-->

iklan banner

✔ Mengenal Dan Memahami Pasar Valuta Absurd

Valuta aneh yaitu uang negara aneh (saldo mata uang aneh bank, uang kertas, cek, dan draft). Sebuah transaksi valuta aneh yaitu perjanjian antara pembeli dan penjual dengan jumlah tertentu dari satu mata uang yang akan ditukar menjadi satu atau beberapa mata uang lain di suatu harga tertentu. Pasar valuta aneh yaitu prosedur yang dimana peserta mentransfer daya beli, mendapatkan atau  menyediakan kredit untuk transaksi perdagangan internasional, dan meminimalkan paparan terhadap risiko perubahan nilai tukar (hedge).

Para peserta dari pasar valuta aneh ini, yaitu :
·          Bank & Non Bank Dealer Valuta Asing.
·          Individu dan perusahaan yang melaksanakan transaksi komersial dan investasi.
·          Spekulan & Arbitragers.
·          Bank Sentral (BI) dan treasury.
·          Broker Valuta Asing.
Jenis-jenis transaksi pada pasar valuta asing, yaitu :
·          Spot
·          Outright Forward (Forward)
·          Swap
SPOT
Spot yaitu transaksi pembelian atau penjualan valuta aneh dengan valuta aneh lainnya pada hari ini dengan penyerahan 2 hari kerja sehabis tanggal transaksi, kecuali dalam kasus perdagangan Dolar AS, Dolar Kanada, Lira Turki, Euro, dan Rubel Rusia (diselesaikan hari kerja berikutnya). Kurs mata uang untuk pengiriman/perdagangan yaitu tingkat yang berlaku pada ketika transaksi. Perdagangan ini merupakan “pertukaran langsung” antara dua mata uang, dengan waktu singkat, melibatkan uang tunai bukan kontrak, dan bunga tidak termasuk dalam transaksi yang disepakati. Transaksi spot antara sebuah bank dan nasabah komersial tidak memerlukan penyelesaian 2 hari kerja.
Contoh :
Bank di Amerika pada hari selasa akan berencana mentransfer £ 10.000.000 ke salah satu bank di London. Jika nilai tukar yaitu $ 1,6984/£, maka £ 10.000.000 yang ditransfer pada hari kamis oleh bank di Amerika akan ditransfer kembali oleh bank di London sebesar $ 16.984.000 pada ketika itu juga.
FORWARD
Forward yaitu suatu transaksi/kontrak pembelian atau penjualan suatu valuta aneh dengan valuta aneh lainnya pada tanggal valuta aneh di masa yang akan tiba dengan rate/harga yang ditentukan kini (pada tanggal kontrak). Transaksi forward sanggup dilakukan untuk jangka waktu 1 ahad hingga dengan 1 tahun.
Tujuan dari transaksi forward ini yaitu :
·          Untuk memenuhi kebutuhan cicilan hutang dalam mata uang aneh dan mengantisipasi kecenderungan kurs valuta aneh yang meningkat, Anda sanggup melaksanakan pembelian forward dengan jangka waktu yang sesuai dengan jadwal pembayaran cicilan hutang.
·          Untuk memenuhi kebutuhan pembayaran L/C impor dan mengantisipasi kecenderungan kurs valuta aneh yang meningkat, importir sanggup melaksanakan pembelian forward dengan jangka waktu sesuai ketika pembayaran L/C impor.
·          Untuk mengantisipasi kecenderungan kurs valuta aneh yang menurun, eksportir sanggup melaksanakan transaksi jual forward dengan jangka waktu sesuai dengan penerimaan pembayaran ekspor (saat perundingan WEB).
SWAP
Swap yaitu suatu transaksi/kontrak untuk membeli atau menjual valuta aneh dengan valuta aneh lainnya pada tanggal tertentu sekaligus dengan perjanjian untuk menjual atau membeli kembali pada tanggal valuta berbeda di masa yang akan datang, dengan harga yang ditentukan pada tanggal kontrak. Kedua transaksi tersebut dilaksanakan sekaligus dan dengan counterparty yang sama. Transaksi swap sanggup dilakukan untuk jangka waktu 1 ahad hingga 1 tahun.
Tujuan dari transaksi swap yaitu untuk memenuhi kebutuhan akan mata uang lokal sekaligus pembayaran hutang dalam mata uang aneh bagi anda yang mendapatkan sumbangan dalam mata uang aneh dengan melaksanakan transaksi swap sell/buy, yaitu menjual USD dengan Rupiah pada valuta spot (pada ketika mendapatkan sumbangan dalam mata uang asing/USD) dan membeli kembali USD dengan Rupiah pada valuta di masa yang akan tiba (pada ketika pelunasan sumbangan kembali dalam mata uang asing/USD).
Nilai Tukar/Kurs
Kurs yaitu harga mata uang suatu negara yang dinyatakan dalam mata uang lain. dengan kata lain, tingkat di mana satu mata uang sanggup ditukar untuk yang lain. Misalnya, Rp 9. 335 per 1 dolar US.
Nilai Tukar & Quotations
Quotations antar bank
ü  Mata uang aneh terhadap 1 dolar US (Eropa terms)
Contoh : SF 1,6000/$ dibaca 1,6000 Swiss Francs per dolar.
ü  Dolar US terhadap 1 unit mata uang aneh (Amerika terms)
Contoh : $ 0,6250/SF, dibaca 0,6250 dolar per Swiss Francs.
Pada tahun 1978, Eropa terms telah diakui sebagian besar negara dunia untuk sistem perhitungan valas.

Direct & Indirect Quotes
ü  Direct quote : mata uang lokal
ü  Indirect quote : mata uang asing
Contoh : SF 1,6000/$ yaitu direct quote di Swiss, namun indirect quote ketika dipakai di Amerika Serikat.
Bid & Ask Quotations
ü  Bid : Harga beli dealer
ü  Ask : Harga jual dealer

Contoh :

Bid
Ask
USD   
9.355    
8.355
EUR 
12.878  
11.498
JPY        
122       
109




Pasar Antar Arbitrage
Misalkan Quotes
Bank A US Dollar/Euro                      : $ 0,9045/€
Bank B US Dollar/Poundsterling       : $ 1,4443/£
Bank C Euro/Poundsterling                : € 1,6200/£
Maka: Cross Rates Bank A dan Bank B yaitu :
$ 1,4443/£ = € 1,5968/£
$ 0,9045/€
Seorang trader dengan $ 1 juta sanggup menjual uangnya tersebut ke bank B sehingga uangnya menjadi $ 1 juta/($1,4443/£) = £ 692,377. Selanjutnya uang tersebut dijual kembali ke Bank C dan mendapatkan £ 692,377 x € 1,6200/£ = € 1.121.651. Akhirnya hasil dari penjualan tersebut dijual lagi ke Bank A, €  1.121.651 x $ 0,9045/€ = $ 1.014.533.

Total profit yang diperoleh yaitu $ 14.533

Sumber http://candraekonom.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Mengenal Dan Memahami Pasar Valuta Absurd"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel