-->

iklan banner

Pentingnya Komunikasi Yang Efektif Dalam Dunia Bisnis

Pentingnya Komunikasi yang Efektif dalam Dunia Bisnis
Ditulis oleh:  Wiki Pebrianto

Dewasa ini segala hal bekerjasama dengan komunikasi, baik dalam kehidupan sehari-hari, dalam dunia pendidikan formal maupun dalam ruang lingkup bisnis. Komunikasi merupakan elemen terpenting yang diberikan Tuhan kepada manusia, karena dengan komunikasi kita menjadi mahluk hidup bukan benda lagi, komunikasi bisa menghidupkan nyawa sosial yang menjadi keinginan kita untuk tetap berperan sebagai manusia.

Selain komunikasi ada juga faktor penting yang harus kita lakukan, yaitu bisnis, yah bisnis, alasannya yakni dengan bisnis kita bisa menghasilkan simbiosis mutualisme untuk memenuhi kebutuhan dan hasrat hidup kita sebagai manusia.
Komunikasi yakni suatu proses penyampaian dan penerimaan pesan atau gosip diantara dua orang atau lebih dengan keinginan terjadinya imbas yang positif atau mengakibatkan imbas tertentu yang diharapkan. Komunikasi yakni persepsi dan aspresiasi. Bisnis dan komunikasi sebagai satu proses sosial, kita akan hingga pada kesimpulan bahwa komunikasi yakni bisnis dan sebaliknya, bisnis yakni komunikasi.

Kemajuan di bidang transformasi gosip (TI komunikasi) juga berlangsung sangat pesat, sehingga gosip wacana keadaan tertentu sanggup disampaikan tanpa tergantung jarak geografis. Kemajuan dibidang komunikasi (media massa) telah mensugesti pola-pola bisnis antarmanusia.


Dari uraian singkat diatas sanggup kita bayangkan betapa pentingnya komunikasi dalam hidup. Tapi disini saya akan menawarkan pembagian terstruktur mengenai wacana pentingnya arti dari sebuah komunikasi terhadap dunia bisnis kala modern ini.

Pengertian Komunikasi Bisnis
Secara garis besar, Komunikasi Bisnis sanggup didefinisikan sebagai pertukaran gagasan dan gosip yang mempunyai tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol-simbol atau sinyal.

Menurut para ahli, definisi Komunikasi Bisnis yakni sebagai berikut:
  • Menurut Purwanto (2006:4), Pengertian komunikasi bisnis yakni komunikasi yang dipakai dalam dunia bisnis yang meliputi aneka macam macam bentuk komunikasi baik komunikasi verbal maupun nonverbal untuk mencapai tujuan tertentu.
  • Menurut Katz (1994:4), Komunikasi Bisnis didefinisikan sebagai adanya pertukaran ide, pesan, dan konsep yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersil. Komunikasi bisnis diartikan sebagai komunikasi yang terjadi dalam dunia bisnis dalam rangka mencapai tujuan dari bisnis tersebut.
  • Menurut Rosenbaltt (1982:7), pengertian komunikasi bisnis dikemukakan dalam pernyataan: Business Communication are purposive interchange of ideas, opinions, information, instructions, and the like, presented personally or impersonally by symbols or signal as attain the goals of the organizations (Komunikasi Bisnis merupakan pertukaran ide, opini, informasi, isyarat dan sejenisnya, yang disajikan secara personal ataupun nonpersonal melalui simbol atau tanda untuk mencapai tujuan perusahaan)

Manfaat Komunikasi yang Efektif dalam Dunia Bisnis
Secara umum, ada tiga tujuan komunikasi bisnis yaitu; memberi gosip (Informing) persuasi (persuading) dan melaksanakan kolaborasi, (collaborating) dengan audiens (pelanggan).

Berikut ini yakni beberapa manfaat penting dari komunikasi yang efektif dalam dunia bisnis.

1. Memberi Informasi
Tujuan pertama dalam komunikasi bisnis yakni menawarkan gosip yang berkaitan dengan dunia bisnis kepada pihak lain, teladan seorang pemimpin perusahaan ingin mendapatkan pegawai yang diharapkan, maka Dia memasang iklan melalui mass media, memasang websitus/situs di jalur internet, dalam hal ini setiap media mempunyai kelebihan dan kekurangan dilihat dari jangkauan dan biayanya, untuk itu harus menentukan media mana yang akan dipilih.

Dan itu tergantung pada kebijakan perusahaan dengan melihat kemampuan internal perusahaan tersebut. Contoh yang lain contohnya sebuah Departemen Store memasang goresan pena discount besar-besaran pada produknya.

2. Memberi Persuasi
Tujuan kedua komunikasi bisnis yakni menawarkan persuasi kepada pihak lain semoga apa yang disampaikan sanggup dipahami dengan baik dan benar, hal ini sering dilakukan terutama yang berkaitan dengan penegasan konfi rmasi pesanan pelanggan atau negoisasi dengan pelanggan, semoga kedua pihak memperoleh manfaat secara bahu-membahu tanpa ada yang merasa dirugikan.

3. Melakukan Kolaborasi
Tujuan ketiga dalam komunikasi bisnis yakni melaksanakan kolaborasi, atau kerja sama bisnis antara seseorang dengan orang lain, melalui jalinan komunikasi bisnis tersebut seseorang sanggup dengan gampang melaksanakan kerja sama bisnis, ketika kini seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi komunikasi maka seseorang sanggup memakai aneka macam media telekomunikasi ibarat telpon, faksimile, telpon seluler, internet surat elektronik, teleconference. Teknologi komunikasi tersebut sangat penting artinya dalam pererat kerja sama bisnis.

Kesimpulan
Komunikasi bisnis yakni proses pertukaran pesan atau gosip untuk mencapai efektivitas dan efisiensi produk kerja di dalam struktur dan sistem organisasi. Dalam acara komunikasi bisnis, pesan hendaknya tidak hanya sekedar informatif tetapi juga haruslah Persuasif, semoga pihak lain bersedia mendapatkan suatu paham atau iktikad atau melaksanakan suatu perbuatan atau kegiatan.

Di kala globalisasi ini, tantangan seorang manajer di masa depan relatif akan semakin sulit, alasannya yakni dunia bisnis menghadapi lingkungan persaingan yang cenderung semakin turbulen. Para manajer perlu membekali diri dengan keterampilan lintas budaya, berupa kemampuan berinteraksi dengan aneka macam ragam budaya, gaya administrasi / bisnis bangsa lain, maupun kerjasama tim, baik intern maupun dalam suatu aliansi strategis dengan kawan bisnis.

Disini tugas komunikasi bisnis menjadi semakin sangat penting, yaitu kemampuan membaca, menafsirkan laporan dan gosip dari lingkungan. Disamping memberikan gagasan, baik verbal maupun tertulis secara sistematik.

Catatan Kaki:
www.authorstream.com (source image)
https://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_bisnis

Biografi Penulis:
Nama    : Wiki Pebrianto
Alamat  : Jl. Adinegara No. 10, Padang, Sumatera Barat
Profesi  : Mahasiswa angkatan 2014 di PTN Politeknik Agro Teknologi Industri Padang  dengan jurusan Manajemen Industri.

URL Blog           : http://hakikatbisnis.blogspot.com (HakikatBisnis)
URL Facebook   : www.facebook.com/wicky.blougranna (Wiki Pebrianto)
URL Google+     : https://plus.google.com/u/0/107162192436260612301 (Wky Barcelonista)

Sumber http://pend-ekonomi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pentingnya Komunikasi Yang Efektif Dalam Dunia Bisnis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel