-->

iklan banner

5 Faktor Penyebab Vertigo

5 Faktor Penyebab Vertigo - Istilah vertigo dari bahasa latin yaitu vertere yang artinya pergerakan tubuh atau kepala berputar kemudian dalam istilah medis diartikan tanda-tanda nyeri kepala yang berputar putar sehingga menimbulkan perasaan kurang nyaman dan bahkan tidak hanya terasa pusing tetapi juga seakan-akan benda yang ada di sekitar kita ikut berputar.

Penyakit vertigo cukup sering terjadi di masyarakat dan dapat menyerang di segala usia mulai dari belum dewasa sampai orang cukup umur termasuk usia lanjut.

 Istilah vertigo dari bahasa latin yaitu  5 Faktor Penyebab Vertigo
5 Faktor Penyebab Vertigo

Etiologi dari penyakit ini ada bermacam-macam, berikut 5 faktor penyebab vertigo.

Faktor lingkungan
Faktor lingkungan menjadi penyebab vertigo dengan angka insiden ini cukup tinggi salah satunya ialah situasi kondisi lingkungan yang sangat bising, atau seseorang yang mengalami mabuk perjalanan.

Faktor obat-obatan
Penggunaan jenis obat tertentu dapat menimbulkan timbulnya penyakit vertigo salah satu jenis obat yang dapat memicu terjadinya penyakit vertigo ialah jenis obat gentamicin. Dan selain obat-obatan konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan juga dapat menjadi faktor penyebab vertigo.

Faktor vaskuler
Vasculer artinya sistem peredaran atau sirkulasi darah melalui jalur pembuluh darah. Karena penyakit vertigo lebih berfokus pada gangguan kesehatan serpihan saraf sentra atau otak jadi tentu saja terjadi problem sirkulasi di serpihan sistem saraf pusat.

Biasanya mengalami penurunan suplai oksigen sehingga menimbulkan proses metabolisme di jaringan otak alasannya ialah memang oksigen salah satu elemen penting dari proses katabolisme yaitu pemecahan sumber kalori menjadi energi.

Faktor neorologis
Penyebab vertigo lainnya juga dapat berawal dari problem neurologis atau gangguan pada saraf itu sendiri sebagai pola adanya tumor pada jaringan otak atau penyakit epilepsi. Disamping itu abuh menyerupai meningitis radang selaput otak juga penyakit migrain dapat menjadi pelopor terjadinya vertigo.

Gangguan kesehatan pembuluh darah pada organ otak menyerupai arteriosklerosis, hipertensi cranium, peningkatan tekanan intrakranial, anemia atau kurang darah juga dapat menjadi faktor penyebab vertigo.

Faktor lainnya
Selain alasannya ialah faktor faktor diatas penyebab penyakit vertigo juga dapat menyerupai gangguan kesehatan pada indera pendengaran menyerupai abuh indera pendengaran dimana kuman atau bakterinya dapat menjalar ke area sistem saraf sentra atau otak.

Secara umum penyakit vertigo dikelompokkan menjadi dua tipe yaitu vertigo proksimal artinya serangan vertigo yang terjadi secara mendadak dan dengan tingkat nyeri juga rasa pusing di kepala terasa lebih berat. Yang kedua ialah vertigo kronis dimana terjadi tanda dan tanda-tanda vertigo yang berlangsung dalam rentang waktu cukup lama.

Itulah 5 faktor penyebab vertigo yang perlu kita ketahui. Semoga dapat menjadi rujukan tarif untuk mencegah maupun penanganan penyakit vertigo.


Sumber http://www.emingko.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Faktor Penyebab Vertigo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel