-->

iklan banner

Cara Gampang Menghitung Rumus Perbandingan Berbalik Nilai

Cara Praktis Menghitung Rumus Perbandingan Berbalik Nilai - Selamat pagi semuanya, jumpa lagi nih dengan admin cantiknya mengenal ilmu sains online hehe. Nah, pada kesempatan pagi hari ini, aku akan memperlihatkan bahan perihal cara gampang menghitung perbandingan berbalik nilai. Apakah kalian semua sudah pernah mendengar bahan berikut ini? Jika belum, ada baiknya kalau kalian semua menyimak dengan baik bahan yang akan aku sampaikan berikut ini.

Cara Praktis Menghitung Rumus Perbandingan Berbalik Nilai Cara Praktis Menghitung Rumus Perbandingan Berbalik Nilai
Google Image - Cara Praktis Menghitung Rumus Perbandingan Berbalik Nilai


Perbandingan berbalik nilai merupakan suatu perbandingan dari dua buah nilai yang mempunyai besaran yang sejenis. Pada perkara ini, apabila nilai pada suatu komponen naik, maka nilai dari komponen yang lainnya akan mengalami penurunan. Contohnya begini, kalau kalian pergi kesekolah mengendarai sepeda motor dengan kecepatan sedang, maka kalian akan hingga pada waktu tertentu. Namun kalau kalian mengendarai sepeda motor dengan kecepatan yang tinggi, maka kalian akan lebih cepat hingga kesekolah sehingga waktu tempuh kalian akan semakin sedikit dibandingkan dengan mengendarai sepeda motor yang berkecepatan sedang. semoga kalian lebih terperinci lagi, perhatikan saja tabel berikut ini:


Tabel diatas merupakan tabel perbandingan antara kecepatan dan waktu tempuh kalau jarak rumah kesekolah yaitu 90 km. dari tabel diatas sanggup kita tarik kesimpulan bahwa semakin lambat kecepatan kita, maka waktu tempuh untuk hingga kesekolah yang jaraknya 90 km akan semakin lama. Itu artinya apabila kecepatan rata – rata naik, maka nilai dari waktu tempuh akan turun. Itulah yang dimaksud dengan perbandingan berbalik nilai, dimana kalau suatu komponen dinaikkan, maka komponen yang lainnya akan menurun.

Rumus perbandingan berbalik nilai

Untuk memudahkan kalian, aku akan memperlihatkan kalian rumus bagaumana mencari perbandingan berbalik nilai. Secara umum, rumus perbandingan berbalik nilai adalah:

Cara Praktis Menghitung Rumus Perbandingan Berbalik Nilai Cara Praktis Menghitung Rumus Perbandingan Berbalik Nilai
Google Image - Cara Praktis Menghitung Rumus Perbandingan Berbalik Nilai

Untuk mempermudah kalian bagaimana sih cara memakai rumus diatas, aku akan memperlihatkan tumpuan soal dan pembahasannya lengkap. Berikut ini yaitu tumpuan soal perbandingan berbalik nilai.

Contoh 1

Seorang kontraktor ingin menciptakan sebuah apartemen mewah. Jika ia hanya memperkerjakan 50 orang, maka diperkirakan apartemen tersebut akan selesai selama 30 hari. Berapa harikah apartemen tersebut akan selesai kalau pekerja hanya sebanyak 20 orang?

Jawab

Diketahui: a1 = 50
b1 = 30
a2 = 20
ditanya: b2 = ?

penyelesaian:

masukkan saja pribadi kedalam rumus yang terdapat diatas.
a1/b2 = a2/b1
50/b2 = 20/30
Kali silang, sehingga didapat:
1500 = 20 x b2
1500/20 = b2
75 = b2

Jadi, apartemen akan selesai selama 75 hari kalau yang mengerjakkan apartemen tersebut hanya 20 orang.

Contoh 2

5 mesin jahit, bisa menuntaskan 200 menit pesanan baju kemeja. Berapa mesin jahitkah yang diperlukkan kalau ingin menuntaskan dalam waktu 50 menit pesanan baju kemeja?

Jawab:

Diketahui: a1 = 5
b1 = 200
b2 = 50
Ditanya: a2 = ?

Penyelesaian:

a1/b2 = a2/b1
5/50 = a2/200
1000 = 50 x a2
1000/50 = a2
20 = a2

Makara mesin jahit yang diharapkan yaitu sebanyak 20 mesin jahit.


Cara Praktis Menghitung Rumus Perbandingan Berbalik Nilai - Nah, inilah yang sanggup aku berikan kepada kalian semua, aku harap kalian semua bisa mengambil ilmu dari bahan yang telah aku paparkan diatas. Karena sebentar lagi kalian akan menjalani ujian, untuk itu aku berpesan kepada kalian semua untuk rajin – rajin dalam belajar. Karena dengan belajar, kalian semua bisa mengerjakkan soal – soal ujian dengan baik dan jujur. Terimakasih, jangan lupa ikuti blog ini ya.

Sumber http://www.ilmusainsonline.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Gampang Menghitung Rumus Perbandingan Berbalik Nilai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel