-->

iklan banner

Menggunakan Text To Column Di Excel

Text to columns merupakan sebuah tools yang terdapat pada aplikasi ms.excel yang dipakai untuk memecah suatu strings teks pada suatu sel menjadi beberapa strings teks yang terpisah.

Pada aplikasi excel 2007 terdapat dua pilihan cara dalam memecah teks memakai text to column ini yaitu pilihan delimited dan fixed width.

1. Text To Columns Cara Delimited


Memecah strings teks dengan memakai opsi ini yakni memisahkan kata dengan tanda baca yang ditentukan (diberikan) menyerupai tab, titik koma, koma, spasi, dan lain-lain.

Syarat untuk memecah strings teks memakai cara ini yakni pada strings teks yang akan dipecah harus terdapat tanda baca yang sanggup digunakan.

Cara Menggunakan Text To Columns Opsi Delimited


Gambar delimited 1 dibawah ini merupakan pola data yang akan dipisahkan memakai text to columns opsi delimited. Kolom A (sales number) akan dibagi menjadi tiga strings teks yang dipisahkan menurut tanda garis miring (/).

Pemisahan dengan cara ini akan menghilangkan tanda baca yang dipakai sebagai pemisah, jadi tanda garis miring tidak akan terdapat pada 3 potongan kolom yang dipisahkan nanti.

 Text to columns merupakan sebuah tools yang terdapat pada aplikasi ms Menggunakan Text to Column di Excel
Delimited 1

Langkah-langkah memakai text to columns dengan cara delimited
  1. Sobat blok pada rentang sel (array) yang akan dipecah (contohnya A1:A9)
  2. Dari sajian kafetaria teman pilih Data, kemudian pada tools kafetaria cari Text to Columns yang terdapat pada kelompok Data Tools
  3. Pada wizard pertama teman pilih delimited pada choose the file type as commas or tab separate each field kemudian klik tombol next.
  4. Pada wizard kedua ini teman pilih pada salah satu delimiters yang tersedia. (karena pada pola akan memakai tanda “/”, maka teman pilih centang other kemudian ketik / pada inbox form disebelah kanannya kemudian pilih next.
  5. Pada wizard ketiga ini teman sanggup menentukan format data dari masing-masing kolom yang akan dipisahkan (bisa format general, text, date, atau biarkan saja). Pada destination silahkan pilih sel yang akan dijadikan sebagai kolom pertama.
  6. Jika sudah teman sanggup klik tombol ok dan cara memisahkan text to column memakai delimited ini sudah selesai. 

Hasil Text To Columns Opsi Delimited


Gambar delimited 2 berikut ini merupakan pola hasil memecah strings teks memakai pilihan delimited pada pola diatas.

Hasil pada gambar ini akan menimpa kolom A, B, dan kolom C sebelumnya sebab pada ketika wizard ketiga destination untuk menempatkan kesudahannya tidak diisi.

 Text to columns merupakan sebuah tools yang terdapat pada aplikasi ms Menggunakan Text to Column di Excel
Delimited 2
Dengan memakai cara ini, tanda baca yang dipakai sebagai pemisah akan dihilangkan pada hasil yang didapatkan.

2. Text To Columns Cara Fixed Width


Memecah strings teks dengan memakai opsi ini yakni memisahkan kata dengan membagi kata secara garis lurus yaitu data dibagi tanpa melihat tanda bacanya.

Dengan memakai cara ini, setiap strings teks yang dibagi akan memiliki jumlah abjad yang sama pada masing-masing kolom kecuali pada kolom terakhir.

Cara Menggunakan Text To Columns Opsi Fixed Width


Contoh gambar fixed width 1 dibawah ini akan dijadikan pola cara memecah strings teks memakai opsi fixed width.

Dari pola gambar tersebut akan dipisahkan string text pada kolom A (sales number) menjadi dua buah string text yang ditempatkan pada dua kolom :
  • Strings text pertama berisi potongan sebelah kiri yaitu potongan 010.000-15. pada sales number yang akan ditempatkan pada kolom pertama atau kolom sebelah kiri.
  • Strings text yang kedua berisi potongan sebelah kanan yaitu potongan 29939792 yang merupakan potongan dari nomor counter penjualan pada sales number yang akan ditempatkan pada kolom kedua atau kolom sebelah kanan.

 Text to columns merupakan sebuah tools yang terdapat pada aplikasi ms Menggunakan Text to Column di Excel
Fixed Width 1
Hasil dari pemisahan ini akan ditempatkan pada kolom A dan kolom B. Karena kolom B berisi instruksi barang, semoga tidak ditimpa dengan hasil pemisahan teks, teman sanggup insert sebuah kolom disebelah kanan kolom A

Langkah-langkah memisahkan strings teks memakai text to columns opsi fixed width yakni :
  1. Lakukan blok pada kolom A yang akan dipecah (contoh A2:A20)
  2. Langkah kedua dari sajian kafetaria teman pilih data kemudian pilih text to columns pada tools bar.
  3. Pada wizard pertama teman pilih fixed widht kemudian klik tombol next.
  4. Selanjutnya akan muncul form wizard potongan 2, pada potongan ini kita akan menentukan pada potongan mana data akan dipecah. sebab pada pola ini data yang akan dipecah berada disebelah kanan tanda titik maka teman sanggup klik kiri dengan pointer mouse pada potongan yang mau dipecah hingga muncul tanda panah keatas.
     Text to columns merupakan sebuah tools yang terdapat pada aplikasi ms Menggunakan Text to Column di Excel
    Fixed Width 2
  5. Jika tanda panah keatas berada pada kawasan yang bukan diinginkan untuk dipecah, teman sanggup menggeser tanda panah terebut ke kawasan yang mau dipisahkan dengan klik kiri dan tahan pada tanda panah kemudian arahkan ke kawasan yang mau dipisahkan.
  6. jika teman mengklik tanda panah gres secara tidak sengaja maka data akan dipecah menurut jumlah tanda panah yang ada. kalau tanda panahnya ada 2 maka data akan dipecah menjadi 3.
  7. Untuk menghilangkan tanda panah yang lebih sebab tidak sengaja, teman  bisa lakukan klik kiri 2X pada tanda panah yang mau dibatalkan penggunaannya.

Jika Pemilihan pemisah data dengan tanda panah sudah ditentukan sesuai dengan keinginan, maka langkah selanjutnya klik tombol next maka akan muncul form wizard potongan 3. Pada potongan ini kita akan menentukan jenis format data hasil dari pemisahan data.

Untuk menentukan format data yang akan digunakan, pada data preview teman silahkan klik potongan yang akan ditentukan format datanya. Bagian yang aktif dan dipilih yakni potongan yang disorot dengan warna hitam dengan format default yakni general.

Untuk mengubah format data silahkan pilih salah satu pilihan yang tersedia pada column data format, sedangkan untuk menentukan data berikutnya silahkan klik pada potongan data di data preview.

Pilihan Destination yakni kawasan dimana data akan ditempatkan, secara default data akan ditempatkan pada sel dimana data awal berada.

Jika teman ingin memindahkan hasil dari ekstrak datanya silahkan pilih sel dimana data paling kiri akan ditempatkan.

Langkah selanjutnya tinggal klik tombol finish dan akan muncul form pertanyaan Do you want to replace the contents of destination cells?.  silahkan pilih ok sebab sebelumnya memang sudah disiapkan sebuah kolom kosong untuk mengisi dari text yang dipisahkan.

Hasil Text To Columns Opsi Fixed Width


Hasil memisahkan kata dengan memakai text to columns opsi fixed width ini teman sanggup lihat pada tampilan gambar fixed width 3 dibawah ini. 

Hasil sales number dibagi menjadi dua potongan masing-masing pada kolom A (bagian kiri) dan kolom B (bagian kanan).

 Text to columns merupakan sebuah tools yang terdapat pada aplikasi ms Menggunakan Text to Column di Excel
Fixed Width 3

Kesimpulan

Text to columns merupakan tools yang sanggup dipakai untuk keperluan pengolahan data dengan format text dan memudahkan dalam melaksanakan manipulasi data.

Baca juga : fungsi concatenate di excel untuk menggabungkan strings teks pada aplikasi ms.excel

Sumber http://rumus-fungsi-excel.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Menggunakan Text To Column Di Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel