-->

iklan banner

Apakah Yang Dimaksud Dengan Riset Pemasaran?

Riset Pemasaran (Marketing Research) mempunyai kaitan bersahabat dengan sistem informasi. Informasi sanggup diperoleh melalui riset pemasaran dan penggunannya sangat luas. Berikut ini diberikan beberapa contoh.

1. Dalam berkampanye politik, politikus perlu menerapkan teknik-teknik penelitian sikap konsumen, alasannya yakni dia memerlukan santunan dari masyarakat atau para pemberi bunyi dalam pemungutan suara. Dengan memakai teknik-teknik penelitian tersebut akan diperoleh banyak sekali warta yang sanggup digunakan sebagai materi berkampanye.

2. Suatu riset pemasaran memperlihatkan bahwa konsumen banyak yang menikmati minuman 7-up bahu-membahu dengan minuman lain. Dengan warta menyerupai ini, perusahaan sanggup melaksanakan promosi yang menekankan pada 7-up sebagai minuman penyampur, alasannya yakni selain warnanya yang netral (putih), rasanya pun lezat jikalau dicampur dengan minuman sari lainnya.

Dua pola di atas menggambarkan beberapa arti penting riset pemasaran. Selain mengumpulkan informasi, riset pemasaran juga sanggup mengurangi risiko serta ketidakpastian manajemen.

Menurut Walter B. Wentz dalam bukunya Marketing Research: Management and Method, riset pemasaran didefinisikan sebagai:
Pengumpulan dan penganalisisan warta untuk membantu administrasi dalam mengambil keputusan di bidang pemasaran.
 mempunyai kaitan bersahabat dengan sistem warta Apakah yang Dimaksud dengan Riset Pemasaran?
Contoh Instrumen Riset via tpgbrandstrategy.com
Dari definisi tersebut sanggup dikatakan bahwa riset pemasaran merupakan suatu proses yang sifatnya praktis. Manajemen memakai riset pemasaran untuk memudahkan dan mengambil keputusan, bukannya untuk kepentingan diri sendiri.

Baca Juga

Kadang-kadang orang yang tidak mengetahui perihal riset pemasaran mempunyai anggapan bahwa hal ini tidak bermanfaat bagi manajemen. Tetapi kasus tersebut tidak menjadi persoalan. Penelitian hanya memperlihatkan input (bahan) pada pimpinan, yang dalam hal ini bertanggung jawab untuk mengambil keputusan.

Dalam kehidupan sehari-hari, orang akan sukses alasannya yakni mempunyai warta yang diperlukan. Riset pemasaran sanggup memperlihatkan materi ke dalam sistem warta pemasaran. Dengan demikian riset merupakan bab dari suatu sistem.

Sumber: 
Basu Swastha. 2002. Azas-azas Marketing. Yogyakarta: Liberty.

Sumber http://pend-ekonomi.blogspot.com

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apakah Yang Dimaksud Dengan Riset Pemasaran?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel