-->

iklan banner

Cara Merawat Dan Membersihkan Komputer Dengan Baik

Komputer merupakan sebuah alat yang kerap kita gunakan dalam banyak sekali acara mulai dari pekerjaan di perkantoran, advertising, gaming sampai pekerjaan rumah atau tugas-tugas di sekolah. Bahkan penggunaannya tidak hanya mereka yang telah bekerja di perusahaan-perusahaan besar saja namun anak sekolah juga sudah dituntut supaya sanggup mengoperasikan PC dengan baik supaya nantinya tidak ketinggalan zaman atau gaptek.

Hal inilah yang mengakibatkan masyarakat ingin memiliki PC sendiri biar sanggup menuntaskan pekerjaan tanpa perlu ke luar rumah, sebagai anak sekolah niscaya dipakai untuk pembelajaran dan tugas-tugas. Oleh lantaran itu, sudah menjadi kewajiban sang pemilik PC untuk merawat serta membersihkannya dengan baik biar kondisinya tetap terjaga dengan baik dan awet. Adapun cara tersebut akan kami ulas secara lengkap dibawah ini.
Komputer merupakan sebuah alat yang kerap kita gunakan dalam banyak sekali acara mulai dari Cara Merawat dan Membersihkan Komputer dengan Baik
Sumber: grahamcluley.com

Cara Merawat dan Membersihkan Komputer dengan Baik


Tutup Program yang Tidak Terpakai

Sebagian besar pengguna PC kerap melaksanakan tab dan membuka aplikasi namun ketika acara tersebut tidak dijalankan tetap dibiarkan dan tidak eksklusif menutupnya. Kebiasaan ini akan mengakibatkan kebutuhan memori (RAM) semakin banyak. Oleh lantaran itu, sebaiknya kalau acara sudah tidak terpakai eksklusif ditutup lantaran dampak buruknya yakni sanggup mengakibatkan kinerja PC lemot atau lambat lantaran terlalu banyak beban.

Gunakan Stablilizer atau UPS

Penggunaan UPS pada sebuah PC sanggup mencegah kerusakan Komputer, khusunya pada pecahan hard disk yang disebabkan oleh listrik padam secara tiba-tiba. Selain itu, penggunaan stabilizer juga sanggup mengakibatkan tegangan listrik lebih stabil. Untuk itu dengan memakai stabilizer atau UPS sanggup mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Pengontrolan Suhu secara Tepat

PC yang terlalu sering dipakai dalam waktu yang usang maka akan mengakibatkan panas yang berlebihan. Oleh lantaran itu, tetap dilakukan pengontrolan suhu di ruangan Anda meletakkan PC biar tidak terlalu panas. Sebaiknya, ruangan tersebut terdapat ventilasi, terdapat kipas angin yang lokasinya berdekatan dengan CPU dan monitor supaya tidak terlalu panas.

Instal Aplikasi Antivirus dan Selalu Update 

Aplikasi antivirus memang sangatlah dibutuhkan untuk menghapus serta mencegah virus yang akan bertengger di PC. Oleh lantaran itu, sebaiknya lakukan update antivirus secara rutin. Namun, perlu diingat Anda cukup menentukan salah satu antivirus terbaik yang memang terbukti sanggup membasmi virus. Mengingat, ketika ini banyak aplikasi antivirus yang tidak sanggup bekerja dengan baik.

Sebaiknya Uninstal Aplikasi atau Program yang tidak Terpakai

Banyaknya acara atau aplikasi-aplikasi yang terpasang di Komputer akan memakan banyak ruang harddisk sehingga mengakibatkan proses read maupun write menjadi lambat. Hal ini akan berakibat beban kerja pada PC akan menjadi berat dan secara perlahan akan menciptakan harddisk menjadi rusak sehingga tidak sanggup dipakai lagi. Oleh lantaran itu, sebaiknya aplikasi atau progaram yang tidak begitu penting di uninstal saja.

Membersihkan PC secara Rutin

Membersihkan PC memang suatu keharusan untuk dilakukan, khususnya pada pecahan CPU. Bagian ini, minimal tiga bulan sekali harus rutin dibersihkan. Jika terlalu usang dibiarkan maka akan terdapat abu yang melekat sehingga mengakibatkan PC rusak. Caranya sangatlah simpel lantaran Anda cukup membersihkan dengan sikat yang halus.

Matikan Komputer Saat Hujan

Perawatan PC ini mengarah pada efek cuaca, dalam artian ketika PC dinyalakan pada situasi hujan dan masih terkoneksi dengan wireless maupun modem maka dikhawatirkan akan terkena petir. Oleh lantaran itu, sebaiknya kalau turun hujan matikan PC  terlebih dahulu biar lebih kondusif dan tidak membahayakan keselamatan pengguna.

Gunakan Kabel Ground

Bagian luar pada CPU ketika kita menyentuhnya maka akan terdapat aliran listrik yang berbahaya. Dimana, bagi siapa saja yang menyentuhnya maka sanggup kesetrum. Oleh lantaran itu, untuk menghindari aliran listrik di CPU Anda cukup memasang kabel Ground.

Mematikan PC dengan Benar

Apakah Anda pernah mematikan komputer secara paksa dan hanya menekan tombol ON/OFF nya saja? Jika pernah sebaiknya hilangkan kebiasaan jelek ini. Lantaran hal ini daat menciptakan PC rusak secara cepat. Adapun langkah mematikan komputer tidaklah sulit Anda cukup menekan tombol windows dan pilih shutdown atau sanggup juga dengan menekan tombol Alt F4 secara bersamaan kemudian pilih shutdown.

Bersihkan File Sampah

Sebagian besar orang ketika memakai Komputer niscaya pernah melaksanakan hapus file, folder, aplikasi dan lainnya. Akan tetapi file tersebut tidak secara otomatis terhapus dari data di PC, melainkan akan ditampung terlebih dahulu di recycle Bin. Hal ini bertujuan ketika pengguna atau pemakai PC akan mengembalikan file atau data masih sanggup di restore kembali. Oleh lantaran itu, kalau sekiranya file, aplikasi atau folder yang telah dihapus tidak diharapkan lagi maka pada recycle bin sebaiknya dibersihkan saja dengan cara menghapusnya.

Itulah beberapa cara yang sanggup dilakukan dalam melaksanakan perawatan Komputer dengan baik. Sementara untuk membersihkannya, intinya pencucian PC dilakukan dengan memakai pembersih khusus menyerupai cairan, sikat yang halus sampai kain lembut. Lakukan perawatan PC Anda secara rutin biar tetap terjaga kondisi dan fungsi dari PC secara baik.
Sumber http://www.gudangilmukomputer.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Merawat Dan Membersihkan Komputer Dengan Baik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel