-->

iklan banner

Tips Menentukan Dan Merawat Tanaman Hias Indoor

Pada artikel sebelumnya, kita sudah mempelajari wacana aneka jenis tumbuhan hias dalam ruangan yang bisa membersihkan udara di rumah Anda.Kali ini mari kita mempelajari bagaimana cara menentukan serta merawat tananam-tanaman tersebut. Karena pada dasarnya, tanaman hias yang tumbuh di luar atau di alam terbuka mempunyai daya jangkau hidup yang berbeda dengan tumbuhan hias indoor. Tanaman yang diletakkan di dalam ruangan harus tahan terhadap kurangnya udara dan hawa yang sedikit pengap, tahan terhadap kurangnya cahaya alami dari matahari dibutuhkan dalam proses fotosintesis tanaman, juga tahan terhadap media tanam yang hanya menampung sedikit asupan air.


Di samping itu, tanaman hias indoor seharusnya bisa bertahan selama kurang lebih 2 ahad pada ruangan ber-AC. Nah, untuk memperoleh tumbuhan hias Indoor yang tetap sehat dan sanggup tumbuh dengan baik, maka yang harus diperhatikan yaitu wacana bagaimana memilih tumbuhan yang cocok dijadikan tumbuhan hias indoor juga bagaimana perawatannya. Untuk pemilihannya sanggup diperhatikan dengan mempertimbangkan hal-hal berikut:



  • Sesuaikan jenisnya


Tanaman hias terbagi menjadi 2 jenis yaitu yang berbunga dan yang tanpa bunga. Yang berbunga maksudnya tanamannya menghasilkan bunga-bunga sedangkan yang tanpa bunga yaitu tumbuhan hias yang tidak mempunyai bunga dan hanya berdaun. Tanaman yang berbunga. Untuk tumbuhan hias berbunga, sebaiknya menentukan tumbuhan hias tidak hanya berbunga anggun namun juga beraroma wangi. Hal ini akan memperlihatkan nilai plus dalam ruangan alasannya yaitu akan memanjakan pandangan dan udara sedap pun terhirup.


Sebagai saran, Anda bisa menentukan peace lily dan anthurium bunga sebagai alternatif tumbuhan indoor yang berbunga, namun untuk artikel pengantar ada baiknya Anda membaca jenis tumbuhan indoor pembersih udara yang umum dimiliki orang di rumahnya. Sementara untuk tumbuhan hias tanpa bunga atau tumbuhan hias daun, usahakan pilihlah tumbuhan yang mempunyai bentuk dan corak daun yang unik juga menarik menyerupai pengecap mertua atau snake plant, aglonema, anthurium, atau spider plant. Atau lihat jenis-jenis tumbuhan indoor lainnya pada kategori yang telah disediakan.


aneka jenis tumbuhan hias dalam ruangan yang bisa membersihkan udara di rumah Anda Tips Memilih dan Merawat Tanaman Hias Indoor
Untuk tumbuhan hias tanpa bunga, pilihlah daun yang mempunyai bentuk dan corak warna daun yang menarik juga unik.


  • Sesuaikan fungsinya


Tanaman hias hakikatnya dijadikan penghias, namun diletakkan di dalam ruangan, maka fungsinya bisa menjadi ganda yaitu juga sebagai pembersih udara dalam ruangan tersebut. Oleh alasannya yaitu itu dibutuhkan tumbuhan yang berwarna dan bercorak indah untuk memperindah dekorasi ruangan, juga bentuk dan ukuran daun yang besar dan lebar untuk menghasilkan pergantian udara yang sehat.



  • Sesuaikan dengan daya tahan tumbuhan dan cara perawatannya


Tanaman hias yang diletakkan di dalam ruangan tidak akan bertahan terus-menerus. Anda harus menentukan tumbuhan hias yang cukup tahan terhadap temperatur udara di dalam ruangan yang kadang hirau taacuh juga panas. Tanaman hias yang tidak praktis mati dan praktis perawatannya. Tanaman hias mempunyai perbedaan dalam perawatannya. Ada yang terbilang praktis namun ada juga yang membutuhkan perawatan intens.


Jadi buat pemula, disarankan untuk menentukan tumbuhan hias yang praktis dalam perawatannya. Namun sebenarnya, semua jenis tumbuhan hias indoor tidak terlalu sulit untuk dirawat. Berikut yaitu beberapa hal yang harus diperhatikan untuk perawatan tumbuhan hias indoor di rumah Anda:



  1. Perhatikan pencahayaannya


Jika Anda meletakkan tumbuhan hias di erat jendela, maka usahakan menaruhnya dengan jarak sekitar 25cm dari sisi jendela. Bagian tumbuhan yang menghadap jendela akan mendapat sinar matahari, jadi semoga semua sisinya sanggup terkena cahaya matahari dengan adil maka sebaiknya tanaman tersebut diputar-putar sisinya bergantian menghadap jendela.


aneka jenis tumbuhan hias dalam ruangan yang bisa membersihkan udara di rumah Anda Tips Memilih dan Merawat Tanaman Hias Indoor
Lampu LED bisa dijadikan alternatif pengganti asupan cahaya matahari yang diharapkan tumbuhan untuk berfotosintesis.

Sementara itu, kalau tumbuhan hias diletakkan di sudut ruangan, atau di erat furniture-furniture rumah tangga lainnya, maka otomatis tumbuhan tersebut tidak mendapat asupan nutrisi dari cahaya matahari, padahal cahaya matahari merupakan kebutuhan tumbuhan yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhannya. Jadi, semoga tumbuhan hias bisa tumbuh sehat di dalam ruangan, Anda bisa mengakalinya dengan memperlihatkan cahaya lampu buatan khusus tumbuhan yaitu LED Plant Growths. Cahaya dari lampu LED ini akan tetap memperlihatkan bantuan sama dengan cahaya matahari bagi tumbuhan Anda, bisa baca selanjutnya wacana lampu tumbuhan pada artikel kami sebelumnya. Jika tidak mempunyai lampu LED, maka keluarkan ke ruang terbuka (luar rumah) dalam 3-4 hari sekali, diangin-anginkan saja tidak perlu dijemur.


2.   Perhatikan penyiramannya


Penanaman tumbuhan hias biasanya ditanam pada media tanam yang hanya sedikit menyerap air semoga media tanam tidak becek dan basah. Agar tetap lembab, maka dibutuhkan media tanam yang berkarakter porous yang berisi cocopeat, sekam bakar, pakis yang dicacah serta ditambah dengan pupuk kandang dan humus yang telah diolah terlebih dahulu.Agar air yang disiram pada media tanam tidak tergenang, maka pastikan wadah atau pot yang dipakai untuk menanam tumbuhan hias mempunyai lubang-lubang kecil di bawahnya.


aneka jenis tumbuhan hias dalam ruangan yang bisa membersihkan udara di rumah Anda Tips Memilih dan Merawat Tanaman Hias Indoor
Pada ketika penyiraman, jauhkan dari penyiraman air berlebih. Jangan samakan dengan tumbuhan outdoor, tumbuhan indoor tidak memerlukan tanah yang terlalu basah.

Perlu diperhatikan bahwa ada beberapa tumbuhan yang bisa bertahan dalam kondisi tanah yang kering, namun biasanya pada tumbuhan berbunga, lebih membutuhkan tanah yang lembab. Makara memang sangat perlu mengetahui kebutuhan air masing-masing tumbuhan Anda. Karena tingkat kebutuhan airnya yang berbeda-beda.


3.  Perhatikan hama tanaman


Hama tumbuhan menyerupai jamur, ulat, virus atau hewan dan serangga penyebab penyakit seringkali menyerang dedaunan tumbuhan dan menciptakan tumbuhan cepat layu dan mati. Hindari hal menyerupai itu dengan membersihkan debu-debu yang melengket di sekitar permukaan atas dan bawah daun. Buat daunnya yang besar-besar terlihat sehat dan mengkilap dengan mengoleskan permukaan daunnya cairan susu memakai lap kering.


aneka jenis tumbuhan hias dalam ruangan yang bisa membersihkan udara di rumah Anda Tips Memilih dan Merawat Tanaman Hias Indoor
Agar daun tumbuhan hias tetap mengkilap, maka gunakan cairan susu untuk melap permukaannya dengan kapas atau lap kering.

4.   Perhatikan pemilihan wadah


Untuk memperoleh tumbuhan hias yang betul-betul menarik perhatian, tidak hanya menitikberatkan pada pemilihan tanamannya, namun hal itu di dukung juga dengan pemilihan wadah atau pot yang menarik. Anda bisa menentukan pot-pot beling transparan menyerupai aquarium dengan bentuk-bentuk dekoratif yang unik. Di dalam wadah atau pot tersebut bisa diisi hidrogel sebagai media tanam (kami sediakan juga di bibitbunga.com, aneka warna dan bentuk sehingga bisa lebih menarik, kualitas hidrogelnya juga oke) semoga udara dalam media tanam tetap lembab tanpa merusak akar tanaman.


aneka jenis tumbuhan hias dalam ruangan yang bisa membersihkan udara di rumah Anda Tips Memilih dan Merawat Tanaman Hias Indoor
Pemilihan bentuk dan ukuran pot juga media tanam seperti hidrogel dapat memberi nilai lebih terhadap penampilan tumbuhan hias indoor Anda.

Setelah mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan dan merawat tumbuhan hias indoor, maka jangan ragu lagi untuk mencobanya. Memang tidak terlalu gampang, namun tidak terlalu sulit juga kok. Hanya dibutuhkan ketelatenan Anda, maka tumbuhan hias indoor yang sehat dan indahpun bisa Anda dapatkan. Terlebih usaha-usaha tumbuhan hias indoor ketika ini sangat banyak diminati dan berprospek menjanjikan. Makara kalau Anda bisa merawat dan membudidayakannya sendiri, kenapa tidak? yuk lihat katalog kami disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Menentukan Dan Merawat Tanaman Hias Indoor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel