-->

iklan banner

Materi Kedudukan Dua Garis

Materi Kedudukan Dua Garis - Artikel ini berisi bahan wacana garis dan sudut. Pada postingan kali ini, Ilmu Sains Online akan menunjukkan bahan yang gres yaitu wacana kedudukan dua garis. Pada bahan garis dan sudut, kita harus paham terlebih dahulu bahan wacana kedudukan dua garis diantaranya (Sejajar, Berpotongan, Berimpit, dan Bersilangan). 

 Artikel ini berisi bahan wacana garis dan sudut Materi Kedudukan Dua Garis
Google Image - Materi Kedudukan Dua Garis
Kedudukan dua garis yang sejejar, berpotongan, berimpit, dan bersilangan merupakan bahan kelas 7. Materi ini sangat penting untuk dipelajari alasannya ialah menjadi dasar untuk memahami bahan berdiri ruang maupun bahan yang berkaitan dengan garis dan sudut. Untuk itu, simak materinya dengan cermat ya mitra - kawan.

Kedudukan Dua Garis (Sejajar, Berpotongan, Berimpit, dan Berpotongan)


Kedudukan dua garis merupakan sifat yang dimiliki oleh dua garis. Misal apakah dua garis tersebut sejajar, atau kedua garis saling berpotongan, berimpit, dan berpotongan. Untuk mengetahui hal tersebut, kita harus mempelajari bahan dibawah ini.

Dua Garis Berpotongan


Untuk memahami dua garis yang saling berpotongan, Perhatikan gambar dibawah ini.

Jika kita perhatikan kedua garis m dan n diatas, telihat sebuah titik diantara garis tersebut. Titik tersebut dengan titik perpotongan antara garis m dan garis n. Artinya, menurut gambar diatas, kedua garis tersebut mempunyai sifat yang saling berpotongan.

Dua garis dikatakan saling berpotongan apabila garis tersebut terletak pada satu bidang datar dan mempunyai satu titik potong.

Dua Garis Sejajar


Sifat dua garis yang saling sejajar, merupakan dua garis yang saling sejajar satu sama lain. Pernahkah mitra - mitra sekalian melihat rel kereta api? Jika kita perhatikan, rel kereta api tersebut sanggup kita jadikan teladan sebagai dua garis yang saling sejajar. Panjang dari kedua rel akan selalu sama antara garis satu dengan garis yang lain dan tidak akan pernah berpotongan. Namun Jika salah satu garis bertambah panjang, apa yang akan terjadi? Apakah kedua garis tersebut akan berpotongan?

Berdasarkan pertanyaan diatas, kita akan menjawabnya menurut teladan dibawah ini. Apabila rel kereta tersebut kita anggap sebuah garis yang sejajar dan tidak akan pernah berpotongan, maka sanggup kita anggap sebagai berikut:

Jika kita taris lurus kedua garis m dan n diatas, maka kedua garis tersebut tidak akan pernah berpotongan. Keadaan tersebut yang dinamakan dengan dua garis sejajar. Didalam matematika, dua garis sejajar dilambangkan dengan "//".

Dua garis atau lebih dikatakan sejajar apabila garis-garis tersebut terletak pada satu bidang datar dan tidak akan pernah bertemu atau berpotongan bila garis tersebut diperpanjang hingga tak berhingga.

Dua Garis Berimpit


Jika kita perhatikan dua garis yang sejajar, masih ada rongga yang memisahkan antara garis m dan garis n. Jika dua garis yang saling berimpit, tidak ada rongga yang memisahkan antara garis satu dengan yang lain. Sehingga apabila kita lihat, seolah - olah hanya ada satu buah garis. Padahal kedua garis tersebut berimpit. Perhatikan Gambar dibawah ini.
Jika kita lihat gambar diatas, hanya terlihat menyerupai satu buah garis saja. Padahal ada dua garis yaitu garis AB dan garis CB. Kedudukan dua garis diatas merupakan dua garis yang saling berimpit.

Dua garis dikatakan saling berimpit apabila garis tersebut terletak pada satu garis lurus, sehingga hanya terlihat sebagai satu garis lurus saja.

Dua Garis Bersilangan


Perhatikan gambar dibawah ini.
Gambar diatas merupakan gambar balok ABCD.EFGH. Coba kalian perhatikan garis AC dan garis FH. Garis AC berada dibidang ABCD sedangkan garis FH berada pada bidang EFGH. terperinci bahwa kedua garis tersebut tidak berada pada satu bidang datar. Apabila kita perpanjang garis AC dan garis FH, maka keduanya tidak akan pernah saling berpotongan. Menurut citra diatas, inilah yang dinamakan dengan dua garis yang saling bersilangan.

Dua garis dikatakan bersilangan apabila garis-garis tersebut tidak terletak pada satu bidang datar dan tidak akan berpotongan apabila diperpanjang.

Materi Kedudukan Dua Garis - Inilah yang sanggup Ilmu Sains Online berikan untuk kalian semua. Harapannya kalian semua sanggup mengambil ilmu dari artikel yang telah kami berikan. Jangan lupa untuk share keteman - sahabat yang lain ya semoga kalian sanggup mencar ilmu bersama. Untuk pertemuan besok, kita akan mempelajari bahan yang lebih menarik lagi. Terimakasih.

Sumber http://www.ilmusainsonline.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Materi Kedudukan Dua Garis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel