-->

iklan banner

Menghitung Jumlah Huruf Di Excel

Fungsi len merupakan salah satu function yang terdapat pada aplkasi ms.excel yang berkhasiat untuk menghitung banyaknya jumlah aksara pada suatu string teks.

SIintaks Fungsi Len

LEN(teks)
  • teks merupakan sebuah strings teks pada suatu sel  yang akan dihitung jumlah karakternya.

1. Fungsi Len


Manfaat penggunaan fungsi len ini yaitu menghemat waktu kalau dibandingkan harus menghitung satu per satu aksara pada suatu strings teks kalau diperlukan.

Sebagai pola menghitung jumlah aksara pada masing-masing strings teks pola gambar fungsi len 1 dibawah ini.

Masing-masing string teks memiliki kalimat yang sama yaitu SATU DUA TIGA dengan jumlah spasi yang berbeda antara pemisah masing-masing kata.

Pada aplikasi ms.excel khususnya yang bekerjasama dengan rumus pada strings teks, bahwa satu spasi akan dihitung sebagai satu karakter.

Hal ini akan menyebabkan perbedaan hasil yang dikembalikan (jumlah aksara yang dikembalikan) memakai fungsi len walaupun memiliki kalimat yang sama.

Fungsi len merupakan salah satu function yang terdapat pada aplkasi ms Menghitung Jumlah Karakter di Excel
Fungsi Len 1

Dari pola pada gambar diatas, pada kolom B merupakan jumlah aksara yang dikembalikan dari strings teks pada kolom A dengan rumus formula yang ditampilkan pada kolom C.

Kaprikornus jumlah aksara pada strings teks sel A5 kalau dihitung yaitu 16 aksara dengan memakai rumus formula pada sel B5 

=LEN(A5)

Bagaimana kalau hanya menghitung jumlah aksara yang ada dengan mengabaikan kelebihan jumlah spasi pada masing-masing pemisah antar kata ?

Untuk menghitung menyerupai ini teman sanggup menggabungkan penggunaan fungsi len dengan fungsi trim.

1. Fungsi Len Dan Trim


Penggabungan penggunaan fungsi-fungsi ini akan menghitung banyaknya jumlah aksara dan mengabaikan kelebihan spasi diantara masing-masing kata.

Berikut ini yaitu pola cara menggabungkan fungsi len dengan fungsi trim menyerupai terlihat pada gambar fungsi len 2 dibawah ini.

Fungsi len merupakan salah satu function yang terdapat pada aplkasi ms Menghitung Jumlah Karakter di Excel
Fungsi Len 2

Dengan pola data yang sama, nilai yang dikembalikan dari strings teks pada kolom A dengan mengabaikan spasi yang berlebih yaitu sama.

Contoh rumus formula menghitung jumlah aksara menyerupai ini pada sel B2 yaitu :

=LEN(TRIM(A2))

Kesimpulan


Dengan memakai fungsi len, menghitung jumlah aksara pada suatu strings teks atau kalimat sanggup dengan semua spasi maupun menghilangkan kelebihan spasi yang terdapat pada kalimat tersebut.



Sumber http://rumus-fungsi-excel.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Menghitung Jumlah Huruf Di Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel