-->

iklan banner

Mengenal Game Arena Of Valor (Aov) Dan Proses Dalam Permainannya

Jika kau mengikuti gosip Asian Games 2018 lalu, niscaya kau mendengar istilah game AoV yang ikut dipertandingkan. Tidak sedikit juga yang bertanya apa itu AoV. Saat artikel ini ditulis, jumlah pemain Arena of Valor versi Android sudah lebih dari 10 juta orang, belum termasuk pemain AoV versi iOS yang dimainkan di iPhone dan iPad. Permainan utama dalam game ini yakni pertandingan online 5 vs 5.


Game mobile online ini cukup populer, khususnya di kalangan gamers Indonesia dan daerah Asia lainnya menyerupai Malaysia, Singapur China, dll. Iklan game AoV di Indonesia cukup marak, sampai-sampai sosok Wiro Sableng dijadikan salah satu abjad satria nya. Nah, buat kau yang masih belum main AoV, sebaiknya ikuti terus artikel ini. Karena game ini butuh pengertian yang luas dalam hal kiprah dan kemampuan setiap satria yang tersedia di AoV.


Apa itu AoV?


Arena of Valor atau biasa disingkat dengan AoV yakni game MOBA seluler. Tapi apa itu MOBA? MOBA yakni suatu genre dan konsep game. Baca klarifikasi lebih lanjut mengenai MOBA di bawah ini.


Mengapa AoV disebut game MOBA?


Arena of Valor yakni game dengan mode permaian arena pertempuran online multi pemain atau MOBA (Multiplayer Online Battle Arena). Genre game MOBA dilahirkan dari Starcraft and Warcraft 3, yang mana dikala itu menjadi salah satu genre game paling terkenal di dunia. Misalnya menyerupai League of Legends dan Dota 2 yang dipertandingkan dengan hadiah bernilai jutaan dolar setiap tahunnya.


Ketahui juga:


3 Cara Kaprikornus Pemain Game yang Menghasilkan Uang Banyak Setiap Bulan



Terlepas dari popularitas game-game tersebut, kurva berguru game-game moba juga terbilang tinggi dan bisa sangat menyulitkan bagi pendatang gres atau pemula yang belum terbiasa dengan game MOBA. Oleh alasannya itu, pemain pemula disarankan untuk berguru di aneka macam mode permainan AoV sebelum berkompetisi di mode Ranked Match. Untuk membantu meningkatkan skill gaming AoV kamu, mari kita simak fitur-fitur AoV yang unik.


Berbagai Karakter Hero di AoV


Pemain menyerupai melihat ke arah bawah, ke medan perang atau dengan sudut pandang orang ketiga (third-person). Ada ratusan unit abjad yang bisa kau pelajari biar bisa mengontrolnya dengan taktik real-time. Tapi dalam pertandingan, setiap pemain mengendalikan satu unit hero. Arena of Valor memberi label unit-unit abjad sebagai satria (pahlawan), sementara game MOBA lain biasanya menyebut unit abjad sebagai champion atau character. Di AoV, para satria masing-masing mempunyai kemampuan normal, dua kemampuan standar, kemampuan pasif, dan kemampuan tertinggi.


Kemampuan Serangan Hero


Serangan normal yakni cara paling sederhana yang dimiliki setiap satria dalam serangan. Setiap satria mempunyai serangan normal yang berbeda, contohnya ayunan pedang, palu, tembakan pistol, atau ledakan energi nekrotik. Tanpa modifikasi item atau kemampuan tertentu, serangan normal tidak terlalu berarti terhadap kesehatan sasaran lawan.


Setiap satria di AoV mempunyai satu kemampuan pasif: imbas unik yang selalu tersedia bagi setiap hero. Kemampuan pasif sanggup memicu dalam situasi tertentu atau menjadi satu set kemampuan adalan abjad hero. Pemain tidak perlu melaksanakan apa pun untuk mengaktifkan kemampuan pasif, tapi perlu memahaminya biar bisa tampil baik dalam memakai satria apa saja.


Kemampuan-kemampuan standar yakni mantra dan teknik yang dimiliki oleh setiap hero. Hal tersebut menjadi ciri khas dan rasa setiap satria dan merupakan hal yang membedakan setiap satria dalam AoV. Kemampuan-kemampaun standar sanggup merusak kesehatan musuh, membantu tim atau sekutu, atau mengontrol anutan medan perang. Efek-efek pengendalian sering disebut sebagai crowd control (CC).


Tidak menyerupai serangan normal, sumber daya kemampuan standar butuh energi atau mana dan memerlukan periode pendinginan (cooling down) biar sanggup digunakan kembali. Penguasaan kemampuan suatu satria yakni kunci untuk mendominasi pertarungan dan memenangkan pertandingan.


Kemudian, kemampuan pamungkas (ultimate ability) yakni serangan berpengaruh yang benar-benar sanggup mengubah arah pertempuran dikala digunakan dengan tepat. Tidak menyerupai kemampuan-kemampaun standar, kemampuan pamungkas belum sanggup digunakan hingga satria mencapai level 4 dalam sebuah pertandingan. Pemain yang menguasai penggunaan Ultimate bisa menjadi kekuatan yang angker di medan perang AoV.


Baca juga:


10 Game Android Grafis Terbaik yang Banyak Dimainkan



Peran Hero


Dari banyaknya Hero di AoV hadir dalam aneka macam rasa, tapi umumnya dikategorikan menjadi enam peran. Berikut yakni peran-peran satria tertentu yang ada di AoV.


1. Tank


Merupakan satria garis depan, pertahanan pertama dan sebagai dinding pelindung sekutu yang ringkih terhadap serangan musuh. Sosok satria tank biasanya lebih licin dan lebih tahan bating dibandingkan jenis satria lain. Hero tank yakni sentra kekuatan pertahanan tim dalam pertandingan. Tapi biasanya daya rusaknya kecil. Jadi, disarankan biar satria tank biar selalu berdampingan dengan satria lain biar serangan lebih efektif.


Seorang tank lebih dari sekadar pelindung sekutu, alasannya sebagian besar tank di AoV juga berperan sebagai inisiator tim. Seorang inisiator yakni satria yang memulai pertarungan tim, bukan menyerang sendiri. Hero tank yakni abjad yang garang ketika anggota tim yang lain sudah siap-siap menyerang dibelakangnya. Tank biasanya dilengkapi dengan persenjataan yang kontrolnya berkhasiat untuk menghalangi gerakan musuh dan untuk melarikan diri.


2. Warrior


Ini yakni satria khusus pertarungan jarak dekat, umumnya sedikit lebih tahan damage di bawah tank dikala bertanding. Kebanyakan warrior berusaha menemukan tempat yang nyaman antara kerusakan (damage) dan kemampuan bertahan hidup. Artinya, tipe satria ini cocok digunakan dengan cara mengisi tim dengan aneka macam kiprah yang berbeda-beda.


3. Assassin


Ahli hit-and-run, assassin unggul dalam melompati musuh, menghancurkan kesehatan mereka dan kemudian melarikan diri sebelum musuh bereaksi. Banyak assassin yang sangat cocok di hutan (jungle), alasannya gaya permainan satria jenis ini biasanya cocok menyergap, atau menyapu jalur musuh. Akan tetapi pertahanan satria assassin sangat lemah, jadi saat  pertarungan tim diutamakan tank dan warrior berada di depan assassin. Dan ketika musuh sudah memakai semua kemampuan standar dan ultimate untuk merusak tank dan warrior, disitulah saatnya assassin menyerang.


4. Mage


Perapal mantra dan mistikus, atau penyihir. Peran mage mengandalkan kemampuan serangan normal. Mage biasanya bisa menciptakan kerusakan pada musuh dari jarak tertentu dan terus-menerus mengoceh musuh dengan mantra. Merusak atau mengganggu (memperlambat/freeze) musuh dengan sihir yakni cara terbaik bagi mage untuk melindungi anggota tim yang sedang bertarung jarak dekat.


5. Marksman


Berperan sebagai penembak jitu atau pemanah, sekaligus sebagai perusak utama di pertarungan tim AoV. Hero jenis ini bisa membunuh musuh demi musuh dari kejauhan, menciptakan kerusakan berat dengan serangan normal. Marksman membutuhkan waktu untuk membangun item sebelum sanggup berkontribusi penuh pada tim. Oleh alasannya itu, pemain yang memakai satria marksman harus mahir mengumpulkan emas (gold) dengan cepat biar bisa upgrade item.


6. Support


Hero support biasanya berperan sebagai pendukung tim. Kaprikornus sering tidak terkenal atau jarang sanggup MVP. Artinya, satria support bisa menjadi kiprah terpenting dalam tim sebagai faktor penentu kemenangan dalam perkelahian tim. Hero jenis ini fokus pada pengendalian musuh dengan kemampuan crowd control dan menyembuhkan serta melindungi tim ketimbang merusak musuh. Jadi, satria support harus tetap bersahabat dengan tim sepanjang pertandingan, terlebih pada dikala tertarungan tim, biar semua satria di tim bisa mendapatkan dukungan healing dan musuh terkena crowd control.


Medan Pertempuran


Lane – Jenis permainan utama di Arena of Valor yakni pertarungan tim, yaitu lima lawan lima hero. Setiap tim dimulai dari sudut peta yang terdiri dari tiga jalur, atau ‘lane’. Dua jalur berada di sepanjang sisi peta melingkari medan pertempuran, dan satu jalur lurus berada di tengah melalui titik tengah peta. Aliran panjang disebut dengan “the River”, yang membagi medan menjadi dua bagian.


Brush – Medan pertempuran tersebut dihiasi dengan semak-semak tinggi atau disebut dengan “brush”, tempat para satria bersembunyi dan tak terlihat. Area besar di sudut paling bawah dan atas yakni pangkalan kedua tim. Sudut tersebut yakni tempat inti para satria muncul kembali sesudah takluk dalam pertempuran. Tim yang sanggup menghancurkan inti lawan dinobatkan sebagai pemenang dalam pertandingan.


Tower – Untuk mencapai inti musuh bukanlah hal yang mudah. Banyak rintangan yang harus dihadapi sebelum pemain sanggup mencapai tujuan selesai tersebut. Enam menara (tower) berdiri di setiap jalur, diantaranya, tiga punya tim yang satu dan tiga punya tim lawan. Pemain harus menghancurkan ketiga tower di sebuah jalur biar sanggup menyerang inti musuh.


Untuk membantu menyerang tower, kedua tim mengirimkan gelombang antek-antek yang disebut minions yang dikontrol AI untuk berbaris di jalur untuk menyerang musuh yang ditemui dan jikalau berhasil mencapai tower juga akan menghancurkan tower tersebut. Cara tersebut sanggup menciptakan pengepungan menara lebih gampang dan merenggut pertahanannya, asalkan pemain sudah selesai berurusan dengan antek musuh terlebih dahulu.


Jungle – Di antara jalur terdapat hutan atau biasa disebut dengan “jungle” di AoV. Area hutan dipenuhi dengan makhluk netral, atau disebut dengan monster, yang bisa memperlihatkan peningkatan kesehatan atau bonus khusus sesudah dibunuh. Makhluk-makhluk tersebut yakni sumber emas (gold) dan pengalaman (exp) yang berharga sesudah berhasil dibunuh.


Core – Tujuan pertama tim yakni untuk melancarkan jalan mereka dan kemudian menghancurkan inti musuh sambil mempertahankan milik mereka. Permainan menjadi menarik jikalau sebuah tim terdiri dari jenis satria yang berbeda dan berinteraksi satu sama lain.


Proses Permainan


Setiap satria meningkatkan level kekuatan sepanjang pertandingan. Pemain tumbuh dengan mengumpulkan poin exp (poin pengalaman) dan gold (emas). Setiap kali seorang hero, antek, atau monster mati, satria terdekat mendapatkan poin exp dan gold. Jika seorang melaksanakan pukulan pembunuhan, satria tersebut mendapatkan bonus exp dan gold. Hal itu disebut sebagai ‘last hitting’ dan merupakan kunci untuk mendapatkan manfaat atas lawan.


Exp


Exp yang didapatkan oleh setiap pemain dikonversi ke dalam bentuk level. Di Arena of Valor, pemain sanggup menaikkan level hingga level 15. Setiap level memperlihatkan dorongan tingkat kemampuan. Dengan membandingkan level kau dengan level musuh dikala berhadapan yakni cara yang sempurna untuk menilai seberapa berpengaruh kau bisa menghadapinya.


Gold


Setiap pemain memakai gold untuk membeli item di sepanjang permainan. Item merupakan alat utama biar para satria sanggup meningkatkan kekuatan serangan, kecepatan dan kemampuan bertahan. Item tertentu sanggup memperlihatkan bonus besar untuk kerusakan, pertahanan, atau imbas yang berbeda untuk membantu pertarungan dengan aneka macam cara. Intinya, gold yang dikumpulkan dikonversi menjadi kekuatan dengan membeli item dikala pertandingan berlangsung. Jadi, mendapatkan gold sebanyak mungkin yakni cara terbaik untuk mendominasi lawan.


Laning


Untuk mempertahankan semua jalur, pemain harus berpisah untuk melaksanakan kiprah laning. Setiap satria lebih cocok pada jalur tertentu tergantung kekuatan dan gaya bermainnya.


Abyssal Dragon Lane


Jalur ini juga disebut sebagai jalur terbawah atau ‘bottom lane’ atau ‘bot lane’. Karena lokasinya dalam pertandingan kustom atau pertandingan lawan AI. Lajur Abyssal biasanya tempat dimana seorang carry mengumpulkan kekuatan, baik sendiri atau dengan pinjaman seorang satria lain. Pemain di jalur ini perlu membunuh Abyssal Dragon (atau Engraged Abyssal Dragon) dikala dibutuhkan. Pembahasan wacana ini akan dibahas lebih lanjut nanti.


Middle Lane


Merupakan jalur terpendek diantara ketiga lajur dan yang paling berbahaya untuk dipertahankan. Merupakan jalur tengah yang memotong bab tengah seluruh peta. Meskipun bahaya, satria yang bertanggung jaawb di jalur middle lane biasanya sendirian biar bisa dengan cepat mendapatkan exp tanpa berbagi.


Hero yang cocok di middle lane yaitu satria yang bisa menyerang dari jarak jauh dan dengan kekuatan damage yang bisa cepat membersihkan gelombang minions. Kemampuan membersihkan gelombang minions dengan cepat bermanfaat biar sesegera mungkin membantu satria lain yang sedang berusaha menyapu jalur samping. Dapat dengan cepat melaksanakan perjalanan ke kedua sisi, satria di jalur tengah sanggup membantu mendorong seluruh tim maju.


Dark Slayer Lane


Disebut juga dengan jalur teratas atau ‘top lane’ alasannya lokasinya menyerupai mirip pertandingan game komputer dan game MOBA lain. Jalur Dark Slayer yakni jalur yang paling bersahabat dengan hewan tituler. Jalur ini yakni cerminan atau kebalikan dari jalur Abyssal Dragon dalam hal tata letak. Hero yang lebih tahan atas pukulan atau lebih berpengaruh terhadap damage dalam waktu yang usang cocok pada jalur ini. Yang berada di jalur Dark Slayer juga lebih sedikit mendapatkan dukungan dari sekutu.


Jungling


Pemain sanggup memulai permainan dengan melawan monster netral yang berada di hutan yang terletak di antara jalur. Sejumlah makhluk berada di hutan tersebut. Kedua tim bisa membunuh semua monster netral tersebut dengan mudah. Pemain yang fokus membunuh makhluk-makhluk tersebut ini dikenal sebagai “jungler”.


Membunuh monster-monster tersebut bermanfaat biar pemain mendapatkan poin ext lebih cepat sehinngga naik level juga lebih cepat ketimbang mencari poin exp di lane. Selain itu, ada sejumlah imbas khusus, atau “buff” yang bisa didapatkan melalui pembantaian makhluk khusus. Karena jungler biasanya tidak hadir di jalur, diharapkan satria yang mempunyai kemampuan damage yang besar biar bisa dengan gampang mencegah pelarian musuh.


Makhluk Epik


The Abyssal Dragon – Naga besar yang berada sendirian di pinggir sungai. Abyssal Dragon yakni objektif penting di game Arena of Valor. Kematian naga ini memberi bonus kepada tim yang membunuhnya dengan hadiah gold dan exp. Bonus yang didapat setara dengan dua kills, jadi jangan dianggap remeh. Namun, jikalau Abyssal Dragon berevolusi, akan bermetamorfosis Engraged Abyssal Dragon yang lebih kuat.


Dengan membunuh monster yang lebih berpengaruh ini sanggup memperlihatkan buff kepada setiap anggota tim buff yang sangat bermanfaat selama pertarungan tim. Terus tingkatkan tim kau dengan hadiah dan buff menyerupai ini sembari menghindari ketersediaan mahluk ini untuk lawan guna menjaga keseimbangan kekuatan yang menguntungkan. Dengan demikian, pemain harus memberi perhatian khusus terhadap status naga yang berada di Abyssal Dragon Lane.


Spirit Sentinel – yakni mahluk berbentuk kelelawar besar yang berada di depan Dark Slayer. Membunuh kelelawar ini berkhasiat untuk mendapatkan buff yang menyembuhkan dan mempercepat killing serta aksesori sejumlah kecil gold untuk tim.


The Dark Slayer – yakni makhluk netral yang terkuat, berwujud gorila raksasa yang berdiam di seberang Spirit Sentinel. Beberapa satria perlu bekerja sama untuk menaklukkan makhluk ini alasannya sangat berpengaruh baik menyerang maupun bertahan. Mengalahkan makhluk ini berkhasiat untuk mendapatkan kesehatan dan regenasi mana, dan mobilitas, sehingga menciptakan pahlawan jauh lebih berpengaruh dalam pertarungan tim.


Fase Permainan


Game Arena of Valor terdiri dari fase yang menyerupai dengan periode atau kuartal dalam olahraga tradisional. Namun, fase-fase nya longgar dikala tim mulai dan lebih tergantung pada apa yang telah terjadi sejauh ini dalam pertandingan daripada pada berapa banyak waktu telah berlalu.


Permainan Awal


Seperti namanya, ini yakni awal dari pertandingan. Pada awal pertandingan, pemain membangun kekuatan satria yang dimainkan dan sanggup dirasakan dikala musuh menyerang jalur yang dijaga. Hal tersebut disebut juga dengan “Laning Phase”( fase laning), alasannya banyak pemain memfokuskan waktu di jalur masing-masing. Dekat dengan minions yang saling bertarung satu sama lain akan memperlihatkan satria teresbut penghasilan gold dan exp yang stabil. Last hit (pemukulan terakhir) hingga minion mati memperlihatkan bonus emas dan exp yang lebih bagus. Akan tetapi, bisa menjadi berisiko juga bagi satria tersebut alasannya berhadapan dengan aturan emas MOBA:


Jangan Mati


Game MOBA menyerupai Arena of Valor menghukum berat yang heronya mati. Pertama-tama, musuh kau mendapatkan banyak gold dan exp jikalau membunuh satria kamu, sekaligus menambah kekuatan. Selain itu, pemain yang berhasil ditaklukkan juga menghabiskan waktu jeda dikala absensi satria nya, alasannya dikeluarkan dari pertempuran untuk beberapa saat.


Dengan demikian, satria yang mati tidak akan bisa mendapatkan sumber daya berharga yang diharapkan untuk mengimbangi musuh. Sekali lagi, emas yang dikumpulkan dikonversi secara pribadi menjadi kekuatan di game Arena of Valor, jadi membiarkan lawan unggul di awal pertandingan berakibat rawan kalah di selesai pertandingan. Bermainlah dengan aman, hindari penysupan berisiko ke wilayah musuh, dan sembuhkan damage sesegera mungki; lakukan apa yang harus kau lakukan biar satria kau tetap hidup.


Fase Pertengahan Permainan


Fase pertandingan pertengahan dimulai dikala menara-menara pertama, mulai rubuh. Para satria akan mulai berkeliaran dari jalur sau ke jalur lain untuk membantu anggota tim yang lain. Yang berarti pertempuran tim akan mulai sering terjadi. Tim perlu saling mendekat sesering mungkin, alasannya pemain yang berkeliaran sendirian yakni mangsa empuk bagi tim musuh yang terkoordinasi. Tim yang terkoordinasi atau terlatih dengan baik mempunyai kemampuan untuk mengakhiri aneka macam hal di fase ini, dan melalui fase permainan selanjutnya bersama-sama.


Akhir Pertandingan


Akhir permainan dimulai dikala para pemain mulai menuntaskan build item mereka. Pada titik ini, hampir seluruh permainan terdiri dari pertarungan tim dan periode siaga tempur. Dengan demikian, setiap pemain harus bersatu sesering mungkin. Pada fase ini, waktu respawn (muncul lagi sesudah mati) satria jauh lebih usang dibandingkan fase menengah dan awal. Akibatnya, satu Ace (semua satria di tim mati) beresiko kalah di selesai pertandingan. Saat para satria menuntaskan upgrade item, tingkat kekuatan sudah sangat maksimal. Perbedaan kekuatan antara tim akan sangat terasa. Tim yang bertahan meskipun sebelumnya level itemnya tertinggal di bawah punya musuh, masih mempunyai kesempatan untuk menang jikalau bisa bertahan selama pertandingan.


Apa yang Diperlukan untuk Memulai Main Ranked Mach di AoV


Panduan Pemula – Pelajari dengan serius panduan yang diberikan Arena of Valor yang berada di screen pada dikala gres daftar dan masuk. Cari tahu cara menavigasi game ini dan pelajari dasar-dasar lain menyerupai monster ada di hutan.


Daftar Hero – Halaman atribut satria lengkap (termasuk informasi mengenai jarak serangannya, rentang kemampuan, dan prosedur kemampuan yang tidak akan kau temukan di game atau di situs lain), panduan masing-masing hero, dan pemilihan item yang cocok untuk hero-hero tertentu.


Panduan Item AoV – Setiap item mempunyai fungsi masing-masing, dan setiap jenis item ada levelnya dan bentuknya juga berbeda-beda. Perlu mengetahui mana yang harus kau sertakan dalam build item satria kamu. Selain itu, item mana yang kau perlukan dikala satria musuh memakai item-item tertentu biar serangan dan bertahan bisa dominan.


Nah, semoga pemula yang bertanya apa itu AoV juga tertarik untuk memainkan game yang adiktif ini. Akan tetapi, sangat disarankan biar mempelajari kemampuan beberapa satria terlebih dahulu, biar tidak kalah pada dikala ranked match. Karena jikalau kalah dikala ranked match, kau beresiko terkena eksekusi pengurangan nilai credibility score apabila kau bermain tidak kooperatif dengan tim.



Sumber https://www.wongunik.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengenal Game Arena Of Valor (Aov) Dan Proses Dalam Permainannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel