-->

iklan banner

Manfaat Buah Mengkudu, Luar Biasa!

Manfaat Buah Mengkudu – Buah yang satu ini merupakan salah satu yang paling banyak khasiatnya. Tanaman yang mempunyai nama latin Morinda citrifolia L ini, ternyata di Indonesia mempunyai nama atau sebutan yang berbeda. Untuk orang sumatera menyebutnya dengan eodu, mengkudu dan bengkudu.  Nusa Tenggara lebih familiar dengan nama wangkudu, manakudu dan bakulu. Daerah Kalimantan menyebutnya dengan nama mengkudu, wengkudu dan labanan. Sedangkan untuk orang yang tinggal di pulau Jawa, tumbuhan ini biasa dikenal dengan nama kudu, cengkudu, kemudu dan pace. Lalu apa saja sih manfaat dan khasiat tumbuhan yang buahnya sudah melegenda dan luar biasa ini?

 Buah yang satu ini merupakan salah satu yang paling banyak khasiatnya Manfaat Buah Mengkudu, Luar Biasa!

Ciri Tanaman Mengkudu

Pohon mengkudu mempunyai batang berkayu, kulit kasar, lingkaran dan percabangan monopoidal. Tanaman ini berdaun tunggal, lingkaran telur, ujung pangkal runcing dengan panjang 10-40 cm. Tanaman yang mempunyai tinggi sekitar tinggi 4-8 cm ini mempunyai bunga beragam berbentuk bongkol, bertangkai, benang sari berjumlah lima. Buah bongkol mempunyai permukaan tidak teratur, berdaging, panjang 5-10 cm, dan berwarna hijau kekuningan.

Kandungan dan Khasiat Buah Mengkudu

Buah mengkudu mengandung asam lemak, kalsium, vitamin B, asam amino, glikosida, glukosa, dan masih banyak lagi. Karena banyaknya kandungan tersebut buah ini banyak mempunyai kegunaan, antara lain sebagai obat teknan darah tinggi, beri-beri melancarkan kencing, radang ginjal, radang empedu, radang usus, disentri, sembelit, nyeri limpa, limpa bengkak, sakit lever, liur berdarah, kencing manis/diabetes mellitus, cacingan, cacar air, kegemukan/obesistas, sakit pinggang/lumbago, sakit perut/kolik, perut mulas alasannya yaitu masuk angin, kulit kaki terasa kasar, menghilangkan ketombe, antiseptik, peluruh haid (emenagog), dan pembersih darah.

Air perasan buah masak yang diparut pun banyak dipakai untuk kumur-kumur (gargle) pada penderita difteri atau radang amandel. Air rebusan buah, kulit batang, atau akar dai buah ini dipakai untuk mencuci luka dan ekzema. Buah mengkudu juga sanggup menghambat pertumbuhan tumor dengan merangsang sistem imun yang melibatkan makrofag atau limfosit. Begitu pun dengan ekstrak buahnya yang terbukti efektif menghambat sel RAS penyebab kanker.

Referensi: artikel manfaat buah mengkudu, luar biasa!

– Terapi Herbal Ragam Kanker pada Wanita oleh Alida Widyastuti (2013)


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat Buah Mengkudu, Luar Biasa!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel