-->

iklan banner

Perintah Ddl, Dml Dan Dcl Pada Mysql

Hay teman-teman..
ketemu kembali di blog semukan..

Kali ini saya akan shere masih mengenai database mysql yaitu Apa itu DDL DML dan DCL. SQL merupakan abreviasi dari Structured Query Language. 

SQL atau juga sering disebut sebagai query merupakan suatu bahasa (language) yang dipakai untuk mengakses database.



Secara umum, SQL terdiri dari tiga bahasa, yaitu Data Definition Language(DDL), Data Manipulation Language (DML) dan Data Control Language (DCL). Implementasi DDL, DML dan DCL berbeda untuk tiap sistem administrasi basis data(SMBD), namun secara umum implementasi tiap bahasa ini mempunyai bentuk standar yang ditetapkan ANSI.

 Kali ini saya akan shere masih mengenai database mysql yaitu  Perintah DDL, DML dan DCL pada Mysql

Jadi, perintah SQL pada semua software database hampir sama. Untuk lebih lengkapnya sobat bisah ke artikel saya sebelumnya Pengertian database dan Tipe data pada databases di Mysql.

Ok teman-teman silahkan simak tiga (3) Perintah pada Mysql.


1.  DDL (Data Definition Language)

DDL merupakan perintah SQL yang berafiliasi dengan pendefinisian suatu struktur database yang dipakai untuk membuat, mengubah dan menghapus struktur dan definisi metadata dari objek-objek database.

Beberapa perintah dasar yang termasuk DDL ini antara lain : 

a. CREATE
Perintah ini dipakai untuk membuat, termasuk diantaranya menciptakan database baru, tabel baru, view   baru, dan kolom.

b. ALTER
Perintah ini dipakai untuk mengubah struktur tabel yang telah dibuat. Pekerjaannya meliputi mengganti nama tabel, menambah kolom, mengubah kolom, menghapus kolom, maupun memperlihatkan atribut pada kolom.

c. RENAME
Perintah yang dipakai untuk merubah nama Objek

d. DROP
Perintah ini dipakai untuk menghapus database dan tabel.


2.  DML (Data Manipulation Language)

DML merupakan perintah SQL yang dipakai untuk proses pengolahan isi data di dalam table menyerupai memasukkan, merubah dan menghapus isi data - dan tidak terkait dengan perubahan struktur dan definisi tipe data dari objek database.

Perintah SQL yang termasuk dalam DML antara lain :

a. UPDATE
Perintah ini dipakai untuk memperbaharui data usang menjadi data terkini. Jika anda mempunyai data yang salah atau kurang Up To Date dengan kondisi sekarang, maka sanggup diubah isi datanya dengan memakai perintah UPDATE.

b. INSERT
perintah ini dipakai untuk menyisipkan atau memasukkan data gres ke dalam tabel. Penggunaannya sehabis database dan tabel tamat dibuat.

c. SELECT
Perintah ini dipakai untuk mengambil data atau menampilkan data dari satu tabel atau beberapa tabel dalam relasi. Data yang diambil sanggup kita tampilkan dalam layar prompt MySQL secara pribadi maupun ditampilkan pada tampilan aplikasi.

d. DELETE
Perintah ini dipakai untuk menghapus data dari tabel. Biasanya data yang dihapus yaitu data yang tidak diharapkan lagi. Pada ketika menghapus data, perintah yang telah dijalankan tidak sanggup digagalkan, sehingga data yang telah hilang tidak sanggup dikembalikan lagi.


3.  DCL (Data Control Language)

DCL merupakan perintah SQL yang berafiliasi dengan manipulasi user dan hak terusan (priviledges).

Perintah SQL yang termasuk dalam DCL antara lain :

a. GRANT
Perintah ini dipakai untuk memperlihatkan hak / izin terusan oleh direktur (pemilik utama) server kepada user (pengguna biasa). Hak terusan tersebut berupa hak menciptakan (CREATE), mengambil (SELECT), menghapsu (DELETE), mengubah (UPDATE) dan hak khusus berkenaan dengan sistem databasenya.

b. REVOKE
perintah ini berguna terbalik dengan GRAND, yaitu untuk menghilangkan atau mencabut hak aksesyang telah diberikan kepada user oleh administrator.

Semogah artikel perihal Perintah DDL, DML, dan DCL pada Mysql sanggup membantu teman-teman dalam pembuata database di Mysql.
Salam Sukses..

Sumber http://semukan.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perintah Ddl, Dml Dan Dcl Pada Mysql"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel