-->

iklan banner

7 Alasan Memakai Virtual Machine Ketika Ini Juga!

Kata “virtual” mungkin sering anda dengar. Kata virtual biasanya mengacu pada sesuatu yang tidak nyata. Dari kalimat “Virtual Machine”, sanggup anda bayangkan sebagai mesin yang tidak nyata. Istilah Virtual Machine (VM) biasa dipakai dalam dunia komputer, dimana kita menciptakan komputer virtual di dalam komputer fisik. Jika anda tertarik dengan hal ini, kira-kira apa alasan memakai Virtual Machine yang orang lain lakukan?

7 Alasan Menggunakan Virtual Machine Saat Ini Juga!

Di artikel ini, anda akan mengetahui kenapa anda harus memakai Virtual Machine (VM) yang mungkin akan mengejutkan anda. Mungkin anda berpikir sangat sulit menciptakan sebuah VM. Namun kenyataannya tidak menyerupai itu. Sangat gampang jikalau anda ingin menciptakan VM dengan derma aplikasi VirtualBox yang gratis sanggup anda pakai dan VirtualBox merupakan cara termudah bagi anda yang ingin menciptakan VM. Kami pun sudah menulis tutorial bagaimana cara memakai VirtualBox supaya anda terbantu.

Cara Menggunakan VirtualBox (2018): Petunjuk Manual

Di artikel ini, anda akan mengetahui apa saja alasan memakai Virtual Machine dan mudah-mudahan sanggup anda manfaatkan dalam pekerjaan anda. Berikut artikelnya.

1. Mencoba Sistem Operasi Baru

Setiap orang niscaya mempunyai rasa ingin tau dan ingin coba-coba hal baru. Di dunia komputer, ada banyak hal yang sanggup anda coba, termasuk mencoba sistem operasi yang belum pernah anda pakai. Biasanya ada satu problem jikalau ingin melaksanakan hal tersebut, yaitu takut kalau komputernya ada masalah.

Dengan memakai Virtual Machine, anda sudah tidak perlu khawatir lagi sebab sistem operasi yang gres akan terisolir dari sistem operasi utama. Anda sanggup dengan bebas meng-install banyak sistem operasi tanpa mengganggu sistem operasi utama.

 Kata virtual biasanya mengacu pada sesuatu yang tidak faktual 7 Alasan Menggunakan Virtual Machine Saat Ini Juga!

Bahkan di artikel cara memakai VirtualBox, penulis sudah berikan tutorial meng-install Windows 10 dan juga Linux Ubuntu sebagai contoh. Menggunakan VM ialah cara teraman dan tercepat, sebab VM bertindak sebagai sebuah sandbox atau kurungan khusus. Jika VM yang anda buat ada kesalahan atau error di dalamnya ketika meng-install Ubuntu sebagai contoh, maka anda sanggup menghapus VM dan menciptakan yang gres tanpa mengganggu yang lain.

2. Membuat Software untuk Platform Lain

Di zaman modern ini, jikalau anda seorang programmer atau developer, kita biasanya dituntut untuk menciptakan aplikasi yang sanggup dipakai di banyak platform. Membuat aplikasi di satu sistem operasi menciptakan anda rugi sebab potensi pengguna yang sanggup dicapai semakin sedikit. Nah, tugas Virtual Machine juga sanggup mengatasi problem itu.

Jika anda menciptakan software apapun, usahakan software tersebut sanggup berjalan baik di Windows, Linux, maupun MacOS supaya potensi pembeli semakin besar. Praktek ini sangat banyak developer lakukan. Tidak hanya software desktop, bahkan untuk website pun banyak yang memakai VM. Contohnya saja bahasa pemrograman PHP dengan framework Laravelframework ini sudah memakai Homestead dan Vagrant untuk menciptakan VM-nya sendiri untuk menciptakan aplikasi web.

3. Menjalankan Aplikasi Lama

Jika anda sudah memakai komputer semenjak jaman Windows 95 hingga Windows XP, mungkin di benak anda ada aplikasi yang tidak sanggup dipakai di sistem operasi gres menyerupai Windows 10. Jika anda rindu, anda sanggup memasang Windows 95 di VirtualBox dan meng-install aplikasi favorit anda.

 Kata virtual biasanya mengacu pada sesuatu yang tidak faktual 7 Alasan Menggunakan Virtual Machine Saat Ini Juga!

 

Di situs Oldapps, anda sanggup menemukan daftar aplikasi usang yang mungkin membangkitkan rasa rindu anda. Silahkan cek dan install di VM supaya anda sanggup teringat kembali aplikasi usang tersebut.

4. Menjalankan Malware

 Kata virtual biasanya mengacu pada sesuatu yang tidak faktual 7 Alasan Menggunakan Virtual Machine Saat Ini Juga!
Gambar: freeimages.com/photographer/Sarej-47901

Dulu, sering sekali Windows yang penulis miliki terkena virus, entah sebab dari internet maupun dari flash disk. Itu sebab Antivirus penulis yang tidak selalu di update. Di zaman modern ketika ini, Windows yang penulis miliki selalu update, sehingga malware menyerupai virus dan trojan hampir tidak pernah penulis temukan.

Karena Virtual Machine itu terisolir atau sandboxed dari komputer fisik, tidak ada efek negatif terjadi apabila anda menjalankan malware secara sengaja di VM. Misalnya anda mendapat sebuah file dari internet, anda sanggup membuka VM anda dan mengunduhnya disana. Jika itu malware, anda sanggup damai sebab yang terinfeksi cuma VM anda.

5. Mengutak-atik Sistem

Mengutak-atik sistem memang sangat tidak disarankan sebab akan mengakibatkan error dan problem lainnya yang sanggup jadi menimbulkan anda harus install ulang sistem operasi. Namun hal ini tidak berlaku jikalau anda memakai VM.

 Kata virtual biasanya mengacu pada sesuatu yang tidak faktual 7 Alasan Menggunakan Virtual Machine Saat Ini Juga!

Walaupun anda utak-atik dan terjadi error, anda sanggup saja menghapus VM dan membuatnya lagi. Misalnya saja, anda sering mengutak-atik Windows Registry. Atau anda ingin tau dengan folder-folder terlarang yang ada di Windows. Jika anda meng-install Ubuntu di VM, anda juga sanggup bermain-main dengan Terminal sesuka hati tanpa takut resiko Ubuntu error.

6. Membuat Backup Snapshot

Salah satu kehebatan dalam menciptakan VM contohnya memakai VirtualBox ialah anda sanggup membuat backup berupa Snapshot. Snapshot ini sanggup anda kembalikan sesuai permintaan, sehingga anda tidak perlu menciptakan ulang VM.

 Kata virtual biasanya mengacu pada sesuatu yang tidak faktual 7 Alasan Menggunakan Virtual Machine Saat Ini Juga!

Misalnya saja anda ingin memasang aplikasi versi beta yang belum stabil atau hal lainnya menyerupai yang dibahas di artikel ini. Anda sanggup membuat snapshot keadaan ketika ini. Ketika terjadi error, anda sanggup dengan mudah restore VM tanpa harus menciptakan ulang dari awal. Setelah di-restore, keadaan VM anda akan balik menyerupai semula.

7. Melakukan Clone System

Jika anda memakai VM, VM tersebut sanggup anda Copy & Paste di komputer lain. Karena VM hanyalah berbentuk sebuah file portabel yang sanggup anda pindahkan.

 Kata virtual biasanya mengacu pada sesuatu yang tidak faktual 7 Alasan Menggunakan Virtual Machine Saat Ini Juga!

Bahkan di VirtualBox, anda sanggup menciptakan Clone dengan gampang berkat adanya fitur ini langsung.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, maka anda akan sadar betapa banyak hal yang sanggup anda lakukan dengan VIrtual Machine. Lalu, alasan memakai Virtual Machine apa lagi yang anda pikirkan? Apakah ada yang kurang di artikel ini? Silahkan tulis di kotak komentar.

Sekian artikel 7 Alasan Menggunakan Virtual Machine Saat Ini Juga, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa untuk Like Facebook atau berlangganan via Email supaya artikel gres pribadi dikirimkan.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Alasan Memakai Virtual Machine Ketika Ini Juga!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel