-->

iklan banner

Pengertian Makalah Dan Jenisnya

Pengertian makalah banyak dideskripsikan sebagai laporan karya ilmiah berupa kiprah sekolah atau kuliah. Pengertian sederhana ini memang tidak salah, hanya saja kurang lengkap. Perlu dicatat, makalah merupakan karya ilmiah dalam wujud tulisan. Namun, karya tulis ilmiah banyak jenisnya. Makalah hanyalah salah satu diantaranya.


Postingan ini akan mencoba menjelaskan pengertian makalah berdasarkan para ahli. Berbagai pengertian dikemukakan untuk dicari benang merahnya biar pembaca memperoleh pemahaman yang rigid wacana apa itu makalah.






Pengertian makalah


Terjamahan istilah ”makalah” ke dalam Bahasa Inggris yaitu ”paper”. Secara implisit mengandung arti bahwa makalah merupakan karya tulis. Karya tulis apa?


Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan makalah sebagai,


(1) goresan pena resmi wacana suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum dalam suatu persidangan dan sering disusun untuk diterbitkan;


(2) karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan kiprah sekolah atau perguruan tinggi.


Kedua definisi tersebut mengonfirmasi bahwa makalah yaitu goresan pena resmi, karya tulis berupa kiprah sekolah atau kiprah kuliah. Sebagai goresan pena resmi, makalah mempunyai struktur atau kerangka kepenulisan yang sistematis dan ilmiah. Ilmiah artinya objektif, empiris dan logis. Bahasa yang dipakai juga bahasa resmi, dalam hal ini bersifat akademis.







Makalah yang ditulis untuk kasus pembelaan di persidangan hukum, misalnya, harus memakai bahasa yang resmi berdasarkan peraturan persidangan. Sebagai laporan final siswa atau mahasiswa, makalah harus ditulis dengan bahasa resmi berdasarkan kaidah kepenulisan di sekolah atau perguruan tinggi.


Beberapa pakar mendeskripsikan pengertian makalah sebagai berikut:


• Sudjiman mengartikan makalah sebagai sebuah karangan bukan fiksi, berbentuk prosa yang membahas topik tertentu.


• Zaenal Arifin menyampaikan bahwa makalah yaitu karya tulis ilmiah yang mengkaji permasalahan berdasar pada data lapangan yang objektif dan empiris.


• Surakhmad mendefinisikan makalah sebabgai segala jenis kiprah kuliah yang diselesaikan tertulis, baik bersumber utama pada buku atau karangan wacana topik tertentu.


• Tanjung dan Ardial mengartikan makalah sebagai karya tulis yang membahas suatu dilema tertentu yang ditulis secara sitematis dengan analisis yang logis dan objektif.


• Poerwadarminta mengatakan makalah sebagai sebuah uraian tertulis yang membahas wacana suatu permasalahan biar menerima pembahasan lebih lanjut.


Bebebrapa uraian di atas mempunyai kesamaan, yaitu melihat makalah sebagai suatu karya tulis yang ditulis sistematis dan sesuai kaidah ilmiah; objektif.


Pengertian makalah banyak dideskripsikan sebagai laporan karya ilmiah berupa kiprah sekolah Pengertian Makalah dan JenisnyaSering kali kita menerima kiprah untuk menciptakan makalah. Lalu, kita mulai browsing wacana makalah itu apa, bagaimana kerangka tulisannya, dan bahasa yang seharusnya digunakan. Secara simplistik, sekali lagi, kita sanggup pahami bahwa makalah yaitu karya tulis ilmiah.


Namun sebagaimana yang sudah disinggung di awal, karya tulis ilmiah banyak jenisnya. Makalah hanya salah satunya. Beberapa jenis karya tulis ilmiah yang sanggup disebutkan di sini misalnya, skripsi, tesis dan disertasi. Ketiganya mempunyai fungsi utama sebagai prasyarat kelulusan jenjang formal pendidikan di pergurunan tinggi. Skripsi untuk lulus S1, tesis untuk S2 dan desertasi untuk S3. Demikian prasyarat kelulusan yang ditetapkan di Indonesia.


Lalu, apa saja jenis-jenis makalah?








Berdasarkan definisi yang sudah dipaparkan di atas, kita sanggup membedakan beberapa jenis makalah.


» Makalah persidangan. Makalah ini dibentuk khusus untuk keperluan persidangan. Dibacakan di hadapan hakim, jaksa, dan audiens yang hadir.


» Makalah kiprah sekolah. Makalah ini diberikan oleh guru kepada murid sebagai kiprah sekolah. Ditulis dengan standar kerangka makalah yang ditetapkan sekolah. Sistematika kepenulisan makalah kiprah sekolah umumnya mengikuti kaidah dasar kerangka makalah, yaitu terdiri dari pendahuluan, pembahasan dan penutup.


» Makalah kiprah kuliah. Makalah ini diberikan oleh dosen kepada mahasiswa sebagai kiprah kuliah. Standar dan sistematika kepenulisan yang dimiliki juga berbeda. Makalah kiprah kuliah harus sesuai dengan kerangka penelitian ilmiah. Selain mengandung potongan pendahuluan, pembahasan, dan penutup, makalah kiprah kuliah perlu melibatkan abstrak, tunjauan pustaka, dan metodologi.


» Makalah penelitian. Makalah ini ditulis untuk disampaikan kepada publik dalam forum-forum diskusi. Diskusi yang dimaksud sanggup berupa seminar, lokakarya, simposium, panel, dan koferensi.


Keempat jenis makalah di atas mempunyai kerangka kepenulisannya masing-masing.


Baca juga Kerangka Makalah: Contoh dan Penjelasannya



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Makalah Dan Jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel