-->

iklan banner

Jurusan Ilmu Perpustakaan

Jurusan Perpustakaan – Apasih Ilmu Perpustakaan itu? Program Studi Ilmu Perpustakaan merupakan prodi yang sanggup dikatakan gres dan masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Ilmu perpustakaan merupakan ilmu yang terbentuk dari berabagai macam interdisipliner ilmu dan bersifat universal. Oleh alasannya itu prodi ini sanggup dintegrasikan dengan ilmu-ilmu lainnya.


Namanya aja Ilmu perpustakaan, jadi perpustakaanlah yang menjadi objek kajiannya. Mulai dari acara teknis di perpustakaan, administrasi perpustakaan, pengaplikasian TI, dan pengembangan dari perpustakaan itu sendiri. Lets change our mindset! Saat ini perpustakaan nggak hanya jadi daerah buat baca dan pinjem buku aja tapi ketika ini perpustakaan ialah sentra dari informasi. Karena berkaitan bersahabat dengan informasi, banyak sekolah tinggi tinggi yang menamakan prodi ini menjadi Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Infomasi.


 


Apa yang dipelajari di Jurusan Perpustakaan?


Jurusan ini nggak cuma mempelajari ihwal buku aja. Karena ilmu perpustakaan ingin mengakibatkan lulusannya tidak hanya hebat di bidang perpustakaan tetapi lebih tepatnya menjadi seorang yang sanggup mengolah dan memberikan gosip dengan kemasan yang lebih modern. Sehingga banyak mata kuliah yang menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan ilmu perpustakaan sendiri. Mata kuliah yang dipelajari dalam prodi ini antara lain : Manajemen perpus, komunikasi informasi, katalogisasi, ilmu dokumentasi, pengantar ilmu perpustakaan, ilmu dokumentasi, preservasi dan konservasi, pengantar ilmu informasi, temu kembali informasi, kemas ulang informasi, English for librarian. Karena ketika ini zaman sudah makin berkembang sehingga banyak matakuliah yang menyesuaikan dengan berkembangnya zaman menyerupai : Teknologi informasi, Computer Operating Sistem (Linux, DOS, Windows), temu balik elektronik, aplikasi database, automasi pusdokinfo, administrasi sistem informasi, perencanaan dan design perpus, design web, dan multimedia.


 


Prospek kerja lulusan Jurusan Perpustakaan


Karena intinya ilmu perpustakaan ingin mengakibatkan lulusannya menjadi hebat informasi, jadi nantinya tidak hanya bekerja di perpustakaan menjadi seorang pustakawan, tetapi juga sanggup bekerja di instansi-instansi pemerintahan maupun swasta. Karena dalam instansi tersebut pastinya banyak arsip dan dokumentasi yang perlu diolah dan disimpan, nah disini lulusan ilmu perpustakaan sanggup menjadi arsiparis, ataupun dokumentalis. Apakah hanya itu? Tentu tidak, dengan disahkannya Undang-undang No. 43 Tahun 2007 ihwal perpustakaan. Pengesahan Undang – undang No. 43 Tahun 2007 itu membuktikan meningkatnya perhatian pemerintah terhadap sektor administrasi informasi. Apalagi ketika ini banyak bahkan ribuan perpustakaan yang belum mempunyai tenaga pustakawan hebat lulusan pendidikan ilmu perpustakaan (S1) sehingga masih terbuka luas kesempatan untuk bekerja di perpustakaan. Terakhir nih, pekerjaan pustakawan merupakan salah satu pekerjaan yang mulia alasannya turut mencerdaskan bangsa dengan membuatkan banyak sekali ilmu kapada semua orang melalui banyak sekali macam literatur di perpustakaan.


 


Perguruan Tinggi yang terdapat Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Akreditasinya


Di Indonesia, terdapat beberapa Perguruan Tinggi yang menyediakan Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, yaitu:



  1. Universitas Indonesia (UI), legalisasi A

  2. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, legalisasi A

  3. Universitas Padjadjaran (Unpad), legalisasi A

  4. Universitas Sumatera Utara (USU), legalisasi A

  5. Universitas Airlangga (Unair), legalisasi B

  6. Universitas Diponegoro (Undip), legalisasi B

  7. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Jakarta), legalisasi B

  8. Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), legalisasi B

  9. dll.


=======================


Demikian review singkat mengenai Jurusan Ilmu Perpustakaan, apabila ada komentar atau pertanyaan mengenai jurusan ini, sanggup kau tulis di kolom komentar.



Sumber https://halokampus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jurusan Ilmu Perpustakaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel