-->

iklan banner

Cara Menciptakan Poster Sederhana Dengan Photoshop + Video

Tutorial photoshop | Pada tutorial photoshop kali ini, saya akan mencoba share “cara menciptakan poster dengan photoshop”. Poster yang akan saya buat yakni poster bertemakan  “dilarang meroko”. poster tidak boleh merokok yang akan saya share ini yakni poster sederhana peringatan larangan merokok disebuah tempat tertentu. jadi nantinya poster larangan merokok ini dapat di printout dan ditempel di tempat-tempat tempat bebas asap rokok. Seperti di dalam rumah, di tempat ibadah, di dalam stasiun, di dalam mall, dan di tempat-tempat pelayanan publik lainnya. Gambar di bawah ini yakni salah satu pola poster larangan merokok di dalam mall. Poster ini lah yang akan saya share tutorial membuatnya dengan photoshop.

 Poster yang akan saya buat yakni poster bertemakan Cara menciptakan poster sederhana dengan photoshop + VideoSebagaimana yang sudah kita ketahui bersama, kini ini pemerintah sudah mengeluarkan peraturan, diharuskan memasang gambar peringatan menakutkan di bungkus rokok. Akan tetapi seakan gambar itu tak mempunyai efek jera bagi pelakunya. Malah semakin tahun penikmat rokok semakin banyak. Ya… namanya juga sudah kecanduan, mau dikatain apa juga tetep aja diisep.

Nah, sebagai partisipasi saya dalam rangka say no to smoking and don’t buying cigarette, saya akan menciptakan poster tidak boleh meroko ini. Dan menciptakan tutorial “cara menciptakan poster dengan photoshop”. Minimal saya dapat mengingatkan orang-orang terdekat saya untuk tidak merokok. Yuk, bebaskan lingkungan kita dari asap rokok…

Apa itu poster?

Ok, sebelum kita memulai menciptakan poster, sedikit saya akan menjelaskan, bersama-sama poster itu apa sih?... berdasarkan yang saya baca di KBBI, poster yakni surat pengumuman berupa sebuah gambar atau goresan pena yang ditempel di dinding, tembok dan tempat-tempat umum untuk penyebaran yang lebih luas.

Sedangkan poster berdasarkan Wikipedia yakni karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan abjad di atas berukuran besar. Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin. Karena itu poster biasanya dibentuk dengan warna-warna kontras dan kuat.

Cara menciptakan poster dengan photoshop

Pada tutorial photoshop kali ini saya akan menciptakan poster sederhana, tanpa gambar atau foto yang menyeramkan. Poster ini sangat sederhana sekali. Akan tetapi tujuan final dari tutorial menciptakan poster dengan photoshop ini yakni gambar poster di printout dan ditempel di tembok atau papan pengumuman. Makara tidak hanya menuh-menuhin memory computer doang. Ok pribadi ke TKP

1. Buka photoshop sobat, kemudain klik Ctrl+N kemudian aturlah menyerupai gambar berikut ini.
 Poster yang akan saya buat yakni poster bertemakan Cara menciptakan poster sederhana dengan photoshop + Video
Keterangan:
Name             : isi dengan Poster roko (optional)
Present           : international paper
Size                : A3
Width             : 297 mm (lebar A3)
Height            : 420 mm (panjang A3)
Resolution      : 300 pixels/inch supaya hasil printout poster tidak pecah atau buram
Color mode   : CMYK Color *kebanyakan mesin printer memakai color mode CMYK jadi supaya warna hasil desain sama dengan warna hasil printout
Background    : white (optional)

2. Kemudian buatlah gambar lingkaran berwarna merah menyerupai dibawah ini dengan memakai costume shape tool (U).
 Poster yang akan saya buat yakni poster bertemakan Cara menciptakan poster sederhana dengan photoshop + Video

3. Lalu buatlah gambar persegi panjang warna merah dengan memakai rectangle tool (U)
 Poster yang akan saya buat yakni poster bertemakan Cara menciptakan poster sederhana dengan photoshop + Video

4. Atur rotasi gambar persegi panjang tadi menjadi 45O sehingga gambar persegi manjang menjadi miring menyerupai gambar di bawah ini.
 Poster yang akan saya buat yakni poster bertemakan Cara menciptakan poster sederhana dengan photoshop + Video
Keterangan:
1. klik move tool (V)
2. Klik gambar kotak kecil
3. isi kolom set rotation menjadi 45

5. Sekarang buatlah gambar rokok menyerupai gambar dibawah ini. Sobat dapat menggunakan rectangle tool (U) untuk membuatnya. Caranya sama menyerupai yang atas. Pastikan gambar layer rokok berada di bawah layer lingkaran dan persegi panjang yang tadi teman buat. *untuk memindahkan posisi layer sibat tinggal men-drop and drag saja layer yang mau dipindah.
 Poster yang akan saya buat yakni poster bertemakan Cara menciptakan poster sederhana dengan photoshop + Video

6. Sekarang kita akan menciptakan asap roko. Buatlah tiga persegi panjang warna hitam dengan memakai certangle tool (U). atur posisinya menyerupai gambar berikut ini.
 Poster yang akan saya buat yakni poster bertemakan Cara menciptakan poster sederhana dengan photoshop + Video

7. Blok seluruh layar asep rokok tadi (klik layer yang paling bawah+shift kemudian klik layer yang paling atas) kemudian klik Ctrl+E untuk menggabungkan seluruh layer yang di block.

8. Kemudian atur gambar asap rokok semoga menyerupai tampak pada gambar di bawah ini.
 Poster yang akan saya buat yakni poster bertemakan Cara menciptakan poster sederhana dengan photoshop + Video
Ketarangan :
1. klik move tool (U)
2. klik kotak kecil
3. klik icon switch between free transform to warp modes
4. klik gambar segitiga kemudian pilih flag
5. klik icon change the warp orientation

9. Sekarang tambahkan goresan pena “you are entering a no smoking area | anda memasuki area bebas asap rokok” atau goresan pena lainnya, terserah sobat.
 Poster yang akan saya buat yakni poster bertemakan Cara menciptakan poster sederhana dengan photoshop + Video

10. Klik Ctrl+S untuk menyimpan file kemudian pilih format *PDF

Sampai di sini, teman sudah selesai menciptakan poster tidak boleh merokok, kini teman tinggal mengeprintnya di tempat pengeprintan. Biasanya ukuran A3 dengan kertas art carton harganya cuma Rp.5.000,-/lembar. Jangan lupa sehabis diprint untuk menempelnya di tempat "kawasan bebas asap rokok", supaya tempat teman terbebas dari asap rokok.

Contoh poster tidak boleh merokok

O ya… di bawah ini ada beberapa pola poster tidak boleh meroko lainnya yang mungkin dapat menambah insfirasi teman dalam menciptakan poster.

 Poster yang akan saya buat yakni poster bertemakan Cara menciptakan poster sederhana dengan photoshop + Video  Poster yang akan saya buat yakni poster bertemakan Cara menciptakan poster sederhana dengan photoshop + Video  Poster yang akan saya buat yakni poster bertemakan Cara menciptakan poster sederhana dengan photoshop + Video  Poster yang akan saya buat yakni poster bertemakan Cara menciptakan poster sederhana dengan photoshop + Video  Poster yang akan saya buat yakni poster bertemakan Cara menciptakan poster sederhana dengan photoshop + Video  Poster yang akan saya buat yakni poster bertemakan Cara menciptakan poster sederhana dengan photoshop + Video

Tutorial video menciptakan poster dengan photoshop

Bagi Sobat yang masih kurang terang dengan pemaparan dalam bentuk artikel, mungkin dapat meluangkan waktu beberapa menit untuk melihat tutorial dalam bentuk video di bawah ini. Jangan lupa untuk SUBSRIBE chanel youtub kami, semoga semakin banyak video tutorial yang disajikan di blog ini. Selamat menyaksikan dan memahami.

- INFO PENTNG -

Mohon bantuannya semoga bersedia mensubscribe chanel youtube kami (klik icon youtube) hingga 1.000 subscribe untuk memenuhi kebijakan gres youtube. Semoga video-video tutorial yang kami sajikan dapat bermanfaat. Termiakasih


Sumber http://www.tutorial89.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menciptakan Poster Sederhana Dengan Photoshop + Video"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel