-->

iklan banner

Dinamika Gerak Lurus Fisika Kelas X

Dinamika Gerak Lurus Fisika Kelas XDidalam kehidupan sehari – hari, kita tidak lepas dengan yang namanya fisika. Karena didalam ilmu fisika, fenomena – fenomena yang ada di kehidupan sehari – hari sanggup kita jelaskan memakai rumus. Contohnya saja saat kita mendorong suatu benda, kita sanggup mengetahui berapa besar gaya yang kita keluarkan untuk mendorong benda tersebut. Hubungan antara gaya dan gerak didalam ilmu fisika dinamakan dengan dinamika. Nah, pada kesempatan kali ini ilmu sains online akan membahas bahan ihwal Dinamika Gerak Lurus. Simak dengan baik ya.

 kita tidak lepas dengan yang namanya fisika Dinamika Gerak Lurus Fisika Kelas X
Google Image - Dinamika Gerak Lurus Fisika Kelas X

Gerak atau perpindahan dari suatu benda disebabkan oleh sebuah gaya yang diberikan pada benda tersebut. Berbicara dilema dinamika gerak, dekat kaitannya dengan seorang ilmuan yang berjulukan Isaac Newton. Menurut Isaac Newton, terdapat 3 aturan mengenai korelasi antara gaya dan gerak. Hukum – aturan tersebut antara lain Hukum Newton I, Hukum Newton II, dan Hukum Newton III. Untuk lebih jelasnya lagi, simak saja pembahasannya berikut ini.

Dinamika Gerak Lurus Fisika Kelas X Lengkap


Bunyi dari Hukum Newton I


Hukum Newton I berbunyi:

Setiap benda yang diam, akan tetap membisu dan setiap benda yang bergerak, akan terus bergerak lurus beraturan, kecuali jikalau terdapat gaya luar yang tak seimbang yang memaksa benda tersebut untuk mengubah keadaannya. Dari pernyataan disamping, sanggup kita simpulkan bahwa Hukum Newton I mengemukakan bahwa Pada dasarnya setiap benda itu niscaya mempertahankan keadaannya. Rumus dari Hukum Newton I yakni sebagai berikut.

∑F = 0

Dimana ∑F = Resultan Gaya.


Bunyi dari Hukum Newton II

Hukum Newton II berbunyi:

Percepatan yang ditimbulkan oleh gaya yang bekerja pada sebuah benda berbanding lurus dengan besarnya gaya aktivis tersebut serta mempunyai arah yang sama dan berbanding terbalik dengan massa (m) benda tersebut.
Rumus Umum Hukum Newton II yakni sebagai berikut:

a = F/m atau F = m.a

Dimana:
F = gaya yang bekerja pada suatu benda (N)
a = Percepatan pada benda (m/s2)
m = Massa dari benda (kg)

Bunyi dari Hukum Newton III


Hukum Newton III berbunyi:

Jika suatu benda mengerjakan gaya pada benda lain (disebut sebagai suatu aksi), maka benda yang kedua akan mengerjakan gaya pada benda pertama sama besar dan mempunyai yang berlawanan dengan gaya pada benda yang pertama (disebut sebagai suatu reaksi). Rumus Umum Hukum Newton III adalah:

Aksi = -Reaksi

Tanda minus mengambarkan bahwa Berlawanan arah.

Kesimpulan dari Hukum Newton III yakni gaya agresi besarnya sama dengan besar gaya reaksi tetapi mempunyai arah yang berlawanan. Terdapat dua hal yang harus dipahami dalam pemakaian Hukum Neton III yaitu:

1. Pasangan agresi dan reaksi selalu melibatkan dua buah benda dan bekerja pada dua buah benda yang berlainan.

2. Besar gaya agresi sama dengan besar gaya yang bereaksi namun mempunyai arah yang berlawanan.


Dinamika Gerak Lurus Fisika Kelas X - Nah, inilah yang sanggup ilmu sains online berikan untuk kalian semua. Semoga kalian sanggup mendapat ilmu dari artikel yang telah kami bagikan. Jika berdasarkan kalian ini bermanfaat, sanggup kalian share. Ilmu sains online akan kembali lagi dengan bahasan yang lebih menarik lagi tentunya. Terus ikuti blog ini ya mitra – mitra semua. Terimakasih.

Sumber http://www.ilmusainsonline.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Dinamika Gerak Lurus Fisika Kelas X"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel