-->

iklan banner

Pengertian Kualitas Pelayanan Serta Dimensinya

Pengertian Kualitas Pelayanan Serta Dimensinya. Pelayanan juga diartikan dengan jasa. Kualitas jasa merupakan suatu pembahasan yang sangat kompleks alasannya evaluasi kualitas pelayanan berbeda dengan kualitas produk, terutama sifatnya yang tidak aktual (intangiable) dan produksi serta konsumsi berjalan secara stimultan. Sehingga, kualitas pelayanan yaitu bagaimana balasan pelangggan terhadap jasa yang dikonsumsi atau dirasakannya.

Definisi kualitas pelayanan

Zeithamal dan Bitner (Arif,2007:120), mengemukakan arti kualitas jasa atau pelayanan merupakan penyampaian jasa yang baik atau sangat baik, kalau dibanding dengan ekspektasi pelanggan.

Wyckof (Arief,2007:118), mengungkapkan bahwa pengertian kualitas pelayanan sebagai tingkat kesempurnaan yang diperlukan dan pengandalian akan kesempurnaan tersebut untuk memenuhi keinginan pelanggan.

Menurut Parasuraman (Arief,2007:118), kualitas pelayanan merupakan perbandingan antara layanan yang dirasakan sama atau melebihi kualitas layanan yang diharapkan, maka layanan sanggup dikatakan berkualitas dan memuaskan.

Secara umum kualitas pelayanan yaitu segala bentuk pelayanan yang dilakukan oleh seseorang atau penyelenggara jasa secara maksimal dengan segala keungggulan dalam rangka memenuhi kebutuhan dan impian pelanggan.

Menurut Budi (2013) menyampaikan bahwa kualitas layanan jasa berpusat pada upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen serta ketepatan penyampaiannya untuk mengimbangi impian konsumen. Harapan konsumen bisa berupa tiga macam tipe.
  • Will expectation, yaitu tingkat kinerja yang diprediksi atau diperkirakan konsumen akan diterimanya, menurut semua gosip uang diketahuinya. Tipe ini merupakan tingkat impian yang paling sering dimaksudkan oleh konsumen, sewaktu menilai kualitas jasa tertentu.
  • Should expectation, yaitu tingkat kinerja yang dianggap sudah sepantasnya diterima konsumen. Biasanya tuntutan dari apa yang seharusnya diterima jauh lebih besar daripada apa yang diperkirakan akan diterima.
  • Ideal expectation, yaitu tingkat kinerja optimum atau terbaik yang diperlukan sanggup diterima konsumen.

Dimensi Kualitas Pelayanan

  • Bukti pribadi (tangibles) Meliputi penampilan fisik akomodasi pelayanan, peralatan, atau perlengkapan, sumber daya manusia, dan bahan komunikasi.
  • Keandalan (reliability) Kemampuan menawarkan pelayanan yang dijanjikan dengan segera, akurat, dan memuaskan.
  • Daya tanggap (responsiveness) Ketanggapan yaitu kesediaan dan kemampuan penyedia pelayanan untuk membantu para konsumen dan merespon undangan mereka dengan segera, mencakup hal-hal berikut : Ketanggapan karyawan dalam menangani problem dan Ketersediaan karyawan untuk menjawab pertanyaan konsumen
  • Jaminan (assurance) Yaitu pengetahuan dan kesopanan karyawan serta kemampuan mereka dalam menumbuhkan rasa percaya diri (trust) dan keyakinan konsumen (confidence).
  • Empati (empathy) Berarti perusahaan memahami problem para konsumennya dan bertindak demi kepentingan konsumen, serta menawarkan perhatian personal kepada para konsumen dan mempunyai jam operasi yang nyaman. Meliputi hal-hal berikut : Pemahaman terhadap kebutuhan konsumen. Dan Perhatian terhadap konsumen inti.

Sumber http://seputarpengertian.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Kualitas Pelayanan Serta Dimensinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel