-->

iklan banner

Cara Menghitung Rumus Luas Dan Volume Prisma Segitiga

Cara Menghitung Rumus Luas dan Volume Prisma Segitiga - Selamat pagi sahabat – sahabat semua yang selalu setia dengan blog mengenal ilmu sains online ini, terimakasih untuk kalian yang selalu stay disini. Sudah usang nih mimin vakum alasannya yaitu ada urusan lain hehe. Tapi praktis mudah – mudahan kali ini mimin akan lebih konsisten lagi untuk menawarkan bahan – bahan yang kalian butuhkan. Nah, untuk mengawali pertemuan kita pada hari ini, kita akan membahas bahan wacana cara menghitung rumus luas dan volume prisma segitiga.

Cara Menghitung Rumus Luas dan Volume Prisma Segitiga Cara Menghitung Rumus Luas dan Volume Prisma Segitiga
Google Image - Cara Menghitung Rumus Luas dan Volume Prisma Segitiga


Kalian niscaya sudah tidak absurd lagi buan dengan prisma segitiga. Namun bila belum, ada baiknya kalian cermati bahan yang akan saya berikan ini. Prisma dikatakan segitiga alasannya yaitu mempunyai ganjal berbentuk segitiga. Jika berbentuk segilima maka akan berubah lagi namanya. Namun bukan itu yang akan kita bahas kali ini, kita akan membahas bagai mana cara menghitung rumus luas dan volumenya. Ayok kita perhatikan materinya berikut ini.

Rumus Luas Prisma Segitiga

Prisma segitiga terdiri dari beberapa unsur yaitu alas, tutup dan selimutnya. Kaprikornus untuk mencari luas keseluruhan bangunan ini, kita tinggal menjumlahkan ketiga unsur tersebut, luas ganjal x luas tutup x luas selimut. Namun sanggup juga dengan cara lain. Itu merupakan cara sederhananya saja. Rumus yang umum yaitu:

L = 2 x Luas ganjal + Luas selimut

Rumus Luas Permukaan Prisma Segitiga

Karena ganjal dan tutup prisma segitiga mempunyai bentuk segitiga, oleh alasannya yaitu itu kalian harus memakai rumus luas segitiga untuk mencari luas permukaannya. Rumus nya sanggup kita sederhanakan lagi alasannya yaitu tutup dan ganjal sama besar, jadi luasnya menjadi:

Luas Permukaan = 2 x Luas segitiga + Luas Selimut

Rumus Volume Prisma Segitiga

Untuk mencari volume prisma segitiga, sangat praktis sekali sahabat – teman, ingat saja volume tabung, hanya saja alasnya berbeda, rumus volume prisma segitiga yaitu:

V = Luas Alas x Tinggi
V = (½ x a x t) x Tinggi


Contoh Soal:

Sebuah prisma yang alasnya berbentuk segitiga mempunyai volume 480cm3. Jika prisma tersebut mempunyai ganjal segitiga yang mempunyai ganjal = 12cm dan sisi miring nya = 20cm, maka tentukanlah tinggi dari prisma tersebut.

Penyelesaian:
Untuk menjawab soal diatas, kita harus cermati dahulu bentuk soalnya, kemudian kita tulis yang diketahui dalam soal dan yang diinginkan soal tersebut.

Diketahui: alas segitiga = 12cm
Sisi miring = 20cm
Volume prisma = 480cm
Ditanya: Tinggi Prisma ?

Jawab:
Yang harus dicari terlebih dahulu yaitu luas alasnya, namun kita tidak sanggup mencari luas alasnya bila belum mendapat tinggi alasnya oeh alasannya yaitu itu kita cari alasnya terlebih dahulu dengan rumus phytagoras:

T = √202 - 122
T = √400 - 144
T = √256
T = 16cm.

Baru kita mencari luas alasnya:
Luas ganjal = ½ x a x t
Luas ganjal = ½ x 12 x 16
Luas ganjal = 96cm2.

Setelah itu, untuk mencari tinggi prisma, kita gunakan rumus volumenya, yaitu:
V = luas ganjal x Tinggi
480 = 96 x Tinggi
Tinggi Prisma = 480/96
Tinggi Prisma = 5cm.


Cara Menghitung Rumus Luas dan Volume Prisma Segitiga - Nah, inilah bahan Cara Menghitung Rumus Luas dan Volume Prisma Segitiga kita pada pagi hari ini, bila kalian sering mengerjakan soal, niscaya kalian sanggup dengan praktis untuk mengerjakan latihan – latihan pada dikala ujian semester ataupun ujian nasional. Saya berpesan kepada adik – adik semua untuk rajin dalam berguru alasannya yaitu dikala ini menetukan masa depan kalian. Jangan lupa ikuti blog ini ya mitra – kawan. Terimakasih.

Sumber http://www.ilmusainsonline.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menghitung Rumus Luas Dan Volume Prisma Segitiga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel