-->

iklan banner

Cara Gampang Mengerjakan Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (Spltv)

Cara Praktis Mengerjakan Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV) - Selamat pagi sobat – sobat semua, jumpa lagi dengan mengenal ilmu sains online. Nah, pada pagi hari ini, aku akan menunjukkan bahan yang mungkin membantu sobat – sobat semua dalam mengerjakan pekerjaan rumah. Materi nya cukup gampang kok, cara gampang mengerjakkan sistem persamaan linier tiga variabel atau biasa kita kenal dengan SPLTV. Kalian semua tentu sudah pernah mengenal bukan apa itu SPLTV? Namun bagi kalian yang belum pernah belajar, tidak ada salahnya untuk mengikuti bahan pada pagi hari ini.

Cara Praktis Mengerjakan Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel  Cara Praktis Mengerjakan Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV)
Google Image - Cara Praktis Mengerjakan Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV)


Sistem persamaan linier tiga variabel atau SPLTV, merupakan bahan yang akan kita jumpai pada tingkatan SMA, namun di tingkatan Sekolah Menengah Pertama – pun sanggup kita jumpai biarpun tidak terlalu detail. Nah, pada pagi hari ini, aku akan menjelaskan kepada kalian semua ihwal cara menuntaskan SPLTV tersebut. Tidak sulit kok, hanya perlu ketelitian dan yang niscaya kalian harus rajin mengerjakkan soal yaaa. Oke pribadi saja pada materinya berikut ini.

Cara Praktis Mengerjakan Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV)

SPLTV merupakkan sistem persamaan linier yang terdiri dari tiga variabel. Sebenarnya tidak sulit dalam mengerjakkan SPLTV, jikalau kalian sudah paham dengan sistem persamaan dua variabel, maka akan gampang mengerjakkan yang mempunyai tiga variabel. Yang harus kalian perhatikkan dalam mengerjakkan soal berbentuk SPLTV yakni lihat variabel yang mempunyai kesamaan untuk sanggup memperoleh persamaan yang lain. Cukup mudah bukan. Agar kalian lebih jelas, pribadi saja kita masuk kepada inti dari bahan kita pada pagi hari ini.

Langkah – Langkah mengerjakkan SPLTV

Untuk mengerjakkan soal yang berbentuk persamaan, kita harus memperhatikan variabel yang sama untuk dieliminasi sehingga kita sanggup mendapat variabel yang lainnya. Contoh:

Tentukan himpunan penyelesaian x, y, dan z pada persamaan berikut ini.
4x – 8y + 12z = 40 ( Pers. I )
2x + 8y – 2z = 15 ( Pers. II )
3x – 6y + 3z = 20 ( Pers. III )

Dalam teladan soal diatas, kita melihat terdapat tiga variabel yaitu x, y dan z. cara menuntaskan persamaan diatas yakni memakai metode eliminasi:

4x – 8y + 12z = 40 │x 1 = 4x – 8y + 12z = 40
2x + 8y – 6z = 15 │x 2 = 4x + 16y – 12z = 30
      -24y + 24z = 10 ( Pers. IV )

2x + 8y – 2z = 20 │x 3 = 6x + 24y – 6z = 45
3x – 6y + 3z = 20 │x 2 = 6x – 12y + 6z = 40 – 
    36y = 5
        y = 7,5 ( Pers. V )

sesudah mendapat y, kita sanggup mencari nilai dari z dengan mensubstitusi Pers. V ke Pers. IV

-24y + 24z = 10
-24(7,5) + 24z = 10
-180 + 24z = 10
24z = 190
Z = 7,9

Setelah mendapat nilai y dan z, kita sanggup dengan gampang mencari nilai x dengan cara mensubstitusikan ke persamaan diatas.

2x + 8y – 2z = 15
2x + 8(7,5) – 2(7,9) = 15
2x + 60 – 15,8 = 15
2x + 44,2 = 15
2x = -29,2
X = -14,6

Jadi, himpunan penyelesaian dari soal diatas yakni { -14,6 ,7,5  , 7,9 }.



Cara Praktis Mengerjakan Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV) - Nah, inilah yang sanggup aku berikan kepada kalian semua, gampang bukan mengerjakan soal SPLTV, yang niscaya kalian harus teliti dalam mengerjakkan soalnya. Semoga kalian sanggup mendapat ilmu pada pagi hari ini, alasannya yakni jikalau kalian semua paham dengan apa yang aku sajikan, aku merasa sangat bahagia sekali. Sekian yang sanggup aku berikan, terus pelajari cara gampang mengerjakan SPLTV dan bahan – bahan yang lainnya ya sobat – teman. Terimakasih.


Sumber http://www.ilmusainsonline.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Gampang Mengerjakan Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (Spltv)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel