-->

iklan banner

Insert Entire Row & Column Di Excel

Insert merupakan salah satu tools pada aplikasi ms.excel yang dipakai untuk menambah atau menyisipkan satu atau lebih baris maupun kolom.

Pada penyisipan sel memakai insert ada beberapa opsi yang sanggup dipakai antara lain : shift cells (right dan down) serta entire (row dan columns).

Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai cara menambah baris dan kolom memakai opsi entire row (baris) dan entire colomns (kolom).

Insert Entire Row Pada Excel


Dengan memakai opsi entire row pada dikala melaksanakan insert (penambahan) sel, maka akan ditambahkan satu atau lebih baris dari ujung kiri hingga ujung kanan.

Menggunakan opsi ini merupakan sebuah keputusan apabila dalam suatu data, terdapat satu baris atau lebih data yang harus ditambahkan mungkin di baris bab atas maupun baris bab tengah.

Penambahan baris dengan memakai insert entire row ini akan mengakibatkan baris sel pada kawasan dibambahkannya baris akan digeser ke bawah di bawah baris gres yang disisipkan.

Cara Menggunakan Insert Entire Row


Sebagai teladan ilustrasi dalam insert row ini akan dipakai data awal ibarat terlihat pada gambar insert entire row 1 dan hasil sehabis dilakukan penambahan sanggup dilihat pada gambar insert entire row 2.

 Insert merupakan salah satu tools pada aplikasi ms Insert Entire Row & Column di Excel
Insert Entire Row 1
 Insert merupakan salah satu tools pada aplikasi ms Insert Entire Row & Column di Excel
Insert Entire Row 2


Untuk melaksanakan penambahan baris (insert) dengan opsi entire row ini, ada beberapa cara yang sanggup dilakukan yaitu :
  • Cara yang pertama yaitu dengan mengarahkan pointer mouse ke sisi kiri dan klik kanan pada angka 6 (misalnya akan dilakukan penambahan pada baris 6 yang berwarna kuning pada gambar 1) kemudian klik kanan dengan mouse kemudian pilih insert, maka baris 6 akan menjadi sebuah baris gres yang kosong tanpa berisi data sedangkan data pada baris 6 sebelumnya akan digeser kebawah (contoh pada gambar insert entire row 2).
  • Cara yang kedua : teman excel sanggup mengarahkan kursor pada salah satu kolom pada baris 6 (yang berwarna kuning) kemudian klik kanan pilih insert maka akan muncul form insert kemudian klik pada entire row kemudian klik tombol OK.
  • Cara yang ketiga : pilih salah satu kolom pada baris 6 kemudian teman excel sanggup memakai shortcut / shortkey (Alt+I,R) jikalau diinginkan untuk menambah 2 buah baris maka blok dua buah bari (contoh baris 6 dan baris 7) kemudian gunakan shortcut (Alt+I,R)
  • Cara yang keempat : teman excel sanggup memakai tombol Shift dan F10 sebagai pengganti klik kanak pada mouse, sehingga sanggup dijadikan shortcut dengan menekan tombol (Shift+F10,I,R,Enter).

Insert Entire Columns Pada Excel


Fungsi entire columns pada insert ini hampir sama dengan entire row, hanya saja pada insert entire columns ini logikanya akan menyisipkan satu atau lebih kolom dan akan menggeser kolom sebelumnya (kolom pada kawasan dilakukan penambahan) ke sebelah kanan.

Cara Menggunakan Insert Entire Columns


Sebagai teladan ilustrasi dalam insert columns ini akan dipakai data awal ibarat terlihat pada gambar insert entire columns 1 dan hasil sehabis dilakukan penambahan sanggup dilihat pada gambar insert entire columns 2.

 Insert merupakan salah satu tools pada aplikasi ms Insert Entire Row & Column di Excel
Insert Entire Columns 1
 Insert merupakan salah satu tools pada aplikasi ms Insert Entire Row & Column di Excel
Insert Entire Columns 2

Untuk melaksanakan penambahan baris (insert) dengan opsi entire column ini, ada beberapa cara yang sanggup dilakukan yaitu :
  • Cara yang pertama yaitu dengan mengarahkan pointer mouse ke sisi bab atas, sempurna diatas abjad D lakukan klik kanan pada hufuf D (misalnya akan dilakukan penambahan pada kolom D yang berwarna kuning pada gambar 1) kemudian klik kanan dengan mouse kemudian pilih insert, maka kolom D akan menjadi sebuah kolom gres yang kosong tanpa berisi data sedangkan data pada kolom D6 sebelumnya akan digeser sebelah kanan (contoh pada gambar insert entire columns 2).
  • Cara yang kedua : teman excel sanggup mengarahkan kursor pada salah satu baris pada kolom D (yang berwarna kuning) kemudian klik kanan pilih insert, pada form insert kemudian klik pada entire columns kemudian klik tombol OK.
  • Cara yang ketiga : memakai shortcut Alt+I,C)
  • Cara yang keempat : menggunakan shortcut (Shift+F10,I,R,Enter).

Error Pada Saat Insert Entire Row & Columns


Mengapa terjadi error / kesalahan pada dikala melaksanakan insert entire row dan columns ? hal ini sanggup saja terjadi jikalau suatu data sudah seluruh barisnya sudah terisi dengan penuh pada insert entire row dan kolomnya sudah terisi penuh pada dikala insert entire columns. 

Hal-hal yang sanggup mengakibatkan tidak sanggup insert entire row :
  • Seluruh baris sudah terisi data secara penuh pada insert entire row dan seluruh kolom sudah terisi data secara penuh pada insert entire columns.
  • Tanpa sengaja salah satu kolom pada baris paling bawah terisi lewat copy paste pada entire row dan kolom paling kanan pada entire columns.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Insert Entire Row & Columns


Jika pada dikala melaksanakan insert dengan entire row atau entire columns ternyata gagal, apa yang harus dilakukan? Hal pertama yang biasa saya lakukan yaitu dengan menghapus baris paling bawah dari worksheet pada entire row kemudian ulangi melaksanakan insert dengan entire row.

Sedangkan untuk mengatasi jikalau tidak sanggup insert entire column yaitu dengan mencoba untuk menghapus kolom paling kanan kemudian mengulangi untuk insert dengan entire column.

Kesimpulan


Karena pada prakteknya menambah baris dan kolom dengan insert entire row atau entire kolom ini akan menggeser baris ke bawah dan kolom ke kanan, maka jikalau suatu baris atau kolom berisi data dengan penuh maka penggunaan insert jenis ini menjadi tidak sanggup dilakukan.

Insert Entire row dan columns ini merupakan opsi yang sama dengan fungsi yang berbeda dengan menghapus memakai entire. Untuk menghapus data dengan entire, teman excel sanggup membaca cara delete entire row & column di excel.

Sedangkan untuk menyisipkan sel / rentang sel dengan cara menggesel sel yang dipilih, teman excel sanggup membaca insert shift cells di excel.

Sumber http://rumus-fungsi-excel.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Insert Entire Row & Column Di Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel