-->

iklan banner

25 Plugin Wordpress Terbaik Yang Wajib Dipakai Untuk Setiap Blog Wordpress

25 Plugin WordPress Terbaik yang Wajib Digunakan Untuk Setiap Blog WordPress – Salah satu kelebihan utama WordPress sebagai salah satu Content Management System (CMS) terbaik ialah melimpahnya resources yang bisa kita gunakan.


Sebagai platform open source, WordPress bisa dipakai siapapun dengan gratis dan didukung oleh ribuan developer yang mau mengatakan pinjaman cuma-cuma untuk sesama penggunanya.


Dukungan ribuan developer itu ditunjukkan dengan aneka macam cara, bisa berupa tips dan trik WordPress yang bisa kita temukan di lembaga yang berkaitan dengan WordPress, blog atau website mereka, tutorial di Youtube, bahkan berupa theme WordPress sampai ribuan plugin WordPress yang ada di repository-nya, termasuk aneka macam plugin SEO WordPress terbaik.


Nah, dalam artikel kali ini, mari kita fokus membahas ihwal 25 plugin WordPress terbaik yang pantas menjadi aksesori setiap blog WordPress, termasuk blog WordPress Anda.


Baca Juga: Cara Install Plugin WordPress: Panduan Lengkap


Setiap plugin tentu mengatakan fungsi yang berbeda, dan membawa pengaruhnya masing-masing terhadap blog WordPress Anda.


25 Plugin WordPress Terbaik yang Wajib Digunakan Untuk Setiap Blog WordPress


1. Akismet


Akismet merupakan plugin anti-spam buatan Automattic (perusahaan di belakang WordPress) yang sudah niscaya ada di dalam blog Anda saat pertama kali menginstall WordPress.


Meski diragukan keampuhannya dalam menghambat masuknya spam di awal-awal rilisnya namun Akismet ini terus berkembang sebagai salah satu plugin WordPress terbaik yang wajib ada di blog WordPress Anda.


Karena sudah tersedia semenjak awal penginstallan WordPress, sudah niscaya Anda harus memanfaatkan Akismet pertama kali dibandingkan dengan plugin lainnya.


2. Yoast SEO


Nama Joost de Valk sudah sangat terkenal sebagai salah satu pakar SEO yang disegani di dunia. Ia bersama timnya bernaung di bawah bendera Yoast sebagai konsultan, developer SEO, dan pakar SEO.


Lewat Yoast, tim Yoast juga menciptakan salah satu plugin SEO terbaik yakni Yoast SEO. Plugin Yoast SEO ini terbilang lengkap sebagai sebuah plugin SEO gratis.


Mendukung verifikasi Google Search Console, Bing Webmaster, Alexa, XML Sitemap sampai Robots.txt, plugin ini tentu sangat Anda butuhkan jikalau Anda ingin setiap artikel di blog Anda bisa menembus halaman pertama hasil pencarian Google.


Dibanding pesaing terdekatnya, All in One SEO Pack, Yoast kerap mendapat kebanggaan alasannya ialah tampilan UI-nya yang sederhana dan simpel digunakan, rutinnya mereka mengupdate keamanan dan fitur pluginnya menciptakan orang sangat tertarik menggunakan Yoast SEO ini.


Saya sudah menuliskan cara setting plugin Yoast SEO bagi Anda yang membutuhkan pinjaman untuk mengkonfigurasinya. Atau jikalau Anda lebih tertarik dengan plugin All in One SEO Pack, Anda bisa membaca pinjaman setting plugin All in One SEO Pack di sini.


3. W3 Total Cache


Salah satu langkah untuk mempercepat loading sebuah blog WordPress ialah dengan memakai plugin W3 Total Cache. Segala hal ihwal caching mungkin terdengar terlalu teknis di telinga, namun jangan anggap remeh ihwal hal ini.


W3 Total Cache bisa meningkatkan kecepatan loading blog Anda saat diakses yang pada akibatnya kuat pula terhadap user experience dan ranking blog Anda di Google.


Untuk mengkonfigurasi plugin ini memang terbilang susah dan ribet, namun saya sudah pernah menuliskan artikel lengkap ihwal cara setting plugin W3 Total Cache secara lengkap dan detil.


Alternatif lainnya, yang mungkin jauh lebih simpel untuk dikonfigurasi ialah WP Super Cache.


4. Wordfence Security


Plugin ini secara terperinci dan tegas bertujuan untuk meningkatkan keamanan blog WordPress. Meski memang tidak ada jaminan bahwa blog WordPress tahan akan serangan h4ck3r, paling tidak plugin Wordfence Security mempunyai kemampuan untuk meningkatkan keamanan blog WordPress Anda.


Wordfence Security tersedia sebagai plugin gratis maupun berbayar, dengan versi gratisnya mengatakan hal-hal berikut:



  • Firewall dari Web Application

  • Memonitor keamanan

  • Memonitor IP

  • Blocking alamat IP

  • Membatasi frekuensi Login yang mencurigakan

  • Mengurangi dan memblokir upaya Brute Force.

  • Dan masih banyak lagi.


5. Contact Form 7


Setiap blog tampaknya wajib punya contact form di dalamnya, terutama jikalau berniat memonetisasi blognya. Nah, Contact Form 7 merupakan plugin contact form yang sangat populer. Plugin ini tersedia secara gratis dengan setup yang sangat sederhana.


Anda tinggal menciptakan halaman Kontak atau Contact Us, kemudian jikalau sebelumnya Anda sudah menciptakan satu contact form dengan Contact Form 7, Anda hanya tinggal menyematkan shortcode-nya ke dalam halaman tersebut.


6. WP-Optimize


Jika sejauh ini Anda sudah sering menulis artikel atau merevisi yang sudah ada, mungkin post revision di database Anda sudah mulai membludak jumlahnya.


WP-Optimize ini berkhasiat sekali untuk menyegarkan kembali database WordPress Anda.


Dengan sekali klik Anda sudah bisa mengoptimalkan database Anda dengan menghilangkan post revision yang tidak lagi terpakai, komentar spam yang mulai memenuhi, sampai trackback dan pingback yang sebenarnya tidak lagi Anda butuhkan.


7. Broken Link Checker


Broken Link Checker berfungsi untuk menyelidiki link mana saja yang sudah tidak bekerja lagi di blog Anda. Dengan mengetahui link mana saja yang sudah tidak sanggup diakses, Anda bisa mencabut dan kemudian menggantinya dengan link yang lain.


Hal ini juga ternyata bermanfaat untuk SEO. Dengan plugin sederhana ini Anda bisa memonitor semua link yang ada di blog Anda, mulai dari link yang tersemat di dalam artikel sampai komentar.


8. Revive Old Post


Seiring perkembangan waktu, blog Anda niscaya sudah akan mempunyai banyak sekali artikel yang bisa dibaca oleh pengunjung Anda.


Nah, jikalau Anda mempunyai halaman media umum khusus untuk blog Anda menyerupai Facebook Fan Page, plugin ini bisa meng-share kembali postingan-postingan usang di blog Anda ke aneka macam media umum secara otomatis.


Yang perlu Anda tentukan hanyalah frekuensi share tersebut, entah dalam rentang waktu 8 jam sekali dan sebagainya. Anda juga bisa mengklasifikasikan postingan usang yang hendak di-share menurut kategori.


9. UpdraftPlus Backup and Restoration


Sesuai namanya, salah satu plugin WordPress terbaik ini berfungsi untuk melaksanakan backup untuk seluruh data di blog WordPress Anda, entah itu database atau pun keseluruhan file.


Plugin ini tersedia gratis dan berbayar, tentu dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika versi berbayar mengatakan Anda fitur yang lebih banyak, belum tentu fitur tersebutlah yang Anda butuhkan.


Plugin gratis ini akan melaksanakan backup sesuai dengan waktu yang Anda tentukan. Anda juga bisa melaksanakan backup secara eksklusif dan bisa mend0wnl0ad-nya eksklusif dari Dashboard.


Atau Anda bisa menjadwalkan backup sesuai harapan Anda dan menyimpan hasil backup tersebut ke remote storage menyerupai Dropbox dan Google Drive, sangat bermanfaat bukan?


Plugin ini juga bisa membantu Anda mengembalikan seluruh data ke dalam blog Anda jikalau terjadi suatu kesalahan di blog Anda sehingga harus dilakukan restore data.


10. Jetpack


Jetpack merupakan plugin WordPress buatan Automattic, yang merupakan tim di belakang WordPress sendiri, mempunyai banyak sekali fitur tertambat di dalamnya.


Plugin ini menyediakan banyak fitur menyerupai media sosial, auto-publish, site verification, statistik blog, sampai contact form dan juga fitur comment yang bisa diintegrasikan dengan media sosial.


Lanjut ke halaman berikutnya



11. Yet Another Related Posts (YARP)


Dari sekian banyak plugin related posts, plugin ini merupakan satu yang paling banyak dipakai dan mengatakan hasil yang juga bagus, cocok untuk secara umum dikuasai theme WordPress. Plugin ini juga menjadi salah satu plugin related posts yang paling sering direkomendasikan.


12. WP Smush


Setiap artikel di blog akan selalu lengkap rasanya jikalau mempunyai gambar sebagai ilustrasinya. Nah, kebanyakan gambar yang diupload ke blog belum tentu mempunyai ukuran yang kecil (file size).


Paling tidak ukuran gambar tersebut masih bisa dikompres sampai menghasilkan ukuran yang lebih kecil tanpa mengurangi kualitasnya, sehingga kapasitas memory disk di server Anda pun bisa dioptimalkan, dan kecepatan blog pun bisa ditingkatkan.


Plugin sederhana WP Smush ini hadir sebagai jawabannya, di mana Anda bisa mengkompres ukuran setiap gambar sempurna ketika Anda mengupload-nya ke blog WordPress Anda. Selain itu, plugin ini juga bisa mengkompres ukuran gambar yang sebelumnya sudah diupload, seluruhnya.


Salah satu plugin WordPress terbaik ini tentu saja penting.


Sebagai alternatif, Anda bisa memakai plugin Kraken.io Image Optimizer dan juga EWWW Image Optimizer.


13. NextGEN Gallery


Jika Anda terpikir untuk menciptakan sebuah galeri di dalam artikel Anda, plugin ini bisa Anda gunakan untuk menampilkan kumpulan foto yang tergabung menjadi sebuah galeri yang rapi dan responsif.


14. Google Analytics Dashboard for WP


Plugin ini terintegrasi dengan akun Google Analytics Anda. Jika Anda tidak mau repot membuka Dashboard blog Anda dan juga akun Google Analytics sekaligus lantaran Anda ingin melihat laporan pengunjung eksklusif di Dashboard blog Anda, plugin ini bisa menjadi balasan yang tepat.


Dengan tampilan yang sederhana dan sempurna sasaran, Anda bisa melihat laporan pengunjung per periode, bahkan bisa juga secara real-time.


15. BJ Lazy Load


Satu lagi plugin yang bisa membantu mempercepat loading blog Anda. BJ Lazy Load secara khusus mengatakan imbas penting terhadap setiap elemen gambar yang ada di blog Anda.


Cara kerjanya menyerupai ini. Setiap elemen gambar yang ada di blog Anda tidak akan muncul secara keseluruhan sekaligus melainkan akan muncul satu per satu mengikuti gerak pembaca yang melaksanakan scroll ke bawah secara perlahan.


Jadi, browser hanya akan me-loading gambar satu per satu mengikuti scroll, tidak me-loading seluruh gambar sekaligus, yang artinya menciptakan loading website Anda menjadi lebih cepat lantaran pembaca bisa dengan cepat membaca loading blog Anda tanpa harus menunggu semua gambar muncul.


16. Redirection


Mengganti permalink dan menghapus konten yang sudah pernah di-publish akan menghasilkan 404 not found alasannya ialah permalink-nya sudah tidak eksis lagi.


Hal ini akan menyebabkan gangguan pada SEO blog Anda lantaran banyaknya halaman 404 yang akan muncul dari URL yang sudah tidak aktif lagi.


Untuk menguranginya, Anda bisa mengarahkan seluruh URL 404 tersebut ke URL baru, bisa berupa URL utama atau URL lainnya.


Inilah manfaat utama dari plugin Redirection, mengubah status link 404 menjadi 301 permanent.


17. WooCommerce


Jika Anda berniat untuk membuka toko online berbasis WordPress, WooCommerce ialah pilihan terbaik yang Anda punya.


Terintegrasi dengan banyak sekali sistem yang saling mendukung untuk kepentingan toko online, WooCommerce bisa menjadikan blog WordPress Anda sebagai toko online lengkap dengan tampilan produk, kupon diskon, keranjang belanjaan, sampai payment checkout.


Di antara seluruh plugin di repository WordPress, plugin ini merupakan satu di antara plugin WordPress terbaik yang pernah ada.


18. Shortcode Ultimate


Jika theme WordPress yang Anda gunakan minim fitur di bab TinyMCE, plugin ini bisa menjadi aksesori yang sangat istimewa.


Selain gratis, plugin ini sangat terkenal dan sangat lengkap. Anda bisa menciptakan shortcode untuk spoiler (seperti Kaskus), list dengan icon sebagai pengganti urutan nomor, tombol dengan icon, Google Map, Slider, dan masih banyak lagi.


Ini merupakan salah satu plugin WordPress terbaik favorit saya.


19. P3 Plugin Profiler


Plugin ini dikembangkan oleh tim GoDaddy untuk mendeteksi plugin mana yang paling banyak memakai resource server Anda.


Setelah menyelidiki beban server yang ditimbulkan oleh setiap plugin yang Anda gunakan, Anda bisa memutuskan untuk tetap menggunakannya atau menguninstall-nya atau mencari plugin lain yang fungsinya serupa namun beban servernya lebih minim.


20. NextScripts Auto Poster


Jika Anda mempunyai bermacam-macam akun media umum dan hendak membagikan setiap postingan blog Anda kesana, tentu sedikit repot jikalau harus membagikannya satu per satu.


Dengan plugin ini, setiap kali Anda mempublikasikan artikel akan secara otomatis dibagikan di setiap media umum yang terhubung. Tentu akan sangat menghemat waktu.


Lanjut ke halaman berikutnya



21. AddtoAny Share Buttons


Ketersediaan tombol sharing media umum di setiap postingan blog tentu saja meningkatkan fasilitas pembaca untuk membagikan setiap artikel yang Anda posting ke akun media umum mereka.


Plugin ini, selain mengatakan pilihan akun media umum yang lengkap, juga menyediakan pilihan untuk follow button, di mana pembaca bisa menjadi followers/likers baik untuk Facebook Fan Page khusus blog Anda maupun Twitter.


Alternatif lain yang bisa Anda manfaatkan ialah Share Buttons by AddThis atau pun DiggDigg sampai Mashare.


22. Print Friendly and PDF Button


Jika artikel di blog Anda lebih bersifat panduan teknis dengan sifat yang begitu komprehensif, bagi sebagian pembaca, ada baiknya artikel Anda tersebut dicetak atau diubah ke dalam bentuk PDF.


Sayangnya tidak semua artikel akan tampil dengan baik jikalau dicetak atau diubah menjadi bentuk PDF. Nah, plugin ini menciptakan struktur teks di artikel Anda menjadi print-friendly dan akan terlihat sangat rapi di PDF, terlepas bagaimana pun kompleksnya struktur theme WordPress yang Anda gunakan


23. AdSense Integration WP QUADS


Plugin ini memungkinkan Anda untuk menyematkan iklan, menyerupai iklan Google Adsense, di banyak daerah penting menyerupai awal paragraf, tengah paragraf, sampai akhir. Anda juga bisa menempatkan iklan di paragraf secara spesifik, contohnya paragraf ke-4 di setiap artikel.


24. ImageInject


Alangkah baiknya jikalau di setiap goresan pena di blog didukung oleh minimal satu gambar sebagai ilustrasinya. Namun, mencari gambar terbaik dengan izin untuk dipakai ulang tentu sedikit sulit.


Kita dihentikan sembarangan memakai gambar di internet, apalagi dari Google Image, lantaran belum tentu gambar tersebut diperbolehkan sang pemilik untuk dipakai oleh orang lain. Dan mencarinya pun susah.


Plugin WordPress terbaik selanjutnya ialah ImageInject. Plugin ini bisa mengatasi permasalahan ini dengan mudah. Setelah menginstal pluginnya, lakukan sedikit setting biar setiap gambar di hasil pencariannya bebas dari segala kewajiban lisensi.


Setelah itu, setiap kali Anda menulis sebuah artikel, Anda bisa eksklusif mencari gambarnya di Editor Page blog Anda tanpa harus keluar dari halaman tersebut.


Baca panduan selengkapnya ihwal bagaimana cara mencari gambar eksklusif di Dashboard.


25. Really Simple CAPTCHA


Plugin ini mengintegrasikan aneka macam form dengan Captcha untuk meningkatkan keamanan blog Anda dari segala unsur spam.


Meskipun Akismet tampaknya sudah cukup, namun tidak ada salahnya memakai plugin ini sebagai tambahan untuk mempertebal keamanan blog Anda dari spam.


Penutup


Nah, dari 25 plugin WordPress terbaik di atas, yang mana yang paling Anda sukai? Adakah yang saya lewatkan? Silahkan komen di bawah jikalau ada plugin WordPress favorit Anda yang belum saya masukkan ke dalam daftar ini. Semoga bermanfaat!



Sumber https://www.seniberpikir.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "25 Plugin Wordpress Terbaik Yang Wajib Dipakai Untuk Setiap Blog Wordpress"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel