapat laba dari penjualan barang dan jasa tersebut. Sebaliknya rumah tangga sanggup memperoleh pendapatan alasannya yakni keterlibatannya dalam proses produksi. Rumah tangga sanggup menyewakan alam, bekerja, dan mengatakan modal dalam proses produksi.


2. Penyedia faktor produksi bagi perusahaan
Sebagai penyedia faktor produksi, rumah tangga menunjukkan tenaga kerja, lahan (tanah) dan modal. Apa yang diperoleh rumah tangga sebagai penyedia faktor produksi? Anggota keluarga merupakan sumber tenaga kerja. Saat bekerja di perusahaan, tenaga kerja mendapat upah. Rumah tangga yakni pemilik lahan(tanah). Tanah disewa oleh perusahaan sehingga mendapat sewa. Modal (uang) disimpan di bank oleh konsumen, kemudian oleh bank disalurkan kepada pengusaha. Bank mengatakan bunga kepada rumah tangga.

 yakni kelompok orang yang terikat dalam hubungan kekeluargaan √ PERAN RUMAH TANGGA KELUARGA EKONOMI


Dalam keadaan tertentu, konsumen juga sanggup berperan sebagai produsen. Yaitu sebagai produsen barang dan jasa. Contoh: menanam padi di lahan sendiri, mencuci pakaian sendiri, mengecat rumah, memasak dan sebagainya. Menanam padi berarti melaksanakan proses produksi barang, yaitu padi. Mencuci pakaian sendiri, mencuci kendaraan beroda empat sendiri, mengecat rumah sendiri, memasak sendiri berarti melaksanakan produksi jasa. Seandainya mencuci pakaian, mencuci mobil, mengecat rumah, dan memasak diserahkan kepada orang lain, maka seseorang harus membayar orang tersebut.


inilah mengenai Peran Rumah Tangga Keluarga, agar apa yang ada pada bahan diatas sanggup bermanfaat.

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Tugas Rumah Tangga Keluarga Ekonomi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel