-->

iklan banner

Metode Sosiologi: Pengertian, Jenis, Contoh

Metode sosiologi merupakan langkah-langkah ilmiah yang diterapkan peneliti dalam rangka penelitian sosiologi. Metode sosiologi menjelaskan perihal posisi disiplin sosiologi sebagai metodologi.


Tokoh sosiologi klasik Georg Simmel dianggap sebagai orang pertama yang mendefinisikan sosiologi sebagai sebuah metode, alih-alih ilmu pengetahuan. Sosiologi, berdasarkan Simmel, merupakan cara pemeriksaan fenomena sosial. Jika sosiologi ialah metode, darimana data penelitiannya? Data penelitian sosiologi sanggup diambil dari disiplin ilmu sosial lain menyerupai politik dan budaya, misalnya.


Baca juga: Tokoh Sosiologi Klasik & Tokoh Sosiologi Modern







Metode sosiologi yang sering diajarkan oleh para guru kepada siswa ialah metode ilmiah dalam rangka penelitian sosiologi. Kita bisa menangkap perbedaannya di sini. Pendapat Simmel menyampaikan bahwa sosiologi itu sendiri merupakan metodologi. Pendapat ini tentu saja bukan berarti disetujui oleh semua pihak.


Dalam mata pelajaran sosiologi dan mata kuliah sosiologi, metode sosiologi selalu merupakan bab dari sosiologi sebagai ilmu pengetahuan.


Postingan ini akan membahas perihal sosiologi sebagai metode. Artinya, sosiologi merupakan ilmu pengetahuan sosial yang didalamnya dikembangkan metode penelitian untuk memecahkan masalah-masalah sosial yang menjadi objek kajiannya. Apa itu metode sosiologi?


Baca juga: Pengertian Sosiologi






Metode sosiologi


langkah ilmiah yang diterapkan peneliti dalam rangka penelitian sosiologi Metode Sosiologi: Pengertian, Jenis, ContohMetode sosiologi tidak terdiri dari seperangkat metode ilmiah yang tunggal. Terdapat beberapa metode penelitian dalam penelitian sosiologi. Saya akan membahas lima metode ilmiah yang sering dipakai dalam penelitian sosiologi. Kelima metode tersebut ialah sebagai berikut:


◊ Metode kualitatif



  • Metode historis

  • Metode komparatif

  • Metode studi kasus


◊ Metode kuantitatif



  • Metode statistik

  • Metode sosiometri


◊ Metode induktif

◊ Metode deduktif

◊ Metode empiris


Penjelasan metode sosiologi


Berikut ini klarifikasi singkat masing-masing jenis metode sosiologi


◊ Metode kualitatif, merupakan metode sosiologi yang menekankan pada pengumpulan dan penggunaan data deskriptif atau naratif. Data tersebut merupakan rangkaian kata-kata. Terdapat setidaknya tiga jenis metode kualitatif, yaitu:


Metode historis, yaitu metode penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data berupa peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lampau. Data sejarah tersebut diolah untuk memperoleh citra umum perihal kehidupan sosial di masa silam. Sebagai contoh, penelitian perihal ”Kehidupan Masyarakat Minangkabau pada Era Kolonial Belanda”.


Metode komparatif, yaitu metode riset yang dilakukan dengan cara membandingkan fenomena sosial yang terjadi di masyarakat. Perbandingan fenomena tersebut sanggup berupa pembahasan mengenai kondisi sosial di beberapa kelompok masyarakat yang berbeda atau di zaman yang berbeda. Sebagai contoh, penelitian perihal ”Industri Budaya di Indonesia di Era Awal Perkembangan Televisi dan Internet: Sebuah Perbandingan”.


Metode studi kasus, yaitu metode penelitian yang dilakukan dalam rangka mengleksplorasi informasi sosial secara terbatas namun mendalam. Metode ini fokus pada satu atau dua informasi yang digali terus-menerus hingga data menjadi jenuh. Contoh penelitian studi kasus: ”Jejak Trauma Peristiwa Malari di Tanjung Priok”.








Baca juga: Metode Penelitian Kualitatif


◊ Metode kuantitatif, merupakan metode sosiologi yang menekankan pada pengumpulan dan penggunaan data numerik atau angka-angka. Penggunaan angka dimaksudkan untuk mengukur secara numerik gejala-gejala sosial yang terjadi di masyarakat. Terdapat setidaknya dua metode kuantitatif, yaitu:


Metode statistik, yaitu metode penelitian yang dipakai untuk melaksanakan pengolahan dan analisis fenomena sosial melalui data statistik. Penggunaan data statistik menjadi kunci penelitian jenis ini. Peneliti sanggup memakai data set yang sudah tersedia atau mengumpulkan sendiri melalui survey.


Metode sosiometri, yaitu metode penelitian yang dipakai untuk menganalisis pola hubungan, kekerabatan atau jaringan sosial antar individu atau kelompok. Metode sosiometri sering disebut juga analisis jejaring sosial atau dalam bahasa Inggris social network analysis. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi jejaring sosial antarmanusia sebagai bab dari atau pembentuk fenomena sosial.








Baca juga: Metode Penelitian Kuantitatif


◊ Metode induktif, merupakan metode sosiologi yang penerapannya dimulai dengan pencarian data lapangan, kemudian diolah, dianalisis, hingga disimpulkan menjadi teori-teori yang umum. Proses penelitiannya bersifat induktif, artinya gejala-gejala sosial yang khusus dan muncul dilapangan dirangkai sedemikian rupa hingga mencapai kesimpulan umum dan menghasilkan teori.


◊ Metode deduktif, merupakan metode sosiologi yang penerapannya dimulai dari teori yang berada di kepala peneliti, kemudian teori tersebut dipakai untuk memandu proses analisis data yang diperoleh di lapangan. Metode ini boleh dibilang kebalikan dari metode induktif. Peneliti mempunyai teori yang berasal dari hasil penelitian sebelumnya. Teori tersebut kemudian diuji dengan kenyataan (data) di lapangan.


◊ Metode empiris, merupakan metode sosiologi yang dipakai untuk mencari data objektif di lapangan. Data objektif tersebut bersifat empiris artinya berasal dari realitas di lapangan tanpa intervensi kepentingan peneliti. Peneliti ialah insan yang dalam ilmu sosial mempunyai kemampuan menginterpretasi realitas sesuai kepentingannya. Metode empiris berupaya menjaga data biar steril dari kepentingan subjektif peneliti.


Baca juga Metodologi Penelitian: Pendekatan, Jenis & Contoh



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Metode Sosiologi: Pengertian, Jenis, Contoh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel