-->

iklan banner

Konsep Barang Ekonomi Dan Barang Bebas

Barang Ekonomi (economic good) yaitu barang yang memiliki kegunaan dan langka, yaitu jumlah yang tersedia lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah yang dibutuhkan masyarakat.

Dan oleh lantaran itu, barang ekonomi memiliki harga. Dalam terminologi ekonomi, kita memakai istilah langka, bukan sedikit, alasannya yaitu perkataan sedikit itu relatif.

Jumlah 100 sanggup kita katakan banyak, lantaran yang dibutuhkan hanya 40, sementara itu jumlah 100.000 termasuk sedikit jikalau dibandingkan dengan kebutuhan masyarakat sebanyak 250.000.

Produksi barang ekonomi membutuhkan sumber daya ekonomi yang terbatas jumlahnya, oleh lantaran itu tidak sanggup diperoleh atau diproduksi dalam jumlah yang tidak terbatas.

Dengan demikian, barang ekonomi yaitu barang yang terbatas jumlahnya (langka) dan memerlukan pengorbanan untuk memperolehnya.

Udara sangat dibutuhkan manusia, dengan demikian sangat berguna. Tetapi lantaran udara tersedia dalam jumlah yang melimpah, maka udara bukanlah barang ekonomi, melainkan barang bebas (free good), yang untuk memperolehnya tidak dibutuhkan pengorbanan. Oleh lantaran itu, barang bebas tidak memiliki “harga”.

Sumber gambar: radarmadura.co.id

Udara, sinar matahari, air di kawasan pedesaan, dan air maritim di kawasan pantai yaitu beberapa rujukan barang bebas. Batu meteor, sebaliknya termasuk barang yang sangat langka, tetapi (bagi kebanyakan orang) tidak memiliki kegunaan. Itu sebabnya watu meteor juga tidak termasuk barang ekonomi.

Dengan demikian, barang bebas yaitu barang yang tersedia dalam jumlah melimpah (tidak langka) dan tidak memerlukan pengorbanan untuk memperolehnya. Namun demikian, barang bebas sanggup menjadi barang ekonomi lantaran perbedaan tempat dan waktu.

Di pedesaan, air higienis merupakan barang bebas, tetapi di kota menjadi barang ekonomi. Begitu pula sinar matahari menjadi barang ekonomi dalam ekspresi dominan dingin, sehingga banyak wisatawan yang bersedia membayar untuk tiba ke daerah-daerah tropis.

Sumber:
Prathama Rahardja & Mandala Manurung. 2004. Pengantar Ilmu Ekonomi: Mikroekonomi Edisi Revisi. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sumber http://pend-ekonomi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Konsep Barang Ekonomi Dan Barang Bebas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel