-->

iklan banner

√ 7+ Teladan Cerpen Singkat Beserta Struktur Dan Unsurnya

Contoh Cerpen Singkat – Cerita pendek atau yang biasa orang sebut dengan cerpen ialah bentuk karangan yang berbentuk prosa naratf fiktif. Cerpen pendek lebih mengarah pada dongeng yang singkat, padat dan eksklusif mengarah pada tujuan. Berbeda dengan karya fiksi yang lain lantaran lebih panjang contohnya ibarat novel. Pengertian cepen secara umum ialah jenis karya sastra yang menceritakan kisah atau dongeng wacana insan beserta latar belakang dan masalahnya lewat goresan pena pendek yang singkat.


Selain itu, pengertian cerpen ialah karangan fiktif yang mengandung wacana kehidupan seseorang atau kehidupan yang diceritakan dengan ringkas dan  padat yang hanya terfokuskan pada tokoh tertentu. Disini akan kami coba ulas secara lengkap apa definisi cerpen, unsur intrinsik cerpen , unsur ekstrinsik cerpen , struktur cerpen , dan tentunya kumpulan referensi cerpen singkat yang seru untuk anda simak.


Perlu sahabat sahabat ketahui bahwa contoh cerpen singkat atau dongeng pedek mempunyai kata kurang dari 10.000 kata atau kurang dari 10 halaan. Cerita pendek hanya menawarkan kesan tunggal yang hanya memusatkan diri pada satu tokoh dan satu situasi. Berikut pengertian dongeng pendek berdasarkan beberapa para andal disertai kumpulan referensi cerpen singkat yang sanggup anda simak.


 Cerita pendek atau yang biasa orang sebut dengan cerpen ialah bentuk karangan yang berbe √ 7+ Contoh Cerpen Singkat Beserta Struktur dan Unsurnya


Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli :



  1. S Badudu


Cerita pendek yang  Ceritanya terkonsentrasi hanya pada satu insiden yaitu insiden yang menumbuhkan insiden sendiri.



  1. Sumarjo


Cerita pendek ialah dongeng yang fiksi atau tidak benar terjadi akan tetapi sanggup saja terjadi kapan dan dimana saja selain itu dongeng ini relative singkat.



  1. Allan Poe


Cerita pendek ialah bacaan singkat yang sanggup dibaca dengan sekali duduk yang memakan waktu hanya setengah jam hingga dua jam, mempunyai genten imbas tunggal, karakter, plot, dan setting yang terbatas, tidak bermacam-macam dan tidak kompleks. Penulis tidak menceritakan lengkap mlatar belakang hihudapan tokohnya secara mendalam, tetapai hanya menceritakan bab penting kehidupan tokoh yang penting dan mempunyai fungsi guna mendukung dongeng yang akan dimuat dengan mempunyai tujuan semoga penulisan hemat lantaran terbatasny ruang penulisan.


Kumpulan Contoh Cerpen Singkat :


Berikut beberapa referensi cerpen singkat  atau dongeng pendek singkat yang bertemakan cerpen singkat persahabatan, cerpen singkat cinta romantis, cerpen singkat lucu, dan cerpen singkat pendidikan. Berikut ini lah referensi cerpen singkat yang sanggup sahabat sahabat simak.


Contoh cerpen singkat  jenis ini sangat disukai bahkan menjadi referensi cerpen yang banyak di cari oleh pembaca, maka dari itu referensi cerpen singkat ini menjadi favorit anak usia pelajar yang niscaya sedang mengalami masa menjalin kekerabatan persahabatan di sekolahnya.


 Cerita pendek atau yang biasa orang sebut dengan cerpen ialah bentuk karangan yang berbe √ 7+ Contoh Cerpen Singkat Beserta Struktur dan Unsurnya


Contoh Cerpen Lucu Singkat :



Madu


Di pagi hari, sarah sedang mengobrol dengan sari sangat seru.

“sar, pendapatmu didi suka cewek yang gimana ya?”

“kayaknya gak aneh – aneh deh ya yang masuk akal – masuk akal aja, sederhana gitu.” Jelas sari.

“oh kalau gitu gak suka sama cewek yang pake lipstick dong ya” Tanya sarah.

“ iya mungkin”

“terus gimana caranya semoga bibir selalu merona?”

“pakai saja madu dan campur sedikit gula untuk dijadikan scrub gunakan setiap malah akan tidur.”

“oke akan saya coba nanti, demi pangeran hati. Hehehe.”

“bentar lagi kana da pekan raya kampus, coba buktikan dengan menggunakannya setiap malam>”

“iya, saya akan tampil semaksimal jga.” Beberpa hari kmudian ketika mencoba madu. Sbelum program di mlai, sasa tambil ibarat yang dikatakan kepada sari. Lalu si sari melihat sasa dan sangat terkejut.

“kenapa bibirmu? Kok merah banget, kau menggunaka berapa liter madu dan berapa kilo gula? Itu sensual apa bonyok?” Tanya sari.

“ini lantaran gigitan semut tiap malem tau gak sih! Sangking sensual dan merah gini, bener pengorbanan sekali.” jawab sasa.



Contoh Cerpen Singkat Tentang Pendidikan


Contoh cerpen singkat jenis ini memuat wacana pendidikan yang tak jauh – jauh dari lingkungan sekolah dan semacamnya . Berikut cerpen pendidikan berjudul “bisnis”



Bisnis


Sasa seorang mahasiswi lulsan pertanian yang lebih tertarik dengan berbisnis dari pada keja di kantor. Dia menjual produk olahan sendiri yang dibuat dari hasil penelitiannya sendiri di kampus. Produknya yaitu sambal yang dicampur dengan rumput maritim yang mempunyai nilai jual hemat dan yang pastinya sehat untuk tubuh.


Dia memasarkan produknya hanya dikalangan sahabat seperkuliahan dari dosen dan sftaff juga menjadi tujuan pasarnya. Hasil penellitiannya menjadi hasil terbaik pada tahun 2017 lalu. Harganya yang sangat hemat sesusai dengan dompet mahasiswa selain itu produknya mengandung banyak kesehatan.


“sa, kenapa kau tertarik di dunia bisnis sih kau kan termasuk mahasiswa berprestasi pastinya perusahaan besar juga mendapatkan kau untuk menjadi karyawannya. Belum lagi produkmu sangat hemat sekali harganya, gimana sanggup mampu keuntungan?” Tanya sahabat kepadanya.


“iya sih memang, meskipun saya sanggup menjual produkku dengan harga tinggi apalagi bermanfaat bagi kesehatan . saya juga sanggup kerja di perusahaan besar dengan honor tinggi tapi maag saya tidak menginginkan itu semua. Aku hanya senang apabila pekerjaanku sanggup bermanfaat untuk orang lain.” Jelas sasa. Mendengar penjelasnnya temannya sektika diam.



Contoh Cerpen Persahabatan


Berikut referensi cerpen pendek persahabat berjudul “sahabat tak sanggup di samakan dengan pacar.



Sahabat Bukan Kekasih


Mata tak sanggup memandang manda yang benar dengan sesungguhnya, namun hati sanggup mencicipi mana yang benar mana yang salah. Saat mata melihat kebenaran terkadang hati tak singkron dengan mata. Mata berilmu untuk mengalihkan mata hati kita.”


Itu yang terjadi kepada dua sahabat yang menjadi lawan. Putri seorang gadis sederhana dari keluarga sederhana  yang mempunyai sifat toleransi tinggi kepada sesame, rendah hati, dan sangat amat ramah pada setiap orang. Dia mempunya seorang sahabat yang ia sayangi berjulukan wati, ia anak dari keluarga yang berada dan sangat memanjakan wati. Tetapi, wati tak gembira dengan kekayaan yang telah dimiliki kedua orang tua, kasih sayang ialah bab yang sangat berhaga baginya.


Mereka sudah dekat mulai duduk di kursi SD, begitu pun hingga kini mereka telah satu sekolah Sekolah Menengan Atas di salah satu Sekolah Menengan Atas swasta favorit di kota besar yaitu Jakarta.  Putri ialah salah satu seorang murid yang medapatkan beasiswa di sekolah tersebut sedangkan wati seorang anak pemilik yayasan  sekolah tersebut. Mereka bagaikan seorang abang dan adik lantaran mereka selalu bersama.


Selain itu mereka mempunyai catatan prestasi yang sangat amat baik dan selalu bersain. Tapi mereka berdua tetap selalu sportif dan tidak pernah menjadi masalah. Setiap mereka bersama orang selalu merasa iri ketika melihatnya, begitupun dengan ria anak kepala sekolah yang mempunyai sifat  yang sangat amat manja, semua yang ia ingin kan harus di sanggup ketika itu juga.


Pada suatu hari ia mempunyai niat untuk memisahkan kedua sahabat ini. Dia meminta rendy yaitu kakanya untuk mendekati wati dan putri supaya mereka berpikir kalau rendy menyukai mereka berdua. Rendy pun sepakat dengan rencana ria  kemudian rendy menjalankan rencana itu. Perlahan rendy mendekati satu persatu wati dan dan putri. Tak disangka wati dan putri juga suka kepada rendy. Pada kesudahannya putri menyerah dan membiarkan rendy dengan wati lagian mereka juga serasi.


Mereka berdua kini jadi terlihat jarang bersama, dikarenakan wati kini jadi seiring jalan – jalan dengan rendy.saat itu juga rendy menghasut wati dan putri. Sehingga pada ketika itu wati sangat membenci putri lantaran ia berpikir putri ialah seorang sahabat yang sengaja memanfaatkan kekayaannya saja.


Dia juga dengan praktis menuduh putri tidak suka melihat wati dan rendy berpacara. Tuduhan selalu berdatangan ke putri. Putri nyatanya tidak ibarat itu ia mencoba membelah dirinya dan menawarkan penjelaskan yang sebetulnya kepada wati. Tetapi wati sudah tak mau mendengar klarifikasi putri lantaran suda terkena hasutan dari ria dan rendy.


Putri sangat kecewa atas perilaku wati jadi ibarat itu, ia sangat amat sayang lantaran perubahan sikapnya pada dirinya. “kenapa, kenapa kau jadi ibarat ini watii?” bisik putri kepada wati ketika pulang sekolah dan ketika itu hujan turun dengan rintik. Untungnya ketika itu hujan sedang turun jadi tak ada orang yang tau kalau ia menangis, sakitnya ibarat pisau yang ditusukkan ke dada oleh sahabatnya sendiri. Wati tidak meandang lagi sebagai sahabat. “ya yang kuasa apa ini yang namanya sahabat yang berubah mejadi lawan?” berbisik sambil menangis.


Kemana putri dan wati yang selalu bersama kemana pun mereka berada, selalu kompak dalam hal apapun. Saat itu lah sekolah tak dihasi senyum tertawa mereka, semua isi sekolah rindu dengan senyum dan bunyi tertawa mereka. Hanya rendy yang senang lantaran hancurnya persahabatan mereka berdua. Putri sangat kecewa pada  kejadian ini.


Wati tak sengaja ingin menemui rendy ke kelasnya secara tidak sengaja wati mendengar percakapan rendy dengan ria wacana membicarakan dirinya dan putri. Wati pun sangat terkejut tak habis piker ternyata mereka berdua telah melaksanakan semua yang telah terjadi ini. Tanpa usang berikir wati pun lansung menapar rendy dan memutuskan kekerabatan mereka yang sengaja merencenakan semua ini.


Wati eksklusif berlari meninggalkan rendy dan ria dengan menangis menuju kelas putri, wati sangat menyesal atas perbuatannya kepada putri yang mengorbankan persahabatan ini hanya untuk laki – laki yang mempermainkannya semoga berpisah dengan sahabatnya putri. Tetapi setibanya di kelas ia tidak melihat putri di kelas kemudian ia menanyakan dengan sahabat yang ada di klas, ternyata putri sudah 2 hari tidak masuk sekolah dan sedang di rawat di rumah sakit.


Seperti tersambar petir hati eksklusif menangis, bagaimana sanggup ia hingga tidak tau kalau putri di rawat di rumah sakit. Apa sakitnya separah itu hingga di rawat di rumah sakit. Sepertinya putri tidak punya riwayat penyakit apa – apa. Sampai di rumah sakit ia bertemu ibu putri, ibu putri terlihat sangat amat sedih dengan pasrah duduk di depan ruang ICU. Wati pun semakain takut, tak usang dokter keluar dari ruangan, dan ia ber kata “ibu, yang tabah dan tabah jangan hingga berhenti berdoa untuk anak ibu, kita hanya sanggup pasrah menungu keajaiban dari tuhan.”


Seketika tubuhku terasa lemas jantungku berdegub kencan. Ya yang kuasa apa yang terjadi pada putri. Aku minta maaf puri, maafin sema salahku belakangan ini, bisik wati dalam hati dengan air mata yang terus mengalir. Ibu putri dongeng sebetulnya putri mengidap penyakit leukimia sudah 2 tahub ini. Dan ternyata ia menyembunyakan penyakitnya dari kelurga dan juga sahabatnya.


Kabar ini menciptakan wati semakin merasa bersalah. Sebelum di rawt di rumah sakit putri menitipkan selembar surat untuk wati. Setelah itu putri tersadar kemudian senyum kepada wati dengan berkata “sebelum kau tahu tantang rencana meraka saya sudah memaafkanmu.” Tak usang sehabis mengucapkan kalimat tersebut putri kembali menutup mata untuk selama – lamanya, wati sangan menangis dan memeluk sahabatnya dan berbisik kau ialah kawanku bukan lawanku. Terimakasih dan maaf untuk semua kesalahanku. Tunggu saya disana sahabatku, putri.



Contoh Cerpen Cinta Romantis



Cowok Itu Super Cool dan Cuek


“dila, tadi kau di tanyain bagas anaknya bos minyak itu.” Eli menyambung pada dila tetapi dila sedikit genit. Dila melongo dengan membaca teks lagu yang bakal dinyanyikannya 2 ahad lagi di program kampus.


“kamu kenapa? Teman, tampaknya kau sedang bimbang.”


“bacalah puisi ini. Kamu bakal paham apa maksudnya?” dengan menawarkan teks lagu yang diambil dari sebuah puisi.


“ini karya doni ya? Anak dingin dan membisu itu? Kamu masih mikirin dia?” dila mengangguk.


Tak usah menyampaikan yang namanya cinta niscaya tetap cinta, irismu sangat indah


Sampai hatiku sangan terkejut


Hati sanggup patahkan sema logika


Kedatanganmu sebuah cahaya di kegelapan


Mawarnai ketika hati ku hitam


Memberi nafas di lorong


Percaya cinta itu ada


Taka da kicau burung terbang sangat bebas


Mereka hidup bebas


Seperti bahagiamu


Ketika saya menghampirimu sayang


“pasti ini pesan doni buat aku. Aku yakin kita mencicipi hal yan sama. Kenapa ia membisu saja?” Tanya dila ke eli yang sedang membaca teks.


“ saya gak tau kenapa kau sanggup jatuh cinta dengn laki – laki ibarat itu.”


“dia beda , ia unik dari yang lain dan sorot matanya sangat tajam sekalai. Membuatku melayang.’ Jelas dila.


“tapi mana ada cinta yang hanya diam? Harus ada yang berbicara salah satu.” Ucap eli.


Sehari, bahkan hingga seminggu dila tak sanggup menahan perasaanya ke doni dan eksklusif menemui doni. Mereka berbicara di taman dekat kampus.


“ada apa ya?’ Tanya doni


“ saya mau bilang sesuatu yang serius “ kata mira dengan terbata – bata.


“maaf di saya ada ujian besok aja ya.” Sambung doni sambil meninggalkan dila.


“aku mencintaimu” kata mira dengan nada teriak


Doni hanya berhenti sebentar kemudian berjalan meninggalkan dila. Dila menangis ketika itu juga lantaran percuma ia mengungkapkan perasaannya.


Beok, ia dipanggil orangtuanya semoga pulang ke rumahnay dari kost.


“tadi ada lakii – laki tiba ke rumah melemar mu, ia tampaknya anak baik, ayah mengetahui berapa kseriusannya dari kata-katanya.” Kata ayah


Dila tak tertarik dengan perkataan ayahnya.


“maaf yah, dila tak ingin menikah untuk ketika ini, saya kurang yummy tubuh dan ingin ke kamar saja.” Kata mira kemudian meninggalkan ayah dan ibunya di meja makan.


Dia berjulukan doni.” Celetuk ibunya


Seketika hatinya eksklusif bergejolak wajah yang awalnya sedih seketika eksklusif ceria dan matanya berbinar – binar.


“Apa iya bu?.”


“Iya benar nak.”



Ciri Ciri Cerpen


Setelah anda mengulas kumpulan referensi cerpen singkat diatas, akan lebih baik kalau anda simak juga apa saja ciri ciri , struktur, dan unsur intrinsik + ekstrinsik cerpen. Ciri – ciri cerpen yang harus dipahami ketika akan menciptakan dongeng pendek atau membedakan dongeng pendek dengan karangan dongeng lainnya dengan mudah. Cerpen mempunyai ciri – ciri umum yaitu karangan yang singkat, sederhana, memmiliki duduk kasus tunggal, dan habis dibaca sekali duduk. Selain itu ada beberapa ciri – ciri dongeng pendek yang lainnya. Sebagai berikut :



  1. Cerita pendek mempunyai kata 10.000 kata tidak lebih dari itu.

  2. Cerita pendek mempunyai batas penulisan yang pendek dan singkat dari pada novel.

  3. Tak sedikit dongeng pendek mempunyai isi dongeng berasal da menggambarkan wacana kehidupan sehari – hari.

  4. Cerita pendek bukan menggambarkan seluruh kisah pada para tokohnya dalam cerita, tetapi hanya menceritakan tokoh utama atau hanya bercerita poin utamanya saja.

  5. Tokoh yang diceritakan pada dongeng pendek mengalami duduk kasus dari tahap awal hingga tahap penyelesaian.

  6. Memiliki sifat fiktif.

  7. Dalam penulisan cerpen sendiri mempunyai kata yang sangat sederhana sehingga memudahkan pembacca untuk memahami dan mengerti isi cerita.

  8. Cerita pendek bercerita hanya satu insiden saja dan menggunakan dongeng tunggal dan lurus.

  9. Saat membaca dongeng pendek tidak memakan waktu yang usang sekitar setengah jam atau dua jam paling lama.

  10. Cerita pendek memberikan pesan dan kesan yang begitu mendalam maka dari itu pembaca hingga ikut mencicipi apa yang tokoh alami dan mencicipi kesan dari dongeng yang di tulis tersebut.


Struktur Cerpen :


Saat akan menciptakan referensi cerpen singkat atau dongeng pendek, hal yang sangat bahkan harus diperhatikan yaitu Stuktur teks cerpen  atau kerangka cerpen. Struktur cerpen antara lain abastrak, orientasi, komplikasi, evalasi, resolusi, dan yang terakhir koda. Berikut beberapa struktur cerpen beserta penjelasannya.,



  1. Abstrak


Struktur cerpen yang bab rinkasan dari cerita, absurd bagaian dari inti dongeng yang kemudian dikembangkan menjasi beberapa kejadian. Abstrak bsa disebutt citra awal cerita. Abstrak juga mempunyai sifat yang opsional dimana penulisnya sanggup menggunakan atau tudak menggunakan absurd dalam dongeng pendek.



  1. Orientasi


Struktur cerpen yang berafiliasi dengan tepat, waktu, dan suasana yang ada dalam cerita. Orientasi tidah hanya focus dengan satu tempat, waktu atu suasana saja lantaran dongeng pendek banyak mempunyai kejadian peristiea yang berbeda – beda.



  1. Komplikasi


Struktur yang rangakian peristiwanya berafiliasi dan menceritakan mengenai alasannya ialah akhir insiden di sebuah certa pendek. Pada struktur ini sanggup ditentukan huruf atau tabiat yang bagaimana dari tokoh dongeng pendek. Karakter atau tabiat dari tokoh sanggup muncul lantaran sulitnya pernasalah yang sudah mulai meningkat.



  1. Evaluasi


Struktur cerpen ini yang berasal dari duduk kasus yang terjadi dalm dongeng pendek yang mengarah pada klimaks permasalahan yang terjadi dan mulai muncul adanya penyelesaian dari duduk kasus yang ada. Pada struktur ini merupakan hal yang penting lantaran yang menemtukan menarik atau tidaknya dongeng pendek.



  1. Resolusi


Struktur cerpen yang merupakan penyelesaian dari evaluasi. Bagian ini sangat ditunggu  tunggu oleh pembaca, apalagi kalau pembaca sudah terbawa suasana kemudian ingin tau dengan kelanjutan cerita. Pada bab ini penulis memberi solusi bagai mana duduk kasus yang di alami oleh tokoh di dongeng pendek.



  1. Kosa


Struktur ang mengandung pelajaran atau nilai yang sanggup diambil dari dongeng pendek tersebut. Bagianini mempunyai pesan tersirat yang terkandung dari dalam dongeng pendek. Bagian ini biasanya diketahui sehabis pembaca menuntaskan dongeng dari awal hingga final dongeng pendek. Bagaian ini biasanya berupa nasehat, amanat, pesan atau peringatan dari penulis untuk pembaca.


Unsur Intrinsik Cerpen :


Karya sastra umumnya mempunyai unsur – unsur yang sanggup membangun, berikut ini unsur intrinsik cerpen dan unsur ekstrinsik cerpen yaitu :



  1. Tema


Unsur yang menjadi pikiran pokok sebuah cerpen singkat yang menjadi dasar dari pengembangan dongeng cerpen singkat. Cerita pada referensi cerpen tidak sanggup dikembangkan kalau menjadi dongeng yang sanggup mearik dengan tema dalam tema dongeng sanggup ditentukan sehingga dongeng sanggup dipahami oleh pembaca.  Contoh dari beberapa tema cerpen singkat yaitu kehidupan sekolah, kematian, usaha hidup dan lain sebagainya.



  1. Latar


Usur yang menggambarkan waktu, tempat, dna suasana yang sedang terjadi di dalam ceriat. Latar merupakan bab yang harus ada dam dongeng lantaran pembaca mengetahi suasa yang terjadi di dalam cerita. Karena suasana sanggup menghipnotis pembaca semoga menghayati cerita.



  1. Alur atau plot


Unsur intrinsik yang merupakan rangkaian ceritan dibuat dengan tahapan insiden kemudian sanggup menjalin dongeng yang dihadirkan oleh tokoh dalam cerita. Berikut 3 jenis alur yang pertama alur maju, alur mundur, dan alur campuran.



  1. Penokohan atau perwatakan


Pada sebuah cerpen singkat, unsur intrinsik yang menggambarkan huruf atau sifat tokoh dalm erita. Ada dua cara dalam menggambarkan tabiat tokoh dalam dongeng yaitu analotik atau eksklusif dan dramatic atau tidak langsung, protagonist, antagonis, dan tirtagonis.



  1. Sudut pandang


Unsur intrinsik cerpen yang menggambarakan kedudukan pnulis dalam cerita. Unsur ini mempunyai beberapa macam sudut pandang yaitu sudut pandang orang pertama, sudut pandang orang ketiga, dan sudut pandang orng campuran.



  1. Amanat


Unsur instrinsik cerpen yang mengandung pesan atau nasehat dari penulis untuk pembaca yang ada dalam cerita, disampaikan cecara eksplisit atu immplisit.



  1. Gaya bahasa


Unsur intrinsik cerpen yang mengatur cara penulis semoga mengungkapkan pemikiran atau wangsit dengan menggunakan bahasa yang unik dank has dengan itu sanggup menawarkan kesan ke indahan bahasa.


Unsur Ekstrinsik Cerpen :


Didalam sebuah referensi cerpen singkat, Unsur ekstrinsik ialah unsur yang membangun dongeng dari luar. unsur ini tidak sanggup ditemui didalam karya sastra, tetai unsur ini berafiliasi dengan hasi karya sastra yang sudah dibuat penuls. Berikut unsur ekstrinsik cerpen.



  1. Unsur biografi


Unsur yang merupakan latar belakang penulis.  Karena kalau latar belakang menyentuh hati pembaca, pembaca akan terbawa alur cerita.



  1. Unsur sosial


Undur yang mempunyai kekerabatan dengan kondisi masyarakat. Seperti mengenai keadan pemerintah cerpen ini mengandung sindiran terhadap masyarakat.



  1. Unsur nilai


Unsur yang mempunyai nilai yang berkatiran dengan pendidikan, seni, aturan atau yang lainnya. Nilai yang terkadung menjadi salah satu daya tarik sehingga sanggup memberi imbas pada pembaca.


Baca juga : Unsur intrinsik novel


Demikianlah ulasan lengkap mengenai definisi cerpen, unsur intrinsik cerpen , unsur ekstrinsik cerpen , struktur cerpen , dan tentunya kumpulan referensi cerpen singkat yang seru dan menarik. Banyak sekali referensi cerpen singkat yang sanggup anda ulas diatas, misalnya cerpen singkat persahabatan, cerpen singkat cinta romantis, cerpen singkat lucu, dan cerpen singkat pendidikan. Besar impian kami artikel kumpulan referensi cerpen singkat diatas sanggup menawarkan manfaat untuk sahabat sahabat semuanya. Sekian dan selamat membaca!



Sumber https://carajuki.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ 7+ Teladan Cerpen Singkat Beserta Struktur Dan Unsurnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel