-->

iklan banner

Jenis Tanaman Aquascape Yang Tidak Memerlukan Co2

Tertarik dengan tanaman aquascape tapi khawatir gagal alasannya yaitu perawatannya yang ribet? Jangan khawatir, beberapa tanaman aquascape gampang perawatannya, sangat cocok bagi pemula dan mampu tumbuh subur tanpa CO2.


Aquascape tanpa CO2 memangnya bisa? Bisa, yang perlu Anda perhatikan yaitu pilihlah tumbuhan yang aquacape yang cocok untuk jenis ini. Fungsi CO2 sendiri yaitu sebagai proses berfotosintesa, yakni proses pengiriman sari masakan yang diharapkan flora dari daun ke akar.


Nah, apakah perlu menginjeksi CO2 untuk menjaga tumbuhan tetap berfotosintesis? Jawabannya tidak, tidak selamanya, alasannya yaitu beberapa tumbuhan aquascape akan baik-baik saja tanpa menambahkan CO2 terutama untuk tumbuhan yang bisa hidup dengan cahaya rendah dan tidak berakar. Seperti halnya anubias dan j4va fern sanggup tumbuh baik selama beberapa tahun. Namun mirip yang diduga sehabis menambahkan CO2, tumbuhan anubias dan j4va fern hanya dalam beberapa hari mulai tumbuh dengan indah, daunnya lebih rimbun dan lebih hijau dari sebelumnya.


Berikut jenis tumbuhan aquascape yang bisa tumbuh tanpa CO2:


1. Christmas Moss


 tapi khawatir gagal alasannya yaitu perawatannya yang ribet Jenis Tanaman Aquascape yang Tidak Memerlukan CO2
Salah satu tumbuhan aquascape yang sanggup tumbuh baik tanpa CO2 yaitu chrismast moss.

Christmas Moss yaitu salah satu tumbuhan aquascape jenis lumut yang banyak dicari, tumbuh padat, pertumuhan menyirip tidak teratur dengan warna hijau terang. Ia bisa hidup dengan cahaya sedang, namun kalau Anda menginginkan pertumbuhan yang maksimal maka sebaiknya memperlihatkan cahaya tinggi.


2. Java Moss


 tapi khawatir gagal alasannya yaitu perawatannya yang ribet Jenis Tanaman Aquascape yang Tidak Memerlukan CO2
Tanaman aquacape untuk pemula yang gampang perawatannya: Java moss.

Selain tampilannya yang sangat menarik, j4va moss juga terkenal alasannya yaitu kemampuannya yang gampang tumbuh tanpa perawatan ekstra. Ia bisa hidup di semua jenis air, segala macam kualitas cahaya dan bisa tumbuh subur tanpa CO2. Anda bisa mengikatnya pada beberapa kayu apung dan batu sebagai daerah tumbuhnya.


3. Peacock Moss


 tapi khawatir gagal alasannya yaitu perawatannya yang ribet Jenis Tanaman Aquascape yang Tidak Memerlukan CO2
Selain mempunyai tampilan yang sangat indah ibarat ekor burung merak, peacock moss juga sanggup tumbuh baik tanpa injeksi CO2.

Sesuai namanya, peacock moss mempunyai daun lebar dengan tampilan indah yang sangat mirip dengan corak burung merak. Teksturnya lebih lembut ibarat beludru kalau dibandingkan dengan christmas moss. Ia gampang membentuk cabang dan menyebar layaknya kipas pada ekor burung merak. Tanpa menambahkan CO2, peacock moss sanggup tumbuh dengan sangat baik, hijau, dan lebat.


4. Singapore Moss


Singapore moss sanggup tumbuh baik dengan pencahayaan sedang, air yang sejuk dan sanggup pula hidup tanpa CO2.

Singapure moss (Vesicularia dubyana) memiliki daun dengan helai panjang dan longgar serta mempunyai cabang yang tegak dan mirip pohon. Singapore moss mempunyai tampilan yang hampir sama dengan j4va moss. Dapat tumbuh baik dengan pencahayaan sedang, air yang sejuk serta CO2 injection meski sanggup pula hidup tanpa CO2.


5. Java Fern


 tapi khawatir gagal alasannya yaitu perawatannya yang ribet Jenis Tanaman Aquascape yang Tidak Memerlukan CO2
Tanaman aquacape untuk pemula yang gampang perawatannya: Java fern.

Java fern bisa tumbuh hampir dimana saja pada akuarium, juga sangat direkomendasikan bagi pemula alasannya yaitu perawatannya yang tergolong mudah. Tidak hanya itu, j4va fern juga mempunyai tampilan yang tidak kalah indahnya dengan tumbuhan aquascape lainnya.


6. Anubias


 tapi khawatir gagal alasannya yaitu perawatannya yang ribet Jenis Tanaman Aquascape yang Tidak Memerlukan CO2
Jenis tumbuhan anubias tergolong tumbuhan yang bisa tumbuh dengan atau tanpa CO2.

Tanaman Anubias (Anubias sp.) juga termasuk tumbuhan aquascape yang populer alasannya yaitu tahan banting dan gampang perawatannya, juga bisa tumbuh dengan baik dengan atau tanpa CO2. Umumnya tumbuhan yang bisa mengeluarkan bunga di dalam air ini hanya membutuhkan sedikit sinar sehingga harus ditempatkan di area yang terlindung.


7. Lilaeopsis


Lilaeopsis terkenal alasannya yaitu kemampuannya yang gampang tumbuh senhingga sangat cocok bagi pemula. Ia pun bisa tumbuh baik tanpa CO2.

Lilaeopsis merupakan tumbuhan yang anggun buat pemula, cocok untuk menutupi media tanam (karpet atau bottom cover). Kami juga menyediakan jenis Lilaeopsis Novae-Zelandiae (Micro Sword) dan Lilaeopsis Brasiliensis yang siap melengkapi akuarium Anda di rumah.


Tanaman yang disebutkan di atas sanggup tumbuh dengan baik tanpa CO2 selama memenuhi beberapa persyaratan berikut:



  • Berada pada suhu di bawah 28 derajad celcius

  • Cahaya sedang sampai tinggi

  • Memberikan asupan pupuk cair secara rutin untuk memicu pertumbuhan

  • Rajin mengganti air akuarium 20% setidaknya seminggu sekali


Jadi, apakah CO2 pada tanaman aquascape sangat diperlukan? Jawabannya bergantung bagaimana tampilan akuarium yang Anda inginkan. Yang perlu Anda ketahui bahwa tumbuhan dengan injeksi CO2 akan memperlihatkan tampilan yang menakjubkan, tumbuh lebat, rimbun, dan lebih sehat.


Itulah beberapa daftar tumbuhan aquascape yang sanggup tumbuh tanpa menambahkan CO2. Semoga gosip ini bermanfaat 🙂


Berbagai varietas tumbuhan aquascape juga sanggup Anda temukan disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jenis Tanaman Aquascape Yang Tidak Memerlukan Co2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel