-->

iklan banner

Khasiat Temu Mangga Bagi Kesehatan

Berbicara wacana tumbuhan temu-temuan, banyak orang yang agak sulit membedakan antara tumbuhan yang satu dengan yang lainnya. Jika dilihat, semi umbi atau rimpangnya memang mirip-mirip dengan rimpang temu-temuan yang lain. Serupa tapi tak sama. Biasanya hanya bisa dibedakan dari masing-masing aroma dan rasanya.

Nah, dalam artikel ini akan dibahas wacana khasiat salah satu jenis temu-temuan yang juga terkenal di Indonesia, yaitu temu mangga.


 banyak orang yang agak sulit membedakan antara tumbuhan yang satu dengan yang lainnya Khasiat Temu Mangga bagi kesehatan
Rimpang segar temu mangga biasanya dijadikan lalapan yang renyah. Secara fisik ibarat dengan rimpang temu-temuan lainnya, namun beraroma ibarat mangga.

Setiap tempat mempunyai sebutan masing-masing untuk rempah yang masih merupakan kerabat erat dari Zingiber atau jahe ini. Di Madura disebut temu pao, di Jawa disebut temu poh, di jawa barat disebut koneng bodas, ada juga yang menyebutnya koneng joho, koneng lalap, kunir putih, dll. Dijuluki sebagai temu mangga alasannya yaitu aroma rimpangnya sedikit beraroma mangga segar. Mungkin ini kuncinya kalau Anda ingin membedakannya dengan rempah temu-temuan yang lain. Hirup saja aroma rimpangnya…!


Temu mangga yang segar biasanya dikonsumsi sebagai lalapan, kadang dicampurkan pada kuliner (bisa dikeringkan, direbus, diiris, atau ditumbuk) yang sudah dipastikan sanggup menambah nafsu makan Anda. Seperti temu-temuan lainnya yang tidak hanya berfungsi sebagai tanaman penghasil bumbu dapur, rempah satu ini juga dipercaya sebagai tanaman obat alasannya yaitu mempunyai khasiat bagi kesehatan. Kandungan atsiri yang terdapat pada daging akar rimpangnya mendominasi kebaikan-kebaikan alami yang kalau bekerja bersama kandungan-kandungan lainnya (tanin, amilum, gula, flavonoid, kurkumin, damar dan Riboflavin Inacting Protein) akan memberi pengaruh penyembuhan yang sangat mujarab.


Ribosime Inacting Protein ,biasa disingkat RIP, yaitu senyawa herbal alami yang bisa menghambat penyebaran sel-sel kanker. Ketika mengkonsumsi temu mangga, maka ekstraknya akan mengeluarkan RIP yang secara otomatis akan memerangi sel-sel kanker yang berkembang dengan tetap mempertahankan sel-sel badan normal. Hal ini telah diungkap kepada dunia medis menurut penelitian yang telah dilakukan oleh American Institute Cancer Report.


 banyak orang yang agak sulit membedakan antara tumbuhan yang satu dengan yang lainnya Khasiat Temu Mangga bagi kesehatan
Bentuk pohon tumbuhan temu mangga juga sulit dibedakan dengan kerabat temu-temuan lainnya.

Kemudian, kandungan RIP ini juga sanggup membantu penyembuhan bagi penderita penyakit kista. Kista yaitu penyakit yang terbentuk dari gumpalan benjol dan darah yang berisi kuman juga bakteri. Gumpalan ini terdapat pada sel telur atau v@gin@. Penyakit ini termasuk tumor jinak, namun akan sangat cepat berkembang menjadi tumor ganas dan bermetamorfosis menjadi kanker yang sangat mematikan.


Rimpang temu mangga sangat pahit rasanya, namun orang-orang Jerman beropini bahwa rasa pahit yang dihasilkan dari rimpang temu mangga bisa merangsang kerja empedu untuk membersihkan lemak-lemak jahat yang ada pada hati. Hal ini terjadi alasannya yaitu rasa pahit tersebut bersama-sama mengandung sifat anti-toxin atau anti racun.


Selain itu, kandungan kurkuminnya sanggup mengehentikan peradangan yang terjadi pada badan alasannya yaitu bersifat anti-inflamasi (anti radang). Selanjutnya, kandungan flavonoid bersifat anti-oksidan yang sanggup menangkal radikal bebas pemicu banyak sekali penyakit lainnya. Anti-oksidan juga sangat baik bagi kesehtan kulit, jadi penyakit ibarat gatal-gatal, memar, bisul, borok atau luka pada kulit sanggup segera teratasi dengan rimpang temu mangga. Di samping itu, rimpangnya yang renyah juga bisa mengatasi banyak sekali penyakit perut seperti, diare, susah buang air besar, serta mengecilkan rahim pasca melahirkan.


 banyak orang yang agak sulit membedakan antara tumbuhan yang satu dengan yang lainnya Khasiat Temu Mangga bagi kesehatan
Rimpang temu mangga yang telah dikeringkan. Untuk pengobatan dalam, bisa eksklusif diseduh kemudian diminum dan untuk penyembuhan luar bisa ditumbuk atau diparut halus.

Adapun cara penggunaannya untuk menyembuhkan penyakit-penyakit tersebut yaitu kebanyakan dengan merebusnya kemudian meminum hasil rebusannya. Bisa juga dengan eksklusif meramunya dengan cara mengambil 25gr hingga 50gr rimpang temu mangga yang masih segar kemudian mencucinya sebersih mungkin. Setelah itu tumbuk hingga halus dan tambahkan air matang 2 gelas. Aduk hingga rata, saring ampasnya dan minum airnya. Ramuan ini bisa Anda minum pada pagi dan sore hari. Disamping menunjukkan kesegaran, juga akan eksklusif bekerja memberantas penyakit-penyakit pada badan Anda.


Namun alasannya yaitu rasanya yang agak tajam dan sedikit pahit, maka kini orang-orang cenderung mengkonsumsinya dalam bentuk olahan kapsul herbal. Alternatif ini diambil biar lebih simpel dan juga bisa dikonsumsi bagi bawah umur tanpa mengeluhkan rasa pahitnya. Untuk penggunaan penyakit luar pada kulit, bisa dengan membalurkan hasil tumbukan rimpang temu mangga ke area kulit yang ingin diobati.


 banyak orang yang agak sulit membedakan antara tumbuhan yang satu dengan yang lainnya Khasiat Temu Mangga bagi kesehatan
Karena sanggup menyembuhkan banyak penyakit, maka temu mangga diolah menjadi produk-produk konsumsi yang praktis. Salah satunya dalam bentuk kapsul.

Ternyata banyak sekali kebaikan-kebaikan yang ditawarkan temu-temuan satu ini. Karena sudah mengetahuinya, maka mari galih khasiatnya dengan cara mengkonsumsinya untuk mendapat badan yang sehat. Dan silahkan order tumbuhan temu mangga disini untuk menanamnya sendiri. 😀



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Khasiat Temu Mangga Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel