-->

iklan banner

Jurusan Teknik Kimia

Jurusan Teknik Kimia – Halo calon mahasiswa, pernah dengar jurusan teknik kimia? Mau tau ihwal jurusan ini? Kali ini aku akan menguraikan ihwal seluk-beluk teknik kimia menurut pengalaman saya. So, check it out.


 


Apa itu teknik kimia?


Teknik kimia yakni jurusan yang mempelajari bagaimana caranya merubah sebuah materi mentah menjadi sebuah produk (barang jadi/setengah jadi) dengan proses se-ekonomis mungkin dan menghasilkan untung sebesar-besarnya. Seorang sarjana teknik kimia juga sanggup merancang sebuah pabrik industri kimia yang tentunya se-ekonomis mungkin dan menghasilkan untung yang sangat besar.


 


Apa yang dipelajari di teknik kimia?


Ini pertanyaan yang muncul dibenak aku saat ingin masuk di jurusan ini. Setelah aku masuk ke teknik kimia barulah aku tahu apa saja yang dipelajari di teknik kimia. Yang dipelajari di teknik kimia bukan lah kimia menyerupai di SMA, melainkan kimia terapan yang sudah dipadu dengan fisika dan matematika. Disini kita akan diajarkan bagaimana cara untuk membuat, mengendalikan, serta mengoptimumkan sebuah proses. Banyak pelajaran yang abnormal menyerupai Operasi Teknik Kimia, Termodinamika Teknik Kimia, Kimia Fisika, Kinetika dan Katalis, Dinamika Proses, Mekanika Fluida, Pengendalian Proses, Perancangan Alat Proses, Utilitas, dll. Jangan terkejut apabila nantinya kalian masuk ke teknik kimia dan sangat jarang berguru kimia murni, alasannya yakni memang intinya teknik kimia dirancang untuk memahami segala macam bentuk proses semoga sanggup diterapkan di industri. Di teknik kimia juga kita diajak untuk praktikum. Seperti praktikum kimia organic, kimia fisika, komputasi, dll. Lho kok ada komputasi? Yup, di teknik kimia juga kita ada beberapa agenda penunjang yang sanggup mempermudah pekerjaan kita menyerupai Hysys, ChemCad, maupun sci-lab. Belum lagi mata kuliah pilihan yang ada, menyerupai Teknologi Batubara, Teknologi Minyak Bumi, Teknologi Bahan Pangan, Rekayasa Biokimia, Teknologi Partikel, dll.


 


Prospek Kerja Teknik Kimia?


Masalah prospek? Teknik kimia yakni jurusan dengan prospek kerja sangat luas dan sangat besar. Mau kerja di perminyakan? Pertambangan? Industri makanan? Bisa kok. Kerena, intinya kimia itu ada dimana-mana. Selama kimia ada dimana-mana dan membutuhkan sebuah proses, maka sarjana teknik masih diharapkan untuk itu. Pada dasarnya sebuah perusahaan tidak mencari lulusan yang hanya mementingkan IPK/GPA. IPK/GPA memang penting tapi harus diimbangi oleh soft skills yang mumpuni menyerupai komunikasi, kerjasama, presentasi, dll. Itu semua sanggup didapat didalam organisasi. So, jikalau kalian ingin kerja di perusahaan besar perbesar IPK/GPA kalian, kuasai bahasa asing, dan perbanyaklah organisasi. Kalau itu semua sanggup kalian pegang, kalian tidak perlu mencari pekerjaan, pekerjaan itu sendiri yang akan mencari kalian.


 


Perguruan Tinggi yang Menyediakan Jurusan Teknik Kimia


Beberapa perguruan tinggi tinggi yang menyediakan jurusan S1 Teknik Kimia antara lain:



  • Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung

  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya

  • Universitas Diponegoro (Undip), Semarang

  • Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta

  • Universitas Indonesia (UI), Jakarta

  • Universitas Nasrani Parahyangan (Unpar), Bandung

  • Universitas Sriwijaya (Unsri), Palembang

  • Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur (UPN Jatim), Surabaya

  • Universitas Pembangunan Nasional Veteran (UPN Yogya), Yogyakarta

  • Universitas Surabaya (Ubaya), Surabaya

  • Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Banda Aceh

  • dll.


 


Demikian pembahasan singkat ihwal Jurusan Teknik Kimia, semoga bermanfaat 🙂


 


Sumber gambar: http://whatisengineering.com/



Sumber https://halokampus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jurusan Teknik Kimia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel