-->

iklan banner

5 Hal Yang Membedakan Telegram Dan Whatsapp - Part 3

 Hal Yang Membedakan Telegram Dan WhatsApp  5 Hal Yang Membedakan Telegram Dan WhatsApp - Part 3


Bismillahirrahmanirrahiim

Dua  tulisanku sebelumnya mengenai hal-hal yang membedakan telegram dan whatsapp sudah saya posting, yaitu part 1 dan part 2. Pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan kembali dengan topik yang sama yaitu 5 hal yang membedakan telegram dan whatsapp part 3.

Sekedar informasi, bahwa perbedaan yang saya sharing dari kedua aplikasi ini, termasuk di dalamnya ada kelebihan dan kekurangan masing-masing bukan serta merta untuk menjatuhkan satu aplikasi dan meninggikan aplikasi lainnya. Makara perbedaan yang ada di antara kedua aplikasi tersebut, sanggup dipakai sebagai acuan untuk melengkapi aplikasi lainnya yang kalian gunakan, terutama dalam hal yang membantu keseharian kita. 

Berikut ini hal-hal yang membedakan antara telegram dan whatsapp - Part 3:

1. VISIBILITAS NOMOR 
Whatsapp
Seseorang yang (mengetahui) dan menghubungi kita melalui whatsapp (entah menyimpan nomor kita atau tidak) maka kita ataupun orang tersebut akan sanggup melihat nomor telepon yang dipakai pada layanan aplikasi whatsapp.
Jika orang tersebut sudah menyimpan nomor kita, maka gosip nomor telepon yang dipakai pada whatsapp akan terlihat pada bab gosip profil. Sementara kalau belum menyimpan, maka nomor telepon akan terpampang secara terperinci ketika orang tersebut menghubungi kita. 

Telegram
Bedanya, pada aplikasi telegram nomor telepon yang dipakai tersembunyi dari pengguna lainnya. Tidak ada satu pihakpun (Kita atau mereka) yang melihat nomor telepon pengguna lainnya. Kecuali kalau orang tersebut mengetahui nomor telepon kita dan menyimpannya dalam buku telepon, dan sebaliknya kita juga menyimpannya di buku telepon.
Hal ini juga berarti bahwa ketika kita bergabung di sebuah grup, orang lain di grup tersebut tidak akan tahu nomor telepon kita bahkan kalau ia mengirimkan pesan pada kita. (Sumber: FAQ Telegram)

Jika kita melihat gosip akun pengguna lainnya (misalkan kenal dari sebuah grup) kita tidak akan mendapat gosip nomor telepon yang ia gunakan. Tapi kita cuma sanggup melihat username dan biodatanya. 

Beda halnya dengan pengguna yang tidak menciptakan usernamenya, maka akan tampil keterangan 'Tidak diketahui' pada bab nomor telepon. 
 Hal Yang Membedakan Telegram Dan WhatsApp  5 Hal Yang Membedakan Telegram Dan WhatsApp - Part 3


2. LAST SEEN 

Whatsapp 
Ketika kita menonaktifkan last seen/waktu terakhir dilihat/waktu terakhir kita membuka layanan aplikasi whatsapp, maka pengguna lainnya tidak akan mendapat gosip last seen milik kita dan sebaliknya.  

Artikel terkait:

Cara Menonaktifkan Last Seen Di Aplikasi Telegram

Telegram

Bedanya, pada layanan telegram kita masih mendapat gosip last seen TAPI tidak mendetail. Informasi last seen yang ditampilkan diganti dengan beberapa asumsi waktu yang memungkinkan seperti: 

    1. Last seen recently (terlihat belakangan ini): meliputi rentang waktu antara 1 detik hingga 2 atau 3 hari.
    2. Last seen within a week (terlihat seminggu yang lalu): terlihat dalam rentang waktu antara 2-3 hari hingga 7 hari. 
    3. Last seen within a month (terlihat sebulan yang lalu): terlihat dalam rentang waktu 6-7 hari hingga 1 bulan.
    4. Last seen a long time ago (tak terlihat sangat lama): Rentang waktu lebih dari 1 bulan dan ini ditampilkan juga pada pengguna yang diblokir.
 
3. BOT 
Whatsapp
Pada aplikasi whatsapp fitur ini tidak ada. 

Telegram

Telegram mempunyai fitur ini yang diluncurkan kurang lebih pada tahun 2015. Sekedar gosip nih, Bot itu penyebutan singkat dari robot. Dan Akun bot di dunia telegram itu bukan dijalankan oleh manusia/pengguna, tetapi 'dia' ialah akun yang dijalankan oleh aplikasi/robot yang sanggup melaksanakan apa saja. Tapi tentunya bot tersebut dibentuk atau diciptakan oleh manusia. 
Sebagai informasi, dikala saya baca FAQ Telegram, dinyatakan bahwa bot ini tidak dibentuk oleh pihak telegram, melainkan oleh pihak ketiga (developer/pengembang) yang memakai bot API telegram. 

Artikel terkait:

Daftar Nama Bot Telegram Yang Wajib Dicoba

4. SECRET CHAT 

Whatsapp 
Fitur ini tidak ada di aplikasi whatsapp.

Telegram

Telegram mempunyai fitur ini yang digadang-gadang mempunyai keamanan dan kerahasiaan yang cukup tinggi. Bahkan, pesan yang ada di dalam secret chat tersebut sanggup hancur dengan sendirinya kalau kita menginginkan chat tersebut menghilang. Sehingga tidak ada satu pihakpun yang mengetahui isi dari secret chat tersebut.  yaqin gak mau nyobain telegram wkwk. 

5. PEMBUATAN STIKER 

Whatsapp
Sekitar bulan November tahun 2018 silam, aplikasi ini mengijinkan kita untuk menciptakan stiker untuk whatsapp kita sendiri. Untuk menciptakan stiker dengan foto kita, diharapkan sebuah aplikasi lain yang sanggup diunduh di toko aplikasi.

Artikel terkait:

Yuk, Buat Sticker WhatsApp Dengan Wajahmu ! 
Cara Menghapus Stiker Whatsapp Buatan Sendiri
Biar Obrolanmu Makin Kece, Yuk Buat Stiker Sendiri Untuk Telegrammu ! 

Telegram 

Berbeda dengan whatsapp, untuk menciptakan stiker di aplikasi telegram kita tidak perlu menginstal aplikasi lainnya. Cukup satu telegram itu saja. 
Terus gimana?
Caranya ialah kita cukup chattingan dengan sebuah bot berjulukan 'Stickers' untuk menciptakan sebuah stiker di aplikasi telegram. 

Selesai dan agar bermanfaat. 

Sumber http://catatansaafitri.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Hal Yang Membedakan Telegram Dan Whatsapp - Part 3"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel