-->

iklan banner

Sifat - Sifat Garis Sejajar Dan Berpotongan

Sifat - Sifat Garis Sejajar dan Berpotongan - Artikel ini berisi bahan wacana sifat - sifat garis sejajar, berpotongan. Pada pertemuan kemarin, Ilmu Sains Online telah memperlihatkan bahan wacana kedudukan dua buah garis. Untuk lebih memahaminya, kita harus mengetahui sifat - sifat dari garis tersebut. Baik yang sejajar, berpotongan.

 Artikel ini berisi bahan wacana sifat  Sifat - Sifat Garis Sejajar dan Berpotongan
Google Image - Sifat - Sifat Garis Sejajar dan Berpotongan
Sifat - sifat dari setiap kedudukan dua buah garis pastilah berbeda antara satu dengan yang lainnya. Untuk itu, kalian harus mengetahui sifat dari masing - masing kedudukan dua buah garis tersebut. Pada postingan hari ini, Ilmu Sains Online telah merangkum bahan sifat - sifat dari garis. Untuk itu, simak materinya dengan baik ya mitra - kawan.

Materi Sifat - Sifat Garis Lengkap


Sifat Garis Sejajar


Kemarin kita telah mempelajari apa yang dimaksud dengan kedudukan garis sejajar. Dua buah garis dikatakan sejajar apabila garis tersebut berada pada satu bidang dan mempunyai ukuran yang sama serta jikalau di panjangkan maka tidak akan pernah berpotongan. Itulah pengertian dari garis sejajar. Berikut ini merupakan sifat garis sejajar:

Sifat 1


Jika suatu garis memotong salah satu dari dua garis yang sejajar, maka garis itu juga memotong garis lainnya.

Contoh:

Diketahui terdapat dua buah garis k dan m yang kedudukannya sejajar. Berdasarkan sifat satu, jikalau terdapat suatu garis yang memotong pada salah satu titik antara garis k maupun m maka garis yang memotong disalah satu garis akan memotong pada garis yang lain. Perhatikan gambar dibawah ini:
Terlihat ada suatu garis l yang memotong garis k dititik P. Berdasarkan sifat 1, garis l juga akan memotong garis m pada titik Q.


Sifat 2


Jika sebuah garis sejajar dengan 2 buah garis, maka kedua garis itu juga saling sejajar.

Contoh:

Diketahui terdapat 3 buah garis yang saling sejajar. Garis tersebut ialah garis k, l, dan m. Berdasarkan sifat 2, jikalau ada suatu garis yang sejajar dengan 2 buah garis yang sejajar, maka ketiganya saling sejajar. Perhatikan gambar berikut ini:
Terlihat jikalau garis k sejajar dengan garis l dan l sejajar dengan garis m, maka garis k akan sejajar dengan garis m.

Sifat Garis Berpotongan Tegak Lurus


Pengertian dari garis yang berpotongan tegak lurus ialah dua buah garis yang berada pada sebuah bidang datar yang berpotongan pada satu titik yang tegak lurus pada bidang datar tersebut. Adapun sifat dari garis berpotongan tegak lurus ialah sebagai berikut:

Sifat 1


Jika sebuah garis tegak lurus pada sebuah bidang, garis tersebut tegak lurus pada semua garis yang terletak pada bidang itu.

Contoh:
Berdasarkan gambar diatas, Garis l berpotongan tegak lurus terhadap garis m. Berdasarkan sifat 1, jikalau sebuah garis tegak lurus pada sebuah bidang datar, maka garis tersebut berpotongan tegak lurus dengan garis yang terdapat pada bidang datar tersebut. Oleh alasannya ialah itu, garis l juga berpotongan tegak lurus dengan garis n dan p.

Sifat 2


jika sebuah garis tegak lurus pada dua garis yang berpotongan, garis tesebut tegak lurus pada sebuah bidang yang melalui kedua garis yang berpotongan itu.

Contoh:
Berdasarkan gambar diatas, garis m berpotongan tegak lurus pada bidang A yang juga berpotongan pada bidang B. Sehingga menurut sifat dua maka garis tersebut tegak lurus berpotongan pada sebuah bidang yang melalui kedua bidang yang berpotongan itu.

Sifat 3


jika dari sebuah titik pada sebuah garis dibentuk garis-garis yang tegak lurus pada garis itu, garis-garis tersebut terletak pada sebuah bidang datar yang tegak lurus pada garis itu.

Sifat 4


jika salah satu dari dua garis sejajar tegak lurus pada sebuah bidang, garis yang kedua juga tegak lurus pada bidang tersebut.

Sifat - Sifat Garis Sejajar dan Berpotongan - Nah, inilah yang sanggup Ilmu Sains Online berikan untuk mitra - mitra semua. Harapannya kalian semua sanggup mengambil ilmu dari bahan diatas. Jangan lupa untuk share ya. Pada postingan selanjutnya, kita akan berguru dengan bahan yang lebih menarik lagi. Terimakasih.

Sumber http://www.ilmusainsonline.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sifat - Sifat Garis Sejajar Dan Berpotongan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel