-->

iklan banner

Pengertian Kruk As Atau Crankshaft Pada Motor

poros engkol atau kruk as dan dalam bahasa inggrisnya crankshaft adalah sebuah komponen pecahan dalam pada sepeda motor atau sanggup dibilang inti dari sebuah mesin motor yang menunjang kinerja sebuah mesin. yang perlu diperhatikan pada kruk as sepeda motor itu harus balance atau stabil, apabila kruk as tidak balance maka akan terjadi getaran pada sepeda motor tersebut.

poros engkol atau kruk as dan dalam bahasa inggrisnya crankshaft Pengertian kruk as atau crankshaft pada motor


fungsi utama dari kruk as/poros engkol yaitu mengubah gerakan naik turun yang diberikan dari piston/seher menjadi gerakan memutar yang nantinya akan diteruskan ke transmisi.


Pengertian cara kerja kruk as

kruk as itu sendiri bekerja berputar pada alas sepeda motor yang terdapat pada dudukan utama as silinder mesin motor. berputarnya kruk as itu disebabkan oleh dorongan dari seher atau piston pada stang seher yang diteruskan oleh batang pemutar sehingga bergerak naik turun dengan stabil.

setelah kruk as naik turun dengan stabil maka akan diteruskan pada bagian CVT motor pada motor matic dan diteruskan lagi ke roda belakang sepeda motor biar sanggup berjalan.


bahan dasar pembuatan kruk as

Bahan dasar kruk as itu sendiri terbuat dari baja yang keras dan dicampur dengan nikel. lantaran ia harus menopang bobot seher dan gerakan yang begitu cepat biar ia tidak gampang aus dengan panas yang tidak mengecewakan tinggi pada mesin.


gangguan pada kruk as

pada kruk as yang sering terjadi yaitu menjadi gugus atau aus sehingga sanggup menjadikan bunyi pada pecahan dalam mesin yang diakibatkan dari kurangnya perhatian terhadap oli mesin anda dan juga pemakaian yang sudah lebih dari 5 tahun

untuk memperbaikinya biasanya dengan jalan di undersize yang artinya diameter poros dibulatkan lagi dengan jalan memperkecil diameter poros yang berkurang dari aslinya dan sanggup dilakukan hingga 5 (lima) kali. kruk as yang sudah di undersize metalnya harus diganti dengan ukurun yang sesuai undersizenya tersebut.


bagian-bagian kruk as/poros engkol



poros engkol atau kruk as dan dalam bahasa inggrisnya crankshaft Pengertian kruk as atau crankshaft pada motor


kruk as di bagi menjadi 5 (lima) pecahan dasar, dan inilah pecahan dasar dan fungsi pada bagiannya tersebut :

  1. Crank pin yaitu pecahan dari dari poros engkol yang bekerjasama dengan pribadi dengan batang piston, didalamnya terdapat lubang oli yang berfungsi untuk melumasi bidang gesek.
  2. Crank journal adalah pecahan dari poros engkol yang bekerjasama pribadi dengan blok silinder mesin, dan didalamnya juga terdapat lubang oli untuk melumasi main bearing tersebut.
  3. Balancer weight yaitu pecahan dari poros engkol yang berfungsi sebagai penyeimbang ketika poros engkol berputar.
  4. Lubang Oli yaitu kawasan mengalirnya oli ke seluruh mesin pecahan crankshaft.
  5. arm yaitu pecahan dari poros engkol yang menghubungkan antara crank journal dan crank pin.


sekian artikelnya wacana pengertian kruk as/poros engkol mungkin belum semuanya dibahas dikarenakan kurangnya saya dalam mencari referensi, tapi semoga sanggup membantu kalian yang membacanya.

Sumber http://gobengkel.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Kruk As Atau Crankshaft Pada Motor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel