-->

iklan banner

Rumus Dan Pembahasan Dilema Deret Geometri Kelas 10

Rumus dan Pembahasan Masalah Deret Geometri Kelas 10 - Selamat siang semuanya, jumpa lagi nih dengan Ilmu Sains Online. Pada pertemuan ahad lalu, kita sudah membahas mengenai barisan dan deret aritmatika. Nah, pada hari ini, admin akan membahas mengenai Materi Barisan dan Deret Geometri. Untuk pola soalnya, menyusul saja ya hehe. Kalian sudah pernah membaca bahan ini atau belum? jikalau sudah tidak ada salahnya untuk lebih memahami lebih dalam, bagi yang belum eksklusif saja simak materinya.

Rumus dan Pembahasan Masalah Deret Geometri Kelas  Rumus dan Pembahasan Masalah Deret Geometri Kelas 10
Google Image - Rumus dan Pembahasan Masalah Deret Geometri Kelas 10

Rumus Menyelesaikan Masalah Deret Geometri. didalam bahan matematika, kita mengenal barisan dan deret aritmatika, dan barisan dan deret Geometri. Tentu saja diantara keduanya mempunyai sedikit perbedaan baik dari pengertian maupun rumus yang dipakai untuk menuntaskan problem - problem yang berkaitan. Pada hari ini kita akan membahas, Pengertian Baris Geometri, Deret Geometri dan Deret geometri tak hingga.


Cara Praktis Menyelesaikan Masalah Deret Geometri



Selain aritmatika, soal - soal yang akan keluar pada ujian nanti ialah salah satunya perihal deret geometri ini. Biasanya kalian diminta untuk memilih jumlah n suku pertama jikalau nilai suku atau rasionya diketahui. Untuk itu, simak baik - baik ya bahan berikut ini.

1. Rumus dan Pembahasan Barisan Geometri


Barisan geometri merupakan barisan suatu bilangan yang mempunyai nilai perbandingan setiap satu suku dengan suku sebelumnya selalu sama. Perbandingan antara dua suku yang berurutan dalam barisan geometri disebut dengan Rasio (r). Rumus umum yang kita gunakan untuk menuntaskan problem barisan geometri ialah sebagai berikut:

Un = ar^n - 1

Dimana:

Un = suku ke-n
a = suku pertama
r = rasio
n = banyaknya suku

Contoh:

Diketahui suatu barisan geometri sebagai berikut. Suku pertama dari barisan tersebut ialah 5. Barisan tersebut mempunyai rasio 9. Berapakah suku ke-4?

Jawab

Un = ar^n - 1
Un = 5 x 9^4 - 1
Un = 5 x 9^3
Un = 3645

Kaprikornus suku ke-4 ialah 3645.


2. Rumus dan Pembahasan Deret Geometri


Deret geometri adalah penjumlahan dari suku - suku suatu barisan geometri. Bentuk umum jumlah n suku pertama dari suatu deret geometri dituliskan sebagai berikut:

Sn = a(1 - r^n)/1 - r

atau

Sn = a(r^n - 1)/r - 1

dengan:

Sn = jumlah n suku pertama
a = nilai suku pertama
r = rasio
n = banyaknya suku


3. Rumus dan Pembahasan Deret Geometri Tak Hingga


Deret geometri tak sampai dibagi at dua jenis, yaitu: deret geometri konvergen (memusat) dan deret geometri divergen (memencar)

a. Deret Geometri Konvergen (memusat)

jikalau -1 < r < 1 maka S tak sampai = a/1 - r

b Deret Geometri Divergen (memencar)

Jika r < -1 atau r > 1 maka S tak sampai = tak hingga.


Rumus dan Pembahasan Masalah Deret Geometri Kelas 10 - Nah, inilah yang sanggup ilmu sains olnine berikan kepada kalian semua. Semoga bermanfaat ya. Untuk pertemuan selanjutnya akan kita bahas pola soalnya. Sebab dengan membahas pola soalnya kita akan menjadi lebih paham dengan bahan diatas. Jika kalian suka dengan artikel - artikel yang diposting oeh ilmu sains online, sanggup di share ya untuk gosip bagi yang lain. Terimakasih.

Sumber http://www.ilmusainsonline.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rumus Dan Pembahasan Dilema Deret Geometri Kelas 10"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel