-->

iklan banner

Perintah-Perintah Nano Editor Di Linux

Editor nano dirancang untuk menjiplak fungsionalitas dan fasilitas penggunaan UW Pico text editor. Ada empat bab utama editor. Bagian atas baris mengatakan versi program, nama file ketika ini sedang diedit, dan apakah atau tidak file telah dimodifikasi. Selanjutnya ialah jendela editor utama yang mengatakan file yang sedang diedit. Baris status ialah baris ketiga dari bawah dan mengatakan pesan penting. Kedua bawah garis mengatakan yang paling umum dipakai Cara pintas dalam editor.

Notasi untuk jalan pintas ialah sebagai berikut:
Urutan kunci Control-dinotasikan dengan sebuah tanda sisipan (^) simbol dan sanggup dimasukkan baik dengan memakai Control (Ctrl) atau menekan tombol Escape (Esc) dua kali.

Escape sequence-kunci dinotasikan dengan Meta (M-) simbol dan sanggup dimasukkan baik memakai Esc, Alt, atau Meta kunci tergantung pada setup keyboard Anda. Juga, menekan Esc dua kali, kemudian mengetik angka desimal tiga digit 000-255 akan memasukkan aksara dengan nilai yang sesuai. Para keystrokes berikut ini tersedia dalam jendela utama editor.

rujukan perintahnya :
retnet@retnet: $ sudo nano /etc/resolv.conf

Perintah alternatif dalam tanda kurung.
^G  (F1)  Tampilkan derma ini teks ^X  (F2)  Tutup buffer file ketika ini / Keluar dari nano ^O  (F3)  Tulis/simpan file kini ke disk ^J  (F4)  Ratakan paragraf ketika ini  ^R  (F5)  Masukkan file lain ke dalam yang kini ^W  (F6)  Mencari string atau kalimat biasa ^Y  (F7)  Pergi ke layar sebelumnya ^V  (F8)  Pergi ke layar berikutnya  ^K  (F9)  Potong baris ketika ini dan menyimpannya di dalam cutbuffer ^U  (F10)  Uncut dari cutbuffer ke baris ketika ini ^C  (F11)  Tampilkan posisi kursor ^T  (F12)  Invoke pemeriksa ejaan, kalau tersedia  M-\  (M-|)  Pergi ke baris pertama dari file M-/  (M-?)  Ke baris terakhir file  ^\  (F14)  (MR)  Ganti string atau kalimat biasa ^^  (F15)  (MA)  Tandai teks pada posisi kursor M-W  (F16)  Ulangi pencarian terakhir  M-^  (M-6)  Salin baris ketika ini dan menyimpannya di dalam cutbuffer M-}   Indentasi baris ketika ini M-{  Unindent baris ketika ^F   Maju satu aksara B^   Kembali satu aksara ^Space  Maju satu kata M-Space  Kembali satu kata ^P   Pergi ke baris sebelumnya ^N   Pergi ke baris berikutnya  ^A   Pergi ke awal baris ketika ini ^E   Pergi ke final baris ketika ini M-( (M-9)  Pergi ke awal paragraf, kemudian ayat sebelumnya M-)  (M-0)  Go sempurna di luar final ayat, kemudian ayat berikutnya M-]   Pergi ke braket pencocokan M- -  (M-_)  Gulir ke atas satu baris tanpa bergulir kursor M-+  (M-=)  Gulir ke bawah satu baris tanpa bergulir kursor M-< (M-,)  Switch ke buffer file sebelumnya M->  (M-.)  Beralih ke buffer file selanjutnya  M-V   Masukkan keystroke verbatim berikutnya ^i   Sisipkan tab pada posisi kursor ^M   Masukkan baris gres pada posisi kursor ^D   Hapus aksara di bawah kursor ^H   Hapus aksara di kiri kursor M-T   Potong dari posisi kursor ke final file  M-J   Ratakan seluruh file M-D   Hitung jumlah kata, baris, dan aksara ^L   Refresh (redraw) layar ketika ini ^Z   Suspend editor (jika menunda diaktifkan)  (M-X)   modus Bantuan mengaktifkan / menonaktifkan (M-C)   menampilkan posisi kursor Konstan mengaktifkan / menonaktifkan (M-O)   Penggunaan satu baris lagi untuk mengedit mengaktifkan / menonaktifkan (M-S)   Smooth scrolling mengaktifkan / menonaktifkan (M-P)   menampilkan spasi mengaktifkan / menonaktifkan (M-Y)   Warna sintaks mengaktifkan / menonaktifkan (M-H)   Smart kunci rumah mengaktifkan / menonaktifkan (M-I)   Auto indent mengaktifkan / menonaktifkan (M-K)   Potong untuk mengakhiri mengaktifkan / menonaktifkan (M-L)   rata panjang garis mengaktifkan / menonaktifkan (M-Q)   Konversi mengetik tab ke spasi mengaktifkan / menonaktifkan (M-B)   Backup file mengaktifkan / menonaktifkan (M-F)   Beberapa file buffer mengaktifkan / menonaktifkan (M-M)  Mouse dukungan mengaktifkan / menonaktifkan (M-N)   Tidak ada konversi dari DOS / Mac format mengaktifkan / menonaktifkan (M-Z)   Suspension mengaktifkan / menonaktifkan (M-$)   rata garis Soft mengaktifkan / menonaktifkan 

Selamat mencoba, biar membantu.
Anda juga sanggup mengakses tutorial ini disini (google doc)
Sumber http://retnet-nganjuk.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perintah-Perintah Nano Editor Di Linux"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel