-->

iklan banner

Cara Menghitung Bonus Di Excel

Salah satu hal yang sering dilakukan oleh perusahaan yaitu menunjukkan bonus kepada para karyawannya sebagai penambah motivasi dalam bekerja.

Perhitungan bonus karyawan ini tentunya berbeda-beda pada setiap perusahaan bergantung kepada kebijakan administrasi perusahaan itu sendiri.

Berikut ini yaitu beberapa pola simulasi cara menghitung bonus karyawan menurut pengalaman saya memakai aplikasi excel :

1. Bonus Berdasarkan Persentase Tetap


Bonus jenis ini biasanya dibagikan kepada karyawan / sales menurut jumlah total penjualan bulanan dikalikan dengan persentase besarnya bonus yang diberikan.

Untuk menghitung bonus jenis ini yaitu mengalikan nilai total penjualan yang didapatkan masing-masing sales dengan besarnya persentase bonus yang akan diberikan.

Cara menghitung bonus menyerupai ini sanggup dilihat pada pola gambar bonus sales 1 dibawah ini.

 Salah satu hal yang sering dilakukan oleh perusahaan yaitu menunjukkan bonus kepada para  Cara Menghitung Bonus di Excel
Bonus Sales 1
Dari hasil yang ditampilkan sanggup dirinci sebagai berikut
  • Bonus Sales 1 pada sel D4 dihitung dari nilai total penjualan sales 1 sebesar 2.379.000 dikalikan dengan persentase besarnya bonus yang diberikan sebesar 2 % sehingga nilai bonus yang didapatkan oleh sales 1 yaitu 47.580
  • Bonus Sales 2 pada sel D5 dihitung dari nilai total penjualan sales 2 sebesar 1.057.000 dikalikan dengan persentase besarnya bonus yang diberikan sebesar 2 % sehingga nilai bonus yang didapatkan oleh sales 1 yaitu 21.140
  • Bonus Sales 3 pada sel D6 dihitung dari nilai total penjualan sales 3 sebesar 1.510.000 dikalikan dengan persentase besarnya bonus yang diberikan sebesar 2 % sehingga nilai bonus yang didapatkan oleh sales 1 yaitu 21.140

Untuk cara memakai persentase di excel, baca juga cara menghitung persentase di excel.

2. Bonus Berdasarkan Produk Terjual


Bonus jenis ini merupakan jenis bonus yang akan dibagikan kepada masing-masing sales menurut nilai bonus yang ditetapkan menurut masing-masing item yang dijual.

Sebagai pola perhitungan bonus penjualan jenis ini yaitu : 
  • Bonus Penjualan Item 1 sebesar 1%.
  • Bonus Penjualan Item 2 sebesar 2%.
  • Bonus Penjualan Item 3 sebesar 3%.

Untuk menciptakan simulasi jenis bonus ini pada excel, data penjualan dikelompokkan menurut masing-masing sales per masing-masing item penjualan menyerupai pada pola gambar bonus sales 2 dibawah ini.

Pengelompokan data penjualan dalam bentuk tabel teman sanggup memakai tools pivot table, untuk caranya teman sanggup baca belajar pivot table di excel. 

 Salah satu hal yang sering dilakukan oleh perusahaan yaitu menunjukkan bonus kepada para  Cara Menghitung Bonus di Excel
Bonus Sales 2
Contoh rumus formula untuk menghitung bonus pada sel D5 yaitu :

=IF(B5="Item 1",C5*D1,IF(B5="Item 2",C5*D2,C5*D3))


Berikut pembagian terstruktur mengenai rumus yang gunakan untuk menghitung nilai bonus
  • =IF(B5="Item 1" akan dipakai logical_test jikalau isi sel B5 yaitu "Item 1" maka kalikan nilai pada sel C5 dengan nilai pada sel D1 (C5*D1). Jika sel B5 bukan "Item 1" maka cek dengan if berikutnya.
  • =IF(B5="Item 2" akan dipakai logical_test jikalau isi sel B5 yaitu "Item 2" maka kalikan C5*D2. Jika bukan "Item 2" maka kalikan C5*D3. 

Cara mencari bonus pada pola diatas memakai rumus if bercabang dengan 3 kondisi, untuk cara memakai rumus if bercabang ini, teman excel sanggup membaca rumus if bertingkat di excel.

3. Bonus Karyawan Berdasarkan Level


Berikutnya yaitu pola simulasi menghitung bonus menurut level karyawan, perhitungan jenis ini agak sedikit rumit semoga semua pihak merasa mendapat keadilan.

Misalkan dalam suatu perusahaan akan dibagikan suatu bonus menurut level pangkat suatu level perkerjaan, bagaimana cara membagikannya?

Berikut kita coba simulasikan cara perhitungan bonus menyerupai ini dengan ketentuan-ketentuan sebagai berikut :
  • Jumlah bonus yang akan dibagikan sebesar 5.000.000
  • Jumlah total karyawan yaitu 19 orang terdiri dari 3 orang level manager, 6 orang level supervisor dan 10 orang level staft.
  • Persentase jumlah bonus yang dibagikan menurut level manager sebesar 100%, level supervisor sebesar 75% dan level staft sebesar 50%.
Pertanyaannya yaitu bagaimana kita mengetahui bahwa suatu bab mendapat 100% dan bab lainnya mendapat 50%.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut kita perhatikan dulu simulasi tabel pada pola gambar bonus karyawan 1 dibawah ini.

 Salah satu hal yang sering dilakukan oleh perusahaan yaitu menunjukkan bonus kepada para  Cara Menghitung Bonus di Excel
Bonus karyawan 1

Bagaimana jikalau nilai yang dibagikan tidak menyerupai nilai diatas? template ini tetap sanggup dipakai dengan mengisi nilai-nilai yang ada pada situasi teman excel masing-masing.

yang perlu diperhatikan pada gambar diatas adalah
  • Sel D1 diisi dengan jumlah bonus yang akan dibagikan
  • Sel D2 - D4 diisi dengan jumlah persentase bonus yang akan dibagikan menurut masing-masing level.
  • Sel E2 - E4 diisi dengan jumlah karyawan untuk masing masing level dan total karyawan keseluruhan pada sel E5 teman sanggup sum E2:E4
Setelah template pembagian bonus diisi maka selanjutnya kita buat rumus pada masing-masing baris pembagian.

Pada langkah ini kita akan menciptakan dua kali rumus yang pertama pada baris 7 dan yang kedua pada baris 8. sedangkan pada baris ke 9 dan seterusnya kebawah teman excel sanggup copy rumus pada baris ke 8.
  1. Baris 7 pada sel B7 (Bonus Rata2) bonus rata-rata ini merupakan jumlah bonus yang dibagikan dibagi dengan jumlah total karyawan atau D1/E5.
  2. Baris 7 pada sel C7 (Level Manager) nilai ini merupakan jumlah nilai rata-rata (B7) dikalikan dengan persentase bonus yang didapatkan (D2) dikalikan dengan jumlah karyawan level bersangkutan (E2).
  3. Baris 7 pada sel D7 (Level Supervisor) dan E7 (Level Staft) sama dengan statement pada nomor 2 diatas.
  4. Baris 7 pada sel F7 (Teralokasi) merupakan nilai jumlah (sum C7:E7) yang sudah teralokasi dari total bonus yang dibagikan.
  5. Baris 7 pada sel G7 (Sisa) merupakan nilai awal dikurangi nilai teralokasi (D1-F7).
  6. Baris 8 pada sel B8 (Bonus Rata2) kini merupakan nilai sisa dibagi dengan jumlah karyawan.
  7. Baris 8 pada sel C8, D8, E8 sama dengan statement nomor 2 diatas.
  8. Baris 8 pada sel F8 sama dengan statement nomor 4.
  9. Baris 8 pada sel G8 ini yang membedakan dengan baris nomor 5 yaitu pada sel G8 jumlah yang dibagi yaitu sisa pada pembagian sebelumnya dibagi dengan jumlah teralokasi.
  10. untuk rumus pada baris-baris dibawahnya teman sanggup copy pada baris 8 hingga nilai sisa menjadi 0.
Dengan memakai cara menyerupai ini maka nilai pembagian sementara sanggup dilihat pada baris 27 dimana 
  • Level Manager mendapat 1.200.000
  • Level Supervisor mendapat 1.800.000
  • Level Staft Mendapat 2.000.000
Langkah selanjutnya teman sanggup membagi jumlah bonus yang teralokasi untuk masing-masing dengan jumlah karyawan menurut levelnya masing-masing menyerupai pada gambar pola bonus karyawan 2.

 Salah satu hal yang sering dilakukan oleh perusahaan yaitu menunjukkan bonus kepada para  Cara Menghitung Bonus di Excel
Contoh Bonus karyawan 2

Dengan memakai cara menyerupai ini maka seorang level staft akan mendapat 200.000 atau sebesar 50% dari yang didapat seorang level manager sebesar 400.000.


Sumber http://rumus-fungsi-excel.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menghitung Bonus Di Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel