-->

iklan banner

Jenis-Jenis Komputer Dan Fungsinya

Komputer dikala ini menjadi satu jenis perangkat atau peralatan yang semakin diharapkan oleh masyarakat. Mulai dari penggunaan menurut fungsinya lantaran kebutuhan tugas, kerjaan ataupun hanya sebagai hiburan saja. Komputer juga semakin banyak jenisnya yang bisa dibedakan menurut kriteria tertentu.

Komputer sendiri merupakan bahasa yang berasal dari bahasa latin “computare” yang mempunyai arti menghitung, kemudian untuk bahasa inggrisnya sendiri mempunyai nama to compute yang mempunyai arti menghitung.

Baca juga: Pengertian Komputer, Fungsi, dan Manfaatnya untuk Manusia

Komputer yakni alat elektronik yang mempunyai kemampuan kerja secara terpadu. Komputer banyak digunakan untuk mendapatkan data atau disebut input dan untuk mengolah data dan menghasilkan data keluar dengan sebutan output.

Komputer dengan bermacam-macam jenis dan banyak sekali latar belakang dan fungsinya kemudian bisa menjadi satu alat yang semakin mempermudah pekerjaan manusia. Berikut ini banyak sekali jenis komputer untuk bisa Anda gunakan sebagai komputer untuk membantu segala pekerjaan Anda.

Beberapa Macam Jenis-Jenis Komputer dan Penjelasannya


Komputer Analog

Jenis komputer pertama yakni komputer Analog. Jenis komputer analog, berfungsi untuk melangsungkan pengecekan data bukan dalam bentuk angka, alasannya yakni data yang di peroleh yakni data yang bersifat gelombang.

Jenis komputer yang satu ini sering di fungsikan untuk menggambarkan suatu keadaan tertentu. Contoh dari penggunaan untuk jenis komputer ini yakni untuk melaksanakan pengecekan suhu, penghitungan pada pedoman BBM pada SPBU, mengukur kekuatan cahaya dan banyak sekali fungsi lainnya. Komputer ini lebih banyak digunakan sebagai komputer pada acara ilmiah.

Komputer analog mempunyai ciri-ciri tertentu. Ciri-cirinya yakni data merupakan data kualitatif, bekerja dengan continue dan paralel, tidak memakai bahasa perantara, dan pengolahan data hanya dalam bentuk fisik saja.

Komputer analog juga mempunyai beberapa kelebihan. Diantaranya seperti, selalu akurat dan cocok dalam pengukuran, pengolahan data yang sangat cepat. Sedangkan untuk kekurangannya yakni terkadang data yang di proses tidak sempurna dan kurang terstruktur.

Komputer Digital

Jenis-jenis Komputer berikutnya yakni Komputer Digital. Anda niscaya sudah tidak lagi ajaib dengan istilah komputer digital yang satu ini alasannya yakni jenis komputer yang satu ini sudah bisa disamakan dengan penggunaan jenis-jenis perangkat komputer yang memang sudah sering Anda gunakan dan operasikan dikala ini.

Jenis komputer digital ini juga mempunyai karakteristik yang dirancang untuk sanggup beroperasi dan digunakan pada dua state. Dua state itu yaitu bit 0 data pada perangkat komputer yang bisa di asumsikan sebagai serangkaian 1s dan 0s.

Tujuan umum pembuatan komputer digital ini merupakan komputer dengan sistem yang lebih modern. Sehingga sangat cocok digunakan dalam banyak sekali fungsi ibarat pengolahan data tertentu sedangkan komputer tujuan umum dimaksudkan untuk penggunaan secara umum yang layaknya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Komputer Hybrid

Komputer ini digunakan untuk mendapatkan dan mengolah data baik itu kuantitatif ataupun kualitatif. Komputer hybrid bisa juga dikatakan adonan dari komputer analog dan digital. Komputer ini merupakan komputer yang digunakan di rumah sakit dan berfungsi sebagai komputer untuk menyidik keadaan badan pasien yang menghasilkan analisa dalam waktu singkat.

Workstation Computer/Komputer Kantoran

Workstation computer merupakan jenis komputer yang memakai jaringan dalam menghubungkan komputer tersebut satu dengan yang komputer lain atau komputer tersebut dengan server. Komputer berada pada suatu ruangan ini juga sering disebut sebagai komputer public atau biasanya kerja atau suatu perkantoran.

Workstation computer mempunyai ciri yaitu terhubung dengan komputer lainnya dan digunakan secara bersama-sama. Komputer ini sering digunakan pada perusahaan untuk menjaring isu se efektif mungkin. Selanjutnya ditambahkan dengan tenaga karyawan yang jago untuk dalam melaksanakan olah isu pada komputer.

Computer Portable (Laptop/Netbook)

Portabel komputer merupakan komputer dengan ukuran kecil sehingga gampang dibawa atau dipindahkan dengan kemampuan yang lebih canggih dan pawerfull. Teknologi pada komputer portable yakni pemadatan komponen-komponen komputer sehingga berukuran sangat kecil.

Server

Komputer ini dirancang sebagai penyedia layanan untuk mesin klien dalam jaringan komputer. Komputer ini juga dibekali dengan kapasitas untuk penyimpanan dengan ukuran besar dan processor yang kuat. Komputer server yakni komputer yang digunakan untuk pengolahan sumber daya ibarat memori dan waktu untuk mesin klien.

Special Purpose Computer

Special Purpose Computer biasanya digunakan untuk menuntaskan pekerjaan ataupun aplikasi khusus. Jenis komputer ini yakni general-purpose yang memakai secara khusus dan menyesuaikan dalam konfigurasi ataupun peralatan yang memakai sistem khusus.

General Purpose Computer

Komputer yang sering digunakan dengan kehidupan sehari-hari sanggup digunakan untuk menuntaskan banyak sekali macam tugas. Komputer ini bisa digunakan banyak sekali software melalui beberapa langkah untuk saling menyempurnakan banyak sekali tugas.

Komputer dikala ini menjadi satu jenis perangkat atau peralatan yang semakin diharapkan oleh Jenis-Jenis Komputer dan Fungsinya

Jenis Komputer Berdasarkan Kapasitas

Ukuran komputer ini dibagi menurut dari kemampuannya dalam mengolah data. Contohnya yakni kapasitas main memory, konfigurasi dari operand register dan juga kecepatan dalam pengolahan data.

Mainframe Computer

Jenis komputer ini digunakan sebagai processor berukuran besar dan dibekali kemampuan yang sangat besar sehingga ditujukan untuk multi user. Dengan menjalankan teknologi sehingga menampilkan imbas tidak begitu dirasakan oleh user.

Komputer Mini (Mini Computer)

Komputer mini yakni jenis komputer yang bisa digunakan oleh lebih dari satu pengguna atau yang biasa disebut dengan multi-user. Di dalam Spektrum komputasi, komputer ini berada di posisi menengah di bawah kelas computer mainframe dan system computer single-user

Super Komputer

Berdasarkan namanya super komputer yang dibekali dengan banyak sekali kriteria dan ciri-ciri. Kecepatan proses yang tinggi dibekali  dengan ketersediaan dalam menyimpan data yang jauh lebih besar apabila dibanding dengan main-frame. Untuk problem harga, tentunya Anda bisa menebak. Untuk ukuran komputer super tentunya dibanderol dengan harga yang sangat mahal.

Personal Computer (PC)

Jenis processor yang digunakan kemampuannya tidak begitu besar dibandingkan dengan komputer mainframe. Jenis komputer ini sering digunakan sebagai komputer perseorangan. Karena kegunaannya maka komputer jenis ini disebut komputer pribadi atau personal

Komputer Desktop

Ukuran dari komputer ini mempunyai ukuran yang tidak mengecewakan kecil, sehingga sangat cocok kalau diletakkan di atas meja. Saat ini dikembangkan bentuk komputer desktop yang semakin tipis yang dikenal dengan bentuk desktop slim. Bentuk komputer ini bisanya dilengkapi dengan banyak ruang yang disebut expantion slot sebagai daerah untuk card tambahan.

Tower (menara)

Jenis komputer ini merupakan jenis komputer yang bisa digunakan di samping atau di atas meja, lantaran ukurannya besar sehingga memenuhi meja. Jenis jenis Komputer ini, di dalamnya, umumnya mempunyai banyak ruang dan banyak mempunyai expansion slot (tempat card tambahan).

Komputer Laptop/Notebook

Jenis komputer ini yakni sebuah komputer dengan tampilan fisik yang kecil sehingga sanggup digunakan dengan cara dipangku. Ukuran dari jenis komputer ini lebih kecil dari jenis komputer portable, pada komputer notebook semua komponennya dibentuk menyatu.

Komputer Palmtop

Jenis Komputer ini kira-kira sebesar kaset video beta. Arus listriknya didapatkan lewat baterai sehingga penggunaan harus selalu dilengkapi dengan baterai biar berfungsi maksimal.
Sumber http://www.gudangilmukomputer.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jenis-Jenis Komputer Dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel