-->

iklan banner

Macam - Macam Sudut Beserta Pengertiannya

Macam - Macam Sudut beserta Pengertiannya - Artikel ini berisi bahan wacana Sudut, Macam - macam Sudut dan Contoh Soal wacana Sudut. Pada postingan sebelumnya, Ilmu Sains Online telah menawarkan bahan wacana Pengertian Sudut. Setelah kita mengetahui apa yang dimaksud dengan sudut, kita harus mempelajari jenis - jenis sudut. Ada berapa sih jenis - jenis sudut yang harus kalian ketahui? Simak materinya berikut ini.

 macam Sudut dan Contoh Soal wacana Sudut Macam - Macam Sudut beserta Pengertiannya
Google Image - Macam - Macam Sudut beserta Pengertiannya
Sudut merupakan suatu titik yang dibuat oleh dua kaki sudut. Dalam ilmu matematika, terdapat beberapa jenis sudut. Hal ini menjadi penting untuk kita ketahui sedari kini semoga kita sanggup dengan gampang menghapal nya dikemudian hari. Untuk mengetahui jenis - jenis sudut tersebut, Simak bahan ini dengan baik ya kawan.

Materi Tentang Macam - Macam Sudut


Di dalam ilmu matematika, kita mengenal setidaknya 4 buah jenis sudut. Sudut tersebut diantaranya adalah:

1. Sudut Siku - Siku


Sudut siku - siku merupakan sudut yang dibuat oleh dua kaki sudut yang berpotongan tegak lurus. Besar dari sudut siku - siku ini ialah 90°. Dalam kehidupan sehari - hari, sudut siku - siku banyak kita jumpai loh. Diantaranya ialah Pojokan Meja, Pojokan tablet, hp android dan yang niscaya bentuknya berpotongan tegak lurus. Gambar dibawah ini merupakan pola dari sudut siku - siku (90°): 
Dinamakan sudut siku - siku alasannya ialah sudut yang dibuat dari dua kaki sudut OB dan OA yang berpotongan tegak lurus dan besar sudut ∠AOB ialah 90°. 

2. Sudut Lancip


Sudut lancip merupakan sudut yang dibuat oleh dua kaki sudut yang berpotongan membentuk suatu titik yang kita anggap lancip. Besar dari sudut lancip ini ialah Kurang dari 90° (< 90°).
Perhatikan gambar dibawah ini:
Gambar diatas merupakan pola dari sudut lancip. Dikatakan sudut lancip apabila sudut yang dibuat oleh dua kaki sudut mempunyai besar kurang dari 90°. 

3. Sudut Tumpul


Sudut tumpul merupakan sudut yang dibuat dari dua kaki sudut yang berpotongan membentuk suatu titik yang kita anggap tumpul. Besar dari sudut tumpul ialah antara lebih dari 90° sampai 180°. Perhatikan gambar dibawah ini:
Gambar diatas merupakan pola dari sudut tumpul. Suatu sudut dikatakan sudut tumpul apabila sudut yang dibuat dari dua buah kaki sudut besarnya antara 90° sampai 180°.

4. Sudut Refleks


Sudut refleks merupakan sudut yang dibuat oleh dua kaki sudut yang besarnya lebih dari 180° dan kurang dari 360°. Berikut ini merupakan gambar dari sudut refleks:
Garis titik - titik tersebutlah yang dinamakan dengan sudut refleks. Sudut dikatakan sebagai sudut refleks apabila besarnya lebih dari 180° dan kurang dari 360°.

Contoh Soal Tentang Sudut


Contoh Soal 1


Diketahui sudut AOB yang besarnya 120° digambarkan pada gambar berikut ini:
Berapakah sudut refleks dari sudut AOB diatas.

Penyelesaian

Sudut refleks merupakan sudut satu putaran penuh dikurang dengan sudut yang diketahui. Makara besar sudut refleks adalah:

360° - 120° = 240°.

Makara besar sudut refleks ialah 240°.


Contoh soal 2


Perhatikan gambar dibawah ini:
Berdasarkan gambar diatas, sudut yang ditunjukkan oleh penggaris ialah 90°. Berapakah sudut refleksnya?

Penyelesaian

Sudut satu putaran = 360° 
Sudut yang diketahui = 90° 

Sudut refleks = 360° - 90° 
Sudut refleks = 270°.

Macam - Macam Sudut beserta Pengertiannya - Mah inilah yang sanggup Ilmu Sains Online berikan untuk kalian semua. Harapannya kalian sanggup memahami bahan wacana sudut dan beberapa pola soalnya. Jangan lupa share ke teman - teman yang lain ya. Pada pertemuan besok, kita akan mempelajari bahan yang lebih menarik lagi tentunya, Jika kalian gundah sanggup pribadi komen ok. Terimakasih.

Sumber http://www.ilmusainsonline.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Macam - Macam Sudut Beserta Pengertiannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel