-->

iklan banner

Aplikasi Pendukung Berguru Pemrograman Web Dasar

Aplikasi Pendukung Belajar Pemrograman Web Dasar–Untuk mencar ilmu pemrograman web dasar dibutuhkan beberapa aplikasi pendukung yang nantinya dipakai untuk kebutuhan menulis kode, format video, web browser, dan lain sebagainya. Semua aplikasi pendukung ini harus ada dan diperkenalkan fungsi, versi, daerah mengunduh, cara instalasi dan kelebihan serta kekurangannya kepada siswa. Apa saja aplikasi pendukung mencar ilmu pemrograman web dasar tersebut? Silahkan disimak urutan aplikasi standar yang biasa dipakai dalam kegiatan mencar ilmu pemrograman web dasar dibawah ini.

Setidaknya ada 5 aplikasi penting yang harus ada dalam komputer siswa, atau komputer lab sekolah pada dikala kegiatan mencar ilmu pemrograman web dasar. Yaitu; aplikasi untuk menulis arahan kegiatan (text editor), aplikasi untuk menampilkan arahan program, aplikasi untuk memformat video, aplikasi untuk menciptakan server local, dan aplikasi untuk disain tampilan web.

Aplikasi Untuk Menulis Kode Program

Ada banyak aplikasi yang sanggup dipilih sebagai varian untuk kenyamanan menulis arahan kegiatan atau biasa disebut dengan text editor. Tiap aplikasi mempunyai tingkat kenyamanan sendiri-sendiri sesuai kebiasaan dan kesukaan orang yang menggunakannya. Ada yang suka dengan tampilan minimalis dengan latar putih, ada juga yang suka dengan tampilan pekat dengan tampilan arahan warna warni. Berikut beberapa text editor yang terkenal dipakai untuk menulis arahan program.

(1). Notepad

Notepad merupakan aplikasi yang umum dipakai pada dikala pertamakali mencar ilmu menulis arahan program. Aplikasi yang terintegrasi pada sistem operasi Windows ini merupakan text editor yang sangat terkenal yang sudah ada semenjak Windows 1.0 di tahun 1985.

Aplikasi Pendukung Belajar Pemrograman Web Dasar Aplikasi Pendukung Belajar Pemrograman Web Dasar

Aplikasi Notepad ada pada semua versi Windows. Bagi yang belum tau cara  masuk ke kegiatan aplikasi ini langkahnya cukup mudah, tinggal masuk ke kegiatan accessories, pilih Notepad. Atau gunakan pencarian aplikasi dan ketikan nama aplikasi “notepad”.

(2). Wordpad

Selain Notepad, pada sistem operasi Windows juga terdapat aplikasi yang juga sanggup dipakai untuk menulis arahan kegiatan pemrograman dasar seprti HTML dan CSS.

Aplikasi Pendukung Belajar Pemrograman Web Dasar Aplikasi Pendukung Belajar Pemrograman Web Dasar

Wordpad bersama-sama merupakan pengolah kata dasar yang disediakan dengan hampir semua versi Microsoft Windows dari Windows 95 dan seterusnya. Aplikasi ini lebih maju dari Notepad tapi lebih sederhana daripada Microsoft Word. Aplikasi ini juga masih satu paket dengan Notepad berada pada paket kegiatan aplikasi Accessories pada sistem operasi Windows.

(3). Notepad ++

Notepad++ merupakan aplikasi text editor gratis ringan yang berjalan pada sistem operasi Windows, kelebihan aplikasi ini disamping ringan yaitu mempunyai banyak fitur. Salah satunya ialah fitur pewarnaan code (syntax highlighting). Fitur ini akan memudahkan penulisan HTML.

Aplikasi Pendukung Belajar Pemrograman Web Dasar Aplikasi Pendukung Belajar Pemrograman Web Dasar

Notpad ++ dikembangkan oleh Don Ho yang diriliskan pada tanggal 24 November 2003,dengan mempunyai license dari GNU General Public License dengan ukuran kegiatan yang kecil yaitu 5.5MB. Aplikasi ini sanggup anda unduh pada alamat situs resminya disini: https://notepad-plus-plus.org/

(4). Sublema

Sublime Text ialah teks editor yang menyerupai mirip Notepad++ namun dengan fitur lebih banyak, aplikasi text editor ini juga menjadi aplikasi text editor yang banyak dipakai selai notepad ++ dan aplikasi text editor lainnya.

Aplikasi Pendukung Belajar Pemrograman Web Dasar Aplikasi Pendukung Belajar Pemrograman Web Dasar

Tapi sayang, untuk memakai aplikasi ini tidak gratis, alias berbayar. Tetapi untuk mencobanya kita sanggup memakai versi trial dengan batas waktu.

(5). Komodo Edit

Salah satu aplikasi text editor untuk menulis arahan pemrograman dan sanggup menjadi alternatif aplikasi editor pada dikala mencar ilmu pemrograman web dasar ialah Komodo Edit. Komodo Edit juga merupakan versi ringan dari versi berbayar Komodo IDE yang juga dikembangkan oleh perusahaan yang sama yaitu ActiveState.

Aplikasi Pendukung Belajar Pemrograman Web Dasar Aplikasi Pendukung Belajar Pemrograman Web Dasar

Aplikasi editor Komodo Edit ini gratis, berbeda dengan Sublime, aplikasi ini sanggup anda unduh secara cuma-cuma pada situs resminya disni: https://www.activestate.com/komodo-edit

Selain 5 aplikasi text editor diatas, masih ada banyak lagi aplikasi dengan fungsi serupa dan fitur yang variatif menyerupai Adobe Dreamweaver, Atom, Brackets, Visual Studio Code, dan lainnya. Tapi sejauh ini, untuk mencar ilmu pemrograman web dasar Notepad ++ menjadi aplikasi unggulan dibanding aplikasi text editor lainnya.

Aplikasi Untuk Menampilkan Program / Browser

Selain text editor, aplikasi lainnya yang dibutuhkan dikala mencar ilmu pemrograman web dasar ialah aplikasi untuk menampilkan hasil penulisan arahan program, yaitu web browser.

Ada banyak web browser yang sanggup dan biasa dipakai untuk menampilkan hasil penulisan arahan kegiatan tersebut, diantaranya:

(1). Mozilla Firefox

(2). Google Chrome

(3).Internet Explorer

(4). Safari

(5). Opera, dll

Selain 5 aplikasi web browser diatas ada banyak web browser yang sanggup dipakai sebagai aplikasi untuk menampilkan hasil penulisan arahan pemrograman web dasar yang sanggup kita peroleh dengan gratis. Tapi yang paling terkenal 5 aplikasi tersebut.

Aplikasi Converter Video

Aplikasi converter video dibutuhkan pada dikala mencar ilmu menampilkan video memakai kode, sebab tidak semua format video sanggup ditampilkan di browser.

Misalnya format video WMV, format file video ini tidak sanggup ditampilkan di browser. Agar video berformat WMV sanggup ditampilkan di browser maka terlebih dahulu kita harus  merubah extension WMV menjadi MP4. Untuk proses merubah file extension ini kita memerlukan yang namanya aplikasi converter video.

Berikut beberapa aplikasi yang sanggup dipakai untuk converter video:

(1). Format Factory

(2). Any Video Converter

(3). Fremake Video Converter

(4). DVD Flick

(5). Free video converter, dll

Ada banyak varian aplikasi converter video yang sanggup kita dapatkan dengan cuma-cuma alias gratis, tetapi diantara aplikasi converter  video tersebut, yang paling gampang dipakai ialah Format Factory.

Aplikasi Web Server Localhost

Aplikasi web server localhost dibutuhkan pada dikala mencar ilmu pemrograman web dasar menuju level yang lebih tinggi, tepatnya aplikasi ini dipakai untuk melaksanakan testing protokol yang terinstall di komputer, dengan webserver localhost sanggup melaksanakan aktifitas ujicoba pemrograman tanpa harus terhubung ke jaringan online tanpa biaya bandwidth.

Beberapa aplikasi webserver locahost yang sering dipakai untuk mencar ilmu “ngehost” dari kode-kode pemrograman web antara lain;

(1). Xampp

(2). Wampserver

(3). Ammps

(4). EasyPHP

(5). Winginx, dll

Dan banyak lagi tentunya webserver localhost lainnya sesuai platform sistem operasi komputer masing-masing, tapi yang umum dipakai yaitu Xampp dan Wampserver.

Aplikasi Disain Tampilan Web

Pada dasarnya aplikasi-aplikasi text editor diatas sudah termasuk dalam aplikasi disain, akan tetapi aplikasi tersebut tidak sanggup menampilkan grafhic secara eksklusif pada dikala proses mendisain tampilan website. Untuk itu bagi yang ingin mencar ilmu menciptakan tampilan website antara yang sedang dikerjakan dan yang nantinya akan ditampilkan pada browser sama maka dibutuhkan beberapa aplikasi untuk menuntaskan kebutuhan ini.

Beberapa aplikasi yang lazim dipakai dalam menciptakan disain tampilan website antara lain:

(1). Adobe Photosop

(2). Adobe Dreamweaver

(3). Adobe Ilustrator

(4). Adobe Indesign

(5). Corel Draw

(6). Pidoco

(7). Gimmp

(8). Web Flow

(9). Power Mockup

(10). Invision, dll

Banyak sekali aplikasi yang sanggup dipakai untuk mempercantik tampilan suatu website. Biasanya aplikasi tersebut diubahsuaikan dengan platform komputer, dan web programming dan web platform yang nantinya akan digunakan.

Selain aplikasi diatas, bersama-sama masih banyak lagi aplikasi pendukung lainnya, menyerupai aplikasi untuk menciptakan flowchart kegiatan dan DFD, aplikasi untuk menciptakan database program, aplikasi untuk responsive web dan lain sebagainya untuk kebutuhan pembuatan web aplikasi.

Demikian artikel mengenai aplikasi atau software pendukung mencar ilmu pemrograman web kali ini, supaya saja bermanfaat dan sanggup menambah perbendaharaan pengetahuan dan yang lebih penting sanggup memotivasi semangat mencar ilmu pemrograman web. Pembahasan penggunaan software-software pendukung mencar ilmu pemrograman website diatas akan dibahas lebih rinci pada artikel-artikel selanjutnya.

Artikel aplikasi pendukung mencar ilmu pemrograman web dasar ini ditulis oleh:
Mulyadi Tenjo
Guru mapel produktif di Sekolah Menengah kejuruan Nida El-Adabi, Bogor, pada kompetensi Multimedia
Kontak sanggup dilihat dihalaman about as.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Aplikasi Pendukung Berguru Pemrograman Web Dasar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel