-->

iklan banner

Contoh Fasilitas Dan Bentuknya

Contoh fasilitas yang dipaparkan di sini merupakan pola dari aneka macam bentuk penyelesaian konflik ya dalam kehidupan sehari-hari. Sebagaimana telah diketahui, fasilitas sanggup dilihat sebagai bentuk penyelesaian konflik. Namun definisi umum yang sering disampaikan ialah upaya pembiasaan diri pihak-pihak yang bertenangan untuk membuat keseimbangan interaksi sosial.


Akomodasi ialah salah satu bentuk asosiatif dari interaksi sosial. Bentuk fasilitas sendiri ada aneka macam macam. Sosiologis.com mengidentifikasi setidaknya ada sepuluh bentuk akomodasi. Menghapal definisi kesepuluhnya tidak disarankan lantaran akan terlupa dalam waktu singkat. Memahami fasilitas dengan contohnya sangat disarankan.


Baca juga Interaksi Sosial: Pengertian dan Contohnya







Sebelum memaparkan contoh, saya akan jelaskan dulu di sini bahwa fasilitas sanggup dipahami dalam dua perpektif. Pertama sebagai suatu kondisi, kedua sebagai suatu proses. Sebagai kondisi artinya ada keseimbangan interaksi sosial dengan nilai dan norma sosial. Sebagai proses artinya upaya individu atau kelompok mengurangi atau menuntaskan ketegangan, konflik atau pertentangan. Berikut saya sampaikan pola fasilitas dan bentuk-bentuknya.


Contoh fasilitas yang dipaparkan di sini merupakan pola dari aneka macam bentuk penyelesaia Contoh Akomodasi dan Bentuknya


Contoh fasilitas dan bentuknya


√ Koersi (coercion), yaitu bentuk fasilitas dimana pihak yang besar lengan berkuasa mendominasi pihak yang lemah. Sebagai contoh, perbudakan. Perbudakan ialah dominasi majikan terhadap budak dimana tak jarang melibatkan kekerasan fisik. Budak tak punya apa-apa bahkan dirinya sendiri pun dimiliki oleh majikannya. Bentuk fasilitas dalam perbudakan misalnya, seorang majikan yang menyuruh budaknya untuk membangun sangkar kuda. Budak tak kuasa mengelak, alhasil ia bangkit sangkar kuda lantaran tak mau berkonflik dan bersitegang.


√ Kompromi (compromise), yaitu bentuk fasilitas dimana pihak yang saling bertentangan mengurangi tuntutan untuk meredakan ketegangan. Sebagai contoh, seorang polisi kemudian lintas yang mengadakan operasi tanpa surat tugas. Ketika menilang seorang pengendara dan minta uang, pengendara tersebut mau ngasih uang tenang asalkan sepuluh ribu rupiah saja. Polisinya nggak mau lantaran kurang. Pengendara mengancam akan melaporkan pada atasannya lantaran ternyata polisi tersebut tidak punya surat tugas. Akhirnya, polisi tersebut menurunkan tuntutannya jadi dua ribu rupiah saja, pengendara kasih duit dan tidak jadi melaporkannya.







√ Abitrasi (arbitration), yaitu bentuk kompromi dengan proteksi pihak ketiga. Sebagai contoh, seorang suporter bola berantem dengan salah satu pemain klub idolanya lantaran kesal klubnya kalah terus. Awalnya, keduanya cekcok dan saling ejek saat bertemu di jalan. Pemain dibilang tidak becus, supporter dibilang cuma bias nonton doang. Lalu cekcok berujung pada perkelahian dan saling ancam. Konflik kedua pihak tersebut alhasil diselesaikan sesudah administrasi klub mempertemukan mereka. Manajemen klub mengambil perilaku dan menuntut keduanya untuk saling bermaafan. Manajemen klub ialah pihak ketiga.


√ Mediasi (mediation), yaitu bentuk arbitrasi namun pihak ketiga bersikap netral. Dengan kata lain, keputusan berada di tangan pihak-pihak yang berkonflik. Contoh yang sanggup disampaikan di sini, misalnya, versi lain dari pola sebelumnya, yaitu administrasi klub bersikap netral. Seorang pemain dan suporter yang berkonflik dimintai sikapnya apakah mau lanjut saling ancam atau disudahi saja.


√ Konsiliasi (conciliation), yaitu bentuk fasilitas dengan mempertemukan ekspektasi pihak-pihak yang berkonflik biar tercapai akad bersama. Sebagai contoh, suporter mogok nonton lantaran klubnya kalah terus. Kemudian administrasi tim mengundang para pemain untuk dipertemukan dengan perwakilan suporter biar menghentikan mogok nonton.


√ Toleransi (tolerance), yaitu bentuk fasilitas yang terjadi impulsif atau tidak direncanakan. Sebagai contoh, saat bulan ampunan di negara lebih banyak didominasi muslim, mereka yang tidak puasa tidak makan ditempat terbuka sebagai bentuk toleransi terhadap mereka yang berpuasa. Ketika natal tiba, seorang yang tidak merayakan mempersilahkan orang lain yang merayakan natal untuk merayakannya tanpa mengganggunya.







√ Stalemate, yaitu bentuk fasilitas dimana pihak-pihak yang bertikai mempunyai kekuatan yang relatif seimbang sehingga pertikaian mereda dengan sendirinya. Sebagai contoh, di Eropa pertikaian antara blok barat dan blok timur mereda dengan sendirinya lantaran kekuatan mereka yang relatif seimbang. Konflik mereda sanggup pula disebabkan oleh kejenuhan lantaran terlalu usang bersengketa tanpa adanya pihak yang menang dan yang kalah.


√ Ajodikasi (ajodication), yaitu bentuk fasilitas dimana penyelesaian sengketa dilaksanakan di pengadilan. Contoh, konflik rumah tangga beberapa artis terkemuka yang diguncang pertikaian sehingga proses penyelesaiannya harus dibawa ke meja hijau. Keputusan pengadilan menjadi penentu bagaimana pertikaian sebaiknya diselesaikan.


√ Displacement, yaitu bentuk fasilitas dimana adanya pengalihan perhatian anatara kedua belah pihak yang berkonflik. Sebagai contoh, invasi Amerika dengan dukungan Inggris ke Timur Tengah untuk perang melawan t3r0risme. Senjata pemusnah masal di Iraq menjadi kedok invasi. Padahal yang bersama-sama terjadi ialah kepentingan geopolitik untuk menguasai minyak. Persengketaan berakhir sesudah senjata pemusnah masal terbukti fiktif belaka dan mereka sanggup minyak.


√ Konversi (conversion), yaiitu bentuk fasilitas dimana salah satu pihak mendapatkan pendirian pihak lain sehingga konflik mereda. Sebagai contoh, keluarga mempelai wanita yang awalnya tidak merestui ijab kabul anaknya alhasil mau merestuinya demi kebaikan anaknya. Pihak keluarga pria dari awal merestui keduanya namun akad gres dicapai sesudah pihak keluarga wanita menkonversi tuntutannya dari tidak merestui menjadi merestui.


Baca juga: Contoh Akulturasi dalam Kehidupan Sehari-Hari







Kesepuluh pola fasilitas di atas ditulis untuk menjadi acuan olnline pembaca yang sedang mencari informasi mengenai akomodasi. Istilah fasilitas dalam sosiologi berbeda dengan fasilitas dalam dunia traveling. Dalam sosiologi, fasilitas ialah pecahan dari interaksi sosial asosiatif. Dalam dunia traveling, fasilitas ialah kawasan menginap. Jangan keliru.


Baca juga: Contoh Asimilasi dalam Kehidupan Sehari-Hari



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Fasilitas Dan Bentuknya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel