-->

iklan banner

Persiapan Pendirian Usaha




        Latar belakang
Semakin berkembangnya jaman dan teknologi menyongsong kegiatan pasar bebas, maka dituntut harus sanggup mengimbangi dengan kemampuan / skill biar bisa memanfaatkan peluang perjuangan terampil dan profesional. Namun pada kenyataan berbagai masyarakat menganggur alasannya ialah kurangnya keterampilan dalam menangkap peluang perjuangan yang ada. Kemudian tidak jarang temui perusahaan atau industri yang melaksanakan pemutusan korelasi kerja (PHK) terhadap karyawan-karyawan sehingga banyak menimbulkan pengangguran. Sebagai insan yang berpikir nalar sehat maka sudah sewajarnya memikirkan cara mengatasi duduk masalah diatas dengan cara membuat lapangan kerja untuk kini dan masa yang akan tiba demi kelanjutan hidup sebagai seorang manusia.

1.2  Tujuan
Tujuan dari makalah ini yaitu saya ingin menggambaran kepada teman-teman wacana dunia perjuangan dan tahap-tahap berusaha/membuka usaha, supaya bagi teman-teman yang ingin membuat perjuangan gres tidak salah dalam mengambil tindakan. Makalah ini juga bertujuan memberi wawasan dan pengetahuan yang lebih wacana tahap-tahap membuat perjuangan gres yang ingin dijalanakan.

1.3 Rumusan Masalah
Dalam makalah ini saya akan membahas beberapa duduk masalah :
1.    Perencanaan Pendirian Usaha ?
2.    Apa itu Pengurusan Izin Usaha ?


2.1 Perencanaan
Proses penentuan tujuan organisasi atau perusahaan dan kemudian menyajikan dengan terperinci strategi-strategi atau aktivitas tata cara pelaksanaan  atau tindakan yang diharapkan untuk mencapai tujuan perusahaan secara menyeluruh.
Perencanaan yang harus dilakukan untuk persiapan pendidirian perjuangan sebagai berikut :
1.        Riset Pasar
Suatu upaya pencarian untuk memperoleh gosip atau data yang relevan di masyarakat.

2.        Riset Bahan Baku
Bahan baku untuk pembuatan jamur tidak terlalu sulit untuk mencarinya bisa dijangkau dari lokasi produksi.

3.        Riset Sumber Daya Manusia
Sumber daya insan memegang peranan penting dalam keberlangsungan proses produksi.

4.        Riset Lokasi
Lokasi yang di jadikan lahan sangat Memenuhi persyaratan untuk pertumbuhan jamur diantaranya kelembaban tinggi jauh dari sinar matahari, bersahabat dengan lokasi materi baku, bersahabat dengan pasar, Infrastruktur memadai dan jauh dari polusi.

5.        Modal
Modal merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi  untuk memulai usaha. Besarnya modal awal yang dimiliki meliputi semua aspek yang diharapkan dalam perjuangan budidaya jamur. Sumber modal bisa memakai modal sendiri, modal patungan, pinjaman koperasi atau bank dengan persyaratan tertentu
2.2 Prosedur Pengurusan Izin Usaha
Perizinan perjuangan ialah alat/ instumen untuk membina, mengarahkan, mengawasi, dan menerbitkan penerbitan usaha. Mengenai persiapan pendirian perjuangan menurut tawaran perjuangan ada 6 hal yang perlu dipersiapkan dalam mempersiapkan pendirian usaha, yaitu pengurusan izin usaha, penentuan tempat/ lokasi usaha., pengadaan kemudahan produksi dan materi baku produksi, perekrutan dan penepatan SDM (Sumber Daya Manusia), dan persiapan manajemen usaha.

1.    Membuat Surat Izin Tempat Usaha (SITU)
Surat Izin Tempat Usaha (SITU) merupakan derma izin daerah perjuangan yang kepada seseorang atau tubuh perjuangan yang tidak menimbulkan gangguan atau kerusakan lingkungan di lokasi tertentu

2.    Membuat Nama Logo dan Merek Perusahaan
Harus merancang dan mendesign identitas dari perjuangan terlebih dahulu, yang meliputi :
1.  Nama perusahaan
2.  Logo perusahaan
3.  Alamat perusahaan
4.  Kartu nama dan tag line (slogan)
5.  Kop surat dan dokumen-dokumen lainnya
6.  Stempel perusahaan
7.  Maksud dan tujuan usaha
8.  Jumlah usaha

4.    Membuat Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
Sudah menjadi ketetapam pemerintah bahwa setiap wajib pajak baik individu maupun pemilik perusahaan harus memiliki Nomor Induk Wajib Pajak (NPWP).

5.    Membuat Akta Pendirian Perusahaan
Kesepakatan tersebut dituangkan dalam sertifikat pendirian perusahaan yang dibentuk dihadapan notaris. Hal ini bertujuan untuk :
a. Menghindari terjadinya perselisihan
b. Memberikan klarifikasi status kepemilikan perusahaan
c. Mencantumkan nilai saham (Presentase kepemilikan)
d. Mengetahui besarnya modal

6. Membuat Surat Izin Usaha Perdgangan (SIUP)
Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) ialah surat izin untuk sanggup melaksanakan kegiatan perjuangan perdagangan yang dikeluarakan instansi Pemerintah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan sesuai dengan tempat/domisili perusahaan.

7.  Membuat AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkunagan)
Analisis Mengenai Dampak lingkunagan (AMDAL) ialah hasil kajian mengenai imbas besar dan penting dari suatu kegiatan perjuangan yang direncanakan terhadap lingkungan hidup yang dipakai untuk proses pengambilan keputusan mengenai penyelenggaraan kegiatan perjuangan di indonesia.

Baca Juga : TIPS JUALAN ONLINE DI MEDIA INTERNET


3.1 Kesimpulan
Kesimpulan dari seluruh materi yang telah saya sajikan dalam makalah diatas, bahwa setiap wirausahawan yang ingin membuka perjuangan gres sebaiknya mempelajari terlebih dahulu tahap demi tahap dalam membuat perjuangan alasannya ialah tahap demi tahap ini sudah ada peraturannya oleh alasannya ialah itu sangat penting sekali mempelajarinya, biar dalam berusaha kita tidak menerima kesulitan dalam perjuangan yang kita jalankan itu.



DAFTAR PUSTAKA

Anonim, http://id.wikipedia.org/w/index ,dikunjungi 28 Maret 2015.
Anonim, http://id.wikipedia.org/wiki/administrasi,dikunjungi 29 Maret 2015
Anonim, http://html-pdf-convert.com/cari/modul-kewirausahaan-smk-kelas-xii.html, dikunjungi 29 Maret 2015
Hendro, 2006. Kewirausahaan untuk kelas smk dan mak kelas xii. Jakarta: erlangga.
Mardiatmo. Drs, 2006. Kewirausahaan untuk kelas xii smk. Jakarta: yudhistira.



Sumber http://indonugraha.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Persiapan Pendirian Usaha"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel