-->

iklan banner

Fungsi Fixed Width Pada Text To Columns Excel

Salah satu opsi yang tersedia pada dikala memecah teks memakai tools text to columns di excel yaitu fixed width.

Cara memecah strings teks memakai tools ini yaitu dengan membagi suatu strings menurut garis lurus yang sejajar.

Pilihan fixed width ini sanggup dipakai bila string teks yang akan dipecah memiliki pola lebar yang sama.

Cara Menggunakan Text to Column Pada Excel


Untuk Dapat memecah strings teks memakai tools text to column, caranya teman sanggup blok pada kolom data yang akan dipecah. Kemudian dari hidangan kafe klik pada data kemudian pilih tools text to columns yang terletak pada kelompok data tools.

Sebagai referensi penggunaan tools text to columns dengan memakai opsi fixed width, kita akan memecah strings teks (sales number) yang terdapat pada kolom A referensi gambar fixed width 1 dibawah ini.

Pada gambar terdapat data yang terdiri dari 3 buah kolom yaitu sales number pada kolom A, isyarat barang pada kolom B, dan jumlah pada kolom C.

Kita akan memecah string teks pada kolom A (sales number) menjadi tiga penggalan yang dipisah dengan memakai pilihan fixed width.

 Salah satu opsi yang tersedia pada dikala memecah teks memakai tools text to columns di Fungsi Fixed Width Pada Text to Columns Excel
Fixed Width 1

Langkah-langkah dalam memakai tools text to column dengan opsi fixed width :

  • Lakukan Blok pada data array yang akan dipecah (A2:A6).
  • Selanjutnya pilih Data pada hidangan kafe kemudian text to columns pada data toolbar maka akan muncul form wizard convert text to columns (wizard 1 dari 3 wizard) . Pada wizard pertama ini teman excel pilih pada fixed width (bagian bawah) lalu klik tombol next untuk wizard 2.
  • Pada wizard kedua ini yaitu bagaimana cara data dipecah (pada penggalan mana data akan dipecah). Sebagai referensi teman sanggup perhatikan pada gambar fixed width 2 dibawah ini.
     Salah satu opsi yang tersedia pada dikala memecah teks memakai tools text to columns di Fungsi Fixed Width Pada Text to Columns Excel
    Fixed Width 2
  • Pada penggalan data preview ini klik kiri satu kali pada penggalan yang akan dipecah maka akan muncul sebuah tanda panah ke atas pada penggalan yang akan dipisahkan nantinya. Untuk menambah tanda pemisah teman excel sanggup klik kiri lagi pada penggalan yang ingin dipisah.
  • Untuk menggeser tanda pada apabila penggalan yang dipisahkan tidak sesuai dengan keinginan, maka klik kiri kemudian tahan kemudian pindahkan ke daerah yang diinginkan.
  • Untuk membatalkan pemisahan klik kiri 2 kali pada tanda panah yang akan dibatalkan. Jika sudah klik tombol next untuk ke penggalan wizard berikutnya.
  • Selanjutnya pada langkah ketiga (step 3) yaitu menciptakan format kolom data pada sel ketika nanti dipisah. 
     Salah satu opsi yang tersedia pada dikala memecah teks memakai tools text to columns di Fungsi Fixed Width Pada Text to Columns Excel
    Fixed Width 3

  • Disini ada beberapa pilihan yang sanggup teman excel gunakan antara lain.
  • General untuk format kolom general.
  • Text untuk format kolom teks.
  • Date untuk format kolom tanggal.
  • Do not import column (skip) membiarkan format kolom sebelumnya.
  • Pada desitination teman excel pilih kolom pertama hasil penempatan dari data yang akan dipecah, pada referensi disini saya menentukan sel E2.
  • Jika sudah selesai teman excel tekan tombol finish.

Hasil Penggunaan Text To Column Pada Excel


Contoh hasil pemisahan strings teks (data) dengan memakai opsi fixed width di ms.excel sanggup dilihat pada gambar fixed width 4. 

Terlihat pada gambar bagian-bagian sales number pada kolom A dipecah menjadi 3 kolom E,F, dan kolom G.

Hasil yang ditunjukkan pada masing-masing kolom tersebut sesuai dengan penempatan tanda panah untuk memisahkan data pada gambar fixed width 2 diatas tadi.

 Salah satu opsi yang tersedia pada dikala memecah teks memakai tools text to columns di Fungsi Fixed Width Pada Text to Columns Excel
Contoh Fixed Width 5

Kesimpulan


Dengan memakai tools text to column ini menimbulkan pekerjaan mengolah data terutama bagi yang sering menciptakan manipulasi data menjadi lebih cepat.


Sumber http://rumus-fungsi-excel.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Fungsi Fixed Width Pada Text To Columns Excel"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel