-->

iklan banner

Step By Step Install Debian 8

Assalamu'alaikum wr. wb





Pengertian

Debian ialah sistem operasi berbasis open source yang di kembangkan secara terbuka oleh banyak programer sukarelawan yang ingin membuatkan debian. Sistem Operasi debian ialah adonan dari perangkat lunak yang dikembangkan dengan lisensi GNU, dan utamanya menggunakan kernel linux, sehingga lebih suka disebut dengan nama Debian GNU/Linux. Sistem Operasi ini yang menggunakan karnel linux yang merupakan salah satu distro paling terkenal dengan kestabilannya. Rata-rata distro turun dari debian ialah yang paling banyak dipakai di dunia. Contohnya ; ubuntu, Linux Mint dan Bactrack.


Pembuat / Penemu Debian

Debian pertama kali diperkenalkan oleh Ian Mudock seorang mahasiswa dari Universitas Purde Amerika serikat, Pada tanggal 16 Agustus 1993. Nama Debian sendiri ialah akronim yang berasal dari kombinasi nama Ian Murdock (sang pembuat debian) dengan mantan kekasihnya Debra Lynn, dan lalu disingkat menjadi "DEBIAN".


Fungsi Debian Server

Fungsi debian server, sesuai dengan namanya sebagai server jaringan ntah itu sebagai web server, mai server NTP server dan yang lainnya yang berafiliasi dengan server dan jaringan atau pengatur proses jaringan ibarat Router, repeater dan yang lainnya. Selain itu debian terkenal dengan kestabilannya dibanding distro lainnya jadi kita dapat menggunakan atau memaksimalkannya dengan pc atau laptop yang spesifikasinya low atau rendah. OS Debian juga berfungsi untuk trouble shooting dalam arti dapat mendeteksi kesalahan yang ada pada hardware, software maupun dari network/jaringan.


Langkah-langkah Instalasi Debian 8

  1. Ini ialah tampilan awal instalasi debian, untuk memulai instalsi ada 2 cara yaitu : berbasis text (Install) berbasis GUI (Graphical install). alasannya ialah aku akan menginstall debian berbasis text maka disini aku pilih "Install"
  2. Selanjutnya pemilihan bahasa, disini kita pilih "english" alasannya ialah kita akan menggunakan bahasa inggris 
  3. Pemilihan lokasi daerah anda berada, alasannya ialah belum ada Indonesia maka pilih "other" untuk mencari lagi lokasi yang lainnya
  4. Nah disini kita akan memulai mencari negara daerah kita, berawal dari pemilihan benua, disini kita pilih "Asia"
  5. Selanjutnya akan muncul lokasi daerah kita yaitu Indonesia, pribadi saja kita pilih "Indonesia"
  6. Di sini kita pilih “United States” sebagai standarisasi bahasa yang dipakai secara umum oleh system debian
  7. Selanjutnya pemilihan jenis keyboard, pada umumnya jenis keyboard yang kita gunakan ialah american english, jadi kita pilih “American English
  8. Jika sudah pemilihan jenis keyboard selanjutnya beri nama pada host debian yang akan dibuat, disini aku mengisi hostname " smk1" => "Continue"
  9. Selanjutnya menciptakan domain untuk server debian yang kita buat, disini aku buat domain yaitu "smkn1.sch.id" => "Continue"
  10. Jika sudah menciptakan domain kita akan diminta untuk menciptakan Password server kita dan "Re-enter password to verify" untuk memasukkan ulang password yang kita buat 
  11. Setelah menciptakan password pada server selanjutnya menciptakan user dengan cara mengisi user dan password ibarat langkah dibawah ini lalu klik => "Continue"
     
  12. Selanjutnya menentukan zona waktu lokasi anda berada
  13. Jika sudah selanjutnya pembagian partisi, disini aku menciptakan partisi dengan cara cepat hanya partisi yang aku butuhkan yaitu "root" dan "swap" maka disini aku pilih "Guided - use entire disk" sesudah itu klik "enter"
  14. Nah disini ialah hardisk yang akan kita simpan boot loader nya, sesudah itu klik "enter"
  15. Karena aku hanya menciptakan partisi root dan swap maka pilihan sajian dibawah ini aku pilih "All files in one partition "recommended for new users"
  16. Selanjutnya pilih Finish untuk mengakhiri pembuatan partisi
  17. Dan pilih "Yes" untuk menyimpan partisi yang sudah kita buat
  18. Disini aku pilih "no" alasannya ialah aku tidak menggunakan CD/DVD
  19. Untuk network mirror aku menentukan "no"
  20. Dan pilih "no" lagi untuk gambar dibawah ini
  21. Pada tampilan di bawah ini ialah beberapa software untuk kita pilih, di sini kita pilih “ssh server dan standard system utilitis” caranya tekan spasi untuk menghapus dan memberi tanda pada pilihan kita sesudah itu klik "enter" pada pilihan "continue"
  22. Di sini kta pilih “yes” biar BootLoadaer dan MBR akan di tentukan secara
    otomatis oleh system secara aman, dan sebaliknya apabila kita menentukan “no” maka BootLoader dan MBR kita yang akan menentukannya sendiri
  23. Nah dibawah ini ialah perbedaan antara Debian 8 dan Debian sebelumnya, disini kita pilih "/dev/sda" yaitu kita pilih hardisk yang sudah kita setting sebelumnya lalu "enter"
  24. Instalation Complite pilih "continue" untuk masuk dan memulai konfigurasi server 




Nah cukup sekian untuk Instalasi server Debian 8
Thanks to visiting and read my blog ^^


Sumber http://dedyrn.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Step By Step Install Debian 8"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel