-->

iklan banner

Tcp/Ip





Assalamu'alaikum wr. wb


Pengertian

Apa itu TCP/IP ?
TCP/IP atau Transmission Control Protocol and Internet Protocol ialah sebuah hukum standar yang dipakai untuk komunikasi antar banyak sekali jenis komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan komputer.

Aturan ini ditetapkan oleh Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) yang dikembangkan pada tamat tahun 1970-an. Kenapa harus ada hukum standar mirip ini ? Menurut pendapat saya, kalau diibaratkan dalam dunia manusia, TCP/IP itu ialah sebuah bahasa internasional yang dipakai untuk berkomunikasi antar manusia. Misalnya saja ada orang Indonesia yang bertemu dengan orang Jepang dan orang Rusia. Jika mereka bertiga bertemu tetapi berkomunikasi dengan bahasa mereka masing-masing tentunya mereka bertiga tidak akan mengerti satu sama lain bukan ? Oleh sebab itu mereka bertiga harus berkomunikasi memakai bahasa Inggris atau bahasa Internasional mirip yang telah ditetapkan biar mereka sanggup saling mengerti. Sama halnya dengan komputer. Komputer dibentuk oleh banyak sekali macam vendor perangkat keras yang berbeda-beda di seluruh dunia. Komputer - komputer tersebut juga mempunyai caranya sendiri - sendiri untuk saling berkomunikasi. Nah disinilah protokol TCP/IP berperan sehingga komputer - komputer yang ada diseluruh dunia sanggup berkomunikasi mirip dikala ini. Di dunia Internet pun protokol TCP/IP selalu digunakan, sehingga protokol ini sangat terkenal.


Sejarah

Saat Vint Cerf dan Bob Kahn pertama menulis spesifikasi atas protokol ini tahun 1973, internet masih merupakan media yang dihentikan untuk keperluan komersil. Di bulan May 1974, IEEE mempublikasikan makalah berjudul "Protokol sebagai paket interkoneksi jaringan." Sebagai penulis makalah tersebut, Cerf dan Kahn menjabarkan sebuah protokol interkoneksi untuk membuatkan layanan dengan memanfaatkan pertukaran-paket antara node jaringan yang terhubung. Komponen pengontrol utama atas model ini disebut sebagai "Program pengontrol transmisi" yang menggabungkan baik tautan koneksi teriorientasi dan layanan datagram antar host. Program pengontrol transmisi monolitik ini kemudian dipecah ke dalam arsitektur modular yang terdiri atas Protokol pengontrol transmisi pada lapisan koneksi terorientasi dan Protokol internet pada lapisan datagram. Model ini lah yang kemudian dikenal dengan istilah TCP/IP, meski secara formal istilah yang dipakai ialah Paket protokol internet.

Protokol TCP/IP selalu berevolusi seiring dengan waktu, mengingat semakin banyaknya kebutuhan terhadap jaringan komputer dan Internet. Pengembangan ini dilakukan oleh beberapa badan, mirip halnya Internet Society (ISOC), Internet Architecture Board (IAB), dan Internet Engineering Task Force (IETF). Macam-macam protokol yang berjalan di atas TCP/IP, bagan pengalamatan, dan konsep TCP/IP didefinisikan dalam dokumen yang disebut sebagai Request for Comments (RFC) yang dikeluarkan oleh IETF.


Layer - layer TCP/IP


4. Application
Fungsi Layer Apllication :
Berfungsi menyediakan servis-servis terhadap software-software yang berjalan pada komputer. Protokol-protokol yang beroperasi pada Application Layer: HTTP, FTP, POP3, SMTP, dll.

3. Transport
Fungsi Layer Transport :
Transport Layer berfungsi menyediakan servis yang akan dipakai oleh Application Layer. Mempunyai 2 protokol utama yaitu TCP dan UDP.

2. Internet
Fungsi Layer Internet :
Internet Layer mempunyai fungsi sebagai penyedia fungsi IP Addressing, routing, dan memilih path terbaik. Internet Layer mempunyai 1 protokol yaitu TCP/IP.

1. Network Acces
Fungsi Layer Network Access :
Berfungsi mendefinisikan protokol-protokol dan hardware-hardware yang dipakai dalam pengiriman data. Pada layer ini terdapat protokol-protok mirip ethernet pada LAN, PPP pada WAN, dan juga Frame Relay.



Nah itu sedikt pemahaman wacana TCP/IP dari saya, untuk lebih jelasnya silahkan klik link dibawah ini.
https://id.wikipedia.org/wiki/Transmission_Control_Protocol

Thanks for visiting my blog ^^
Wasslamu'alaikum wr. wb


Sumber http://dedyrn.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tcp/Ip"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel