-->

iklan banner

Bagian-Bagian Organ Mata Dan Fungsinya

 Dalam luar dan dalam mata insan terdiri dari  Bagian-Bagian Organ Mata dan Fungsinya
Dalam luar dan dalam mata insan terdiri dari bagian-bagian mata dan fungsinya masing-masing sehingga mata sanggup mendapatkan cahaya dengan baik atau dengan kata lain mata sanggup melihat dengan normal. Mata ini merupakan salahsatu bab badan yang sangat berperan penting dalam melaksanakan acara sehari-hari sebagai indera penglihatan. Mata ini sanggup berfungsi dengan baik apabila mendapatkan cahaya, alasannya yaitu dala keadaan gelap mata tidak berfungsi begitu baik ini dikarenakan mata tidak mendapatkan cahaya.

Dalam mata setiap insan tentu saja mempunyai organ-organ penting yang membentuk mata itu sendiri menyerupai bab organ luar dan juga organ mata dalam. Baiklah dibawah ini merupakan beberapa bab organ dalam mata beserta fungsinya dari masing-masing organ, ada bagian organ dalam mata dan bagian organ luar mata

MATA
Mata yaitu alat indra insan yang dipakai untuk melihat. Di bawah ini akan kita pelajari bagian-bagian mata dan cara kerja mata secara optik. Bagian-bagian mata :

a. Kornea mata yaitu selaput (lapisan) luar bola mata yang tidak berwarna (bening). Fungsinya untuk mendapatkan rangsangan cahaya dan meneruskan ke bab mata yang lebih dalam. Kornea mata selalu dibasahi oleh air mata semoga tetap bersih.
b. Iris yaitu lapisan di depan lensa mata yang berwarna. Fungsi iris yaitu untuk mengatur ukuran pupil.
c. Pupil yaitu celah bulat di tengah iris. Fungsinya mengatur cahaya yang masuk ke mata.
d. Lensa mata yaitu benda bening di dalam bola mata yang berbentuk cembung. Fungsinya yaitu meneruskan dan memfokuskan cahaya atau bayangan benda semoga sempurna jatuh pada retina. Ketebalan lensa sanggup berubah-ubah. Jika mata melihat benda-benda yang dekat, lensa mata menjadi cembung. Sebaliknya kalau mata melihat benda-benda yang jauh, lensa mata akan menjadi pipih. Kemampuan lensa mata untuk menjadi cembung dan menjadi pipih disebut daya akomodasi.
e. Retina yaitu lapisan terdalam dari dinding bola mata. Berfungsi sebagai layar akseptor bayangan benda. Lapisan retina yang mengandung sel-sel peka cahaya disebut bintik kuning, sedangkan sel-sel yang yang tidak peka terhadap sel cahaya disebut bintik buta.
 f. Aqueous humour yaitu cairan yang terdapat diantara kornea dan lensa mata. Vitreous humour terdapat diantara lensa mata dan retina. Kedua cairan tersebut berfungsi memberi bentuk dan kekukuhan pada mata.
g. Vitreus humor, cairan bening yang mengisi rongga mata. fungsinya yaitu meneruskan cahaya dari lensa ke retina.
h. Otot mata, otot yang menyangga lensa kristalin dan mengatur besar kecilnya lensa.
i. Bintik kuning, lengkungan pada retina yang merupakan bab yang paling peka pada retina.
j. Syaraf optik, penerus rangsang cahaya dari retina ke otak. Saraf mata ataupun yang biasa di sebut dengan saraf optik ini mempunyai fungsi untuk meneruskan sebuah rangsang cahaya sampai ke otak. Semua gosip yang akan dibawa oleh saraf nantinya diproses di otak. Dan Dengan demikian kita bisa melihat suatu benda.
Sumber http://indonetedu.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bagian-Bagian Organ Mata Dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel