-->

iklan banner

Definisi Fungsi (Pemetaan)

Kembali kita akan berguru matematika. Dan tema bahasan yang akan kita pelajari bersama yaitu Definisi Fungsi (Pemetaan). Apakah teman sudah tahu perbedaan antara fungsi dan relasi? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, teman harus paham dulu definisi dari fungsi (pemetaan) dan apa definisi relasi.


Pada postingan kali ini, kita tidak akan berguru apa itu relasi, namun yang akan kita pelajari kali ini yaitu definisi dari fungsi (pemetaan). Agar teman lebih paham dan mengerti apa itu fungsi, perhatikan klarifikasi di bawah ini. Kita juga sudah menyiapkan beberapa contoh soal sebagai materi teladan buat teman semua.


Definisi Fungsi (Pemetaan)


Di bawah ini ada contoh table pengambilan data nilai ujian matematika dari enam siswa dari kelas unggulan.


 Dan tema bahasan yang akan kita pelajari bersama yaitu Definisi Fungsi  Definisi Fungsi (Pemetaan)Dari tabel di atas, kita sanggup menciptakan sebuah diagram panah ibarat berikut ini.


 Dan tema bahasan yang akan kita pelajari bersama yaitu Definisi Fungsi  Definisi Fungsi (Pemetaan)Gambar yang ada di atas merupakan contoh gambar diagram panah kekerabatan yang diperoleh dari nilai ujian matematika siswa yang tersaji pada tabel di atas. Nah, dari diagram panah tersebut kita sanggup menyimpulkan jikalau :


– Setiap siswa mendapat nilai ujian. Hal ini mengatakan jikalau setiap anggota A mempunyai pasangan atau mitra terhadap anggota B.


– Setiap siswa sempurna mendapat masing-masing satu nilai. Hal ini mengatakan jikalau anggota A mempunyai sempurna satu pasangan atau mitra terhadap anggota B, namun anggota B sanggup menentukan lebih dari satu pasangan anggota A.


Dari uraian di atas apa yang teman sanggup simpulkan? Kesimpulan yang sanggup kita ambil yaitu kekerabatan dari himpunan A – himpunan B merupakan kekerabatan fungsi atau pemetaan dimana setiap anggota A di pasangkan sempurna satu-satu terhadap anggota B.


Dari sini kita juga sanggup menyimpulkan jikalau suatu kekerabatan dikatakan sebuah fungsi jikalau memenuhi dua syarat yakni yang pertama yaitu setiap anggota A mempunyai pasangan di anggota B. Namun apabila salah satu dari anggota A tidak mempunyai pasangan terhadap anggota B, maka sanggup dikatakan kekerabatan tersebut bukan termasuk fungsi. Dan syarat yang kedua yaitu setiap anggota A dipasangkan sempurna satu-satu terhadap anggota B. Dengan kata lain anggota A dilarang mempunyai pasangan anggota B lebih dari satu. Namun untuk syarat yang kedua ini tidak berlaku untuk pasangan sebaliknya dalam artian jikalau syarat yang pertama telah terpenuhi, maka anggota B boleh mempunyai lebih dari satu pasangan dari anggota A.


Untuk membantu teman bangkusekolah.com lebih paham akan definisi fungsi atau pemetaan, pahami contoh soal yang ada di bawah ini.


Contoh Soal


Coba kalian perhatikan gambar yang ada di bawah ini.

 Dan tema bahasan yang akan kita pelajari bersama yaitu Definisi Fungsi  Definisi Fungsi (Pemetaan)Dari diagram-diagram panah di atas, diagram yang manakah yang merupakan diagram panah fungsi? Dan berikan alasannya.

Jawab :


Nah, untuk menjawab contoh soal di atas, kita terlebih dahulu harus paham dengan syarat dari suatu kekerabatan yang sanggup dikatakan sebuah fungsi.


(i). Dikatakan sebuah fungsi jikalau setiap anggota A mempunyai satu pasangan terhadap anggota B


(ii). Dikatakan bukan sebuah fungsi jikalau ada salah satu anggota A tidak mempunyai pasangan terhadap anggota B


(iii). Dikatakan bukan sebuah fungsi jikalau ada anggota A tidak mempunyai pasangan anggota B serta ada salah satu dari anggota A yang mempunya pasangan anggota B lebih dari satu


(iv). Dan dikatakan bukan sebuah fungsi jikalau yaitu satu satu dari anggota A mempunyai lebih dari satu pasangan anggota B


Dari contoh soal di atas, apa kalian sudah sanggup membedakan yang mana kekerabatan dan yang mana fungsi? Ok hingga disini perjumpaan kita. Semoga sanggup mempunyai kegunaan bagi teman semua.



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Definisi Fungsi (Pemetaan)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel