-->

iklan banner

Pengertian Persaingan Dan Tingkatannya

Pengertian Persaingan Dan Tingkatannya. Masalah persaingan bukanlah dilema gres dalam dunia usaha, inidapat dilihat dalam perkembangannya dimana kemajuan suatu perusahaanselalu diiringi oeleh perusahaan lain untuk menuju kearah yang lebih baik.Setiap perusahaan tidak sanggup menghindari persaingan dari perusahaan lain. Berikut ialah klarifikasi seputar pengertian persaingan dan tingkatan Persaingan.

Definisi Persaingan

Kamus besar Bahasa Indonesia (1999:767) arti dari kata saing itu sendiri ialah melaksanakan sesuatu yang sama dengan tujuan yang sama pula. Dalam melawan pesaing setiap perusahaan harus mempunyai keungulan bersaing. Lingkungan persaingan berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia ialah daerah (kawasan, dsb) yang di dalamnya terdapat perjuangan atau acara menunjukkan keunggulan masing-masing yang dilakukan oleh perseorangan (perusahaan atau negara pada bidang perdagangan, produksi, dan sebagainya).

Dalam persaingan kita mengenal istilah “pesaing” yaitu perusahaan yang menghasilkan atau menjual barang atau jasa yang sama atau seolah-olah dengan produk yang kita tawarkan. Pesaing suatu perusahaan sanggup dikategorikan pesaing yangkuat dan pesaing yang lemah atau ada pesaing yang akrab yang mempunyai produk yang sama atau mempunyai produk yang mirip[1].

Persaingan selalu diartikan sebagai tindakan individual yang mementingkan diri sendiri. Dengan mementingkan diri sendiri, seseorang yang bersaing sanggup menghalalkan segala cara untuk memakmurkan atau memuaskan dirinya. Cara yang ditempuh diantaranya ialah cenderung melaksanakan tindakan untuk mematikan pesaingnya dengan tindakan yang tidak layak, menipu konsumen, mematikan pengusaha kecil.

Persaingan atau competition dalam bahasa Inggris oleh webster didefinisikan sebagai “...a struggle or contest between two or more persons for the same objects”.[2]


Tingkatan Persaingan

Level persaingan berdasarkan tingkat kemampuan penggantian produk:
  1. Persaingan merek, ialah perusahaan sanggup melihat pesaingnya sebagai perusahaan lain yang menunjukkan produk dan jasa sejenis kepada pelanggan dengan harga yang sama.
  2. Persaingan industri, ialah perusahaan memandang pesaingnya lebih luas sebagai semua perusahaan yang menciptakan produk atau jenis yang sama.
  3. Persaingan bentuk, ialah perusahaan memandang pesaingnya dengan lebih baik sebagai semua produk manufaktur perusahaan yang mengatakan jasa yang sama.
  4. Persaingan umum, ialah perusahaan sanggup memandang pesaingnya dengan lebih luas sebagai perjuangan perusahaan yang bersaing untuk mendapat konsumsi rupiah yang sama.[3]

Referensi
[1] Kasmir,Kewirausahaan,(Jakarta :PTRaja Grafindo Persada, 2012 ) Cetakanke-7,h.279
[2] Merriam Webster, Dictionary.
[3] Philip Kotler,Manajemen Pemasaran di Indonesia,(Jakarta: alembaEmpat,1999),ed,h.293.

Sumber http://seputarpengertian.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Persaingan Dan Tingkatannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel